Langsung ke konten utama

21

Usia 21 adalah masa-masa penuh keresahan. Mau gak mau, kamu bakal mulai mikirin yang namanya KKN. Tapi bukan KKN yang bikin pejabat-pejabat pakai rompi oranye KPK. Itu korupsi, kolusi, nepotisme. Bukan juga KKN yang bikin mahasiswa-mahasiswi cinlok di kampung pelosok. Itu kuliah kerja nyata. Ini KKN yang kepanjangannya kuliah, kerja, nikah. 

21 adalah penghujung masa remaja. Dunia perlahan-lahan mulai berubah seiring makin lebatnya kumismu. Dan kamu harus udah nemuin merek pisau cukur yang cocok untuk dipakai ngerok jenggot 3 hari sekali. Jangan sampai salah pilih pisau cukur, akibatnya bisa fatal. Bisa-bisa tiap cukuran, kamu bakal nyium bau amis. Begitu lihat cermin, bagian atas bibir udah robek dan berdarah. 

Umur 21. Di saat inilah teman-teman seumuran pamer foto wisuda dan pasang gelar sarjana di nama kontak BBM mereka. Mau gak mau, kamu juga bakal terpacu untuk menyelesaikan skripsi yang telah lama terbengkalai di dasar folder terdalam dalam laptop. Kamu harus sudah memikirkan gimana caranya meluluhkan hati dosen pembimbing agar dia mau ACC bab 1 yang udah revisi belasan kali. Apakah dengan cara membawa martabak mesir tiap bimbingan? Jadian dengan anak sulungnya yang belum pernah merasakan cinta sejak lulus SD? Ataukah dengan cara membantu benerin genteng dan mengecat tembok rumahnya seperti yang dilakukan Wiranto menjelang pilpres? 

Umur 21. Di saat inilah teman-teman seangkatan pasang DP slip gaji dan mulai kredit motor Yamaha V-ixion di leasing-leasing terdekat. Kamu pun bakal terinspirasi untuk cari pekerjaan di perusahaan yang slip gajinya bisa dilampirkan di permohonan kredit. Biar bisa kebeli barang-barang impian yang ada di wishlist. Dorongan untuk segera dapat pekerjaan akan semakin mendesak ketika teman-teman satu almamater udah kerja enak di kantor masing-masing, dan kamu masih lontang-lantung dari ruang HRD ke ruang HRD yang lain untuk interview kerja. Mencari pekerjaan dengan tekanan begitu, saya yakin tidur kamu susah nyenyaknya. Mungkin kamu bisa tidur nyenyak, tapi mimpinya buruk, kan? Semacam mimpi diusir calon mertua karena belum bekerja? Sungguh, di saat itulah beban dunia terasa berat. Ingin rasanya kembali ke masa kanak-kanak dimana ujian hidup masih sebatas ketinggalan nonton Dragon Ball. Oh, mama, masukkan aku ke dalam perutmu lagi.

Umur 21. Di saat inilah satu persatu mantan pacar mengirim undangan pernikahan mereka. Senang rasanya mendapati yang dulu pernah disayang udah nemu the right man masing-masing. Tapi kamu pasti bakal merasakan begitu gelapnya dunia ketika ditinggal kawin. Apalagi ketika si doi tega-teganya bikin live report pengalaman malam pertama di timeline twitter. Puncaknya, ketika dia pasang avatar bareng pasangannya sambil gendong dedek bayi. Kalau kamu mau bales pakai pasang nama pacar di bio, jelas gak bakal ngefek. Ini udah bukan masanya pacaran ala ABG. Kamu harus mulai memikirkan pernikahan. Dengan siapa kamu nikah? Ah, itu bisa dicari. Tapi gimana caranya kamu bisa nikah dan direstui mama-papa si doi, kalau kuliah gak lulus-lulus dan pekerjaan tak kunjung dapat? 

Komentar

  1. Umur kamu kan 23 hari ini...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu catatan tahun kemaren yang direpost. Hari ini mau bikin yang edisi 22. Hahaha.

      Hapus
  2. satu persatu mantan pacar mengirim undangan pernikahan.
    kamu kapan nikah ris?

    BalasHapus
  3. Postingan ini menyentil para penyandang maupun calon penyandang umur 21, dengan cara yang lucu.
    Sebentar lagi aku 21. Jadi kebayang banyak harapan yang cuman ngambang, yang belum bisa diwujudin jadi kenyataan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, semangat Icha, jangan sia-siakan masa muda. ;)

      Hapus
  4. umur saya belum 21, jadi nggak paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah benar ahaha, gagal paham nih

      Hapus
    2. Tunggu sampai kau cukup dewasa, Nak.

      Hapus
  5. umur saya 22, beda 1 tahun dong, emang umur segitu umur yang di bilang banyak masalah dan banyak kesan nya juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Umur saya 23 sekarang. :D

      Ya betul. Tapi kita gak boleh menyerah.

      Hapus
  6. Umur aku tahun ini 24. Tapi belom kepikiran nikah tuh. Bawaannya masih seneng pacalan mulu. Mihihihi :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih, Kak Beby. Kalau udah nikah kan pacarannya enak. :D

      Hapus
  7. Kayaknya di umur hampir 20 tahun aja, gue juga udah mulai mikir KKN itu bang . . hmmm
    Pengen mandiri . . tapi apa daya, kadang masih nggak rela kalo harus nggak minta lagi uang jajan sama Ortu . . hehee ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Saatnya gantian transfer ke ortu. :D

      Hapus
  8. Selamat ulang tahun abang gue yang ketje badai katulistiwa dan penulis banyak buku (anggep udah nyebutin satu-satu).

    Semoga sehat selalu, suskes terus dan satu lagi deh. Semoga buku barunya cepet terbit.

    Selamat, ya bg. Traktirannya gue tunggu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih, Pangeran. Mau traktir apa? :D

      Hapus
  9. umur 21 wktu itu gue ngapain ya haha masih kuliah sambil tidur kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kan sekarang udah jadi blogger lucu dan pintar serta tampan seperti Adiknya Dolphin.

      Hapus
  10. Lulus makanya bang. anggap skiripsi itu buku favorit lo bang jadi lo tambah semangat ckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah lulus sejak tahun kemarin. :D

      Hapus
  11. 21...jumlah komentar sebelum aku ngetik komentar ini.

    Sekarang umur udah di atas 21, tapi yang kepikiran masih KK, N-nya belum. :(

    BalasHapus
  12. Haduh, gue kira umur lu 21, eh ternyata udah 23, haduh, postingan ini menyesatkanku -_-.

    Ngomong-ngomong, kuliah, kerja, sama kawinnya udah tercapai belum nih? Udah wisuda, dapat V-ixion, sama malam pertama belum? :P

    BalasHapus
  13. Tenang, bang. Jodoh gak bakal kemana :D

    BalasHapus
  14. 21,, ya ampun itu masa gue masih jadi anak kampus sih,, belum mikir yang serius-serius,, entah itu kerja atau kawin,, XD setelah lewat 21 baru hal yang kaya gitu kepikiran -,-

    BalasHapus
  15. 21 masa2 transisi dari remaja ke dewasa :))

    BalasHapus
  16. umur saya 20 tahun depan 21 hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menikmati masa-masa indah. :D

      Hapus
  17. otw 23 dan skripsinya masih yah alhamdulillah :)

    BalasHapus
  18. umur saya masih belasan jadi belum paham deh :)

    BalasHapus

Posting Komentar