Senin, 22 Juni 2015

7 Artis yang Tidak Boleh Baca Doa Puasa di SCTV

Saya mau menyinggung tentang doa niat puasa dan buka puasa yang biasa tayang sewaktu imsak dan beduk Maghrib di SCTV. Biasanya doa-doa itu dibacakan oleh artis-artis yang sedang naik daun muda. Sebut saja Sm*sh, Afgan, Wali, Charlie ST12 dan Charlie Rae Jepsen. Charlie and the Chocolate Factory juga boleh. Bebas.

Tayangan ini juga pernah diisi oleh gerombolan balita-balita perempuan yang celingak-celinguk di meja makan. Mereka adalah kontestan Little Miss Indonesia. Dan mereka membacakan doa niat puasa tanpa bimbingan orangtua dan walimurid. Subhanallah. 

Tapi hal ini membuat saya berpikir, kenapa SCTV memilih Little Miss Indonesia untuk membacakan doa niat puasa? Emangnya gak ada artis lain yang lebih cukup umur? Mereka kan masih kecil-kecil. Makan sahur aja masih disuapin emaknya. Kalau mereka yang bacain doa niat puasa, berarti SCTV harus berani menayangkan doa buka puasa di jam 12 siang. Mereka kan puasanya masih setengah hari, puasa bedug. 

Aliando gak sabar pengen buka via showbiz.liputan6.com

Belum lagi, Aliando yang dikenal sebagai vampir kasmaran di kalangan anak SD. Aliando baca niat puasa sesaat sebelum imsak, itu masih bisa diterima. Tapi, kalau dia sampai baca doa buka puasa, saya jadi was-was. Sebab setelah itu, leher Nayla pasti bakal digigit Aliando. Aliando kan buka puasanya minum darah suci. Dia gak doyan air kelapa muda suci. Apalagi bensin murni.

Dari kasus ini, saya membuat daftar hitam artis yang tidak boleh membacakan doa niat puasa dan buka puasa di SCTV. Dengan mempertimbangkan resiko dan kemaslahatan umat di kemudian hari. Semoga dibaca oleh Komisi Penyiaran Indonesia.

1. Fatin

Kenapa Fatin gak boleh bacain doa? Padahal dia jadi ikon muslimah remaja bertalenta abad ini. Simpel aja alasannya, karena Fatin suka tiba-tiba lupa lirik. Khawatir, waktu bacain doa, dia lupa niatnya, tapi hafal rasanya. Kalau lupa, dia bisa sedih. Kalau Fatin sampai nangis, emangnya Teh Ocha masih mau nenangin? Nggak. Kontrak Rossa sebagai mentor Fatin udah habis sejak X Factor season 1 tamat. 

Kalau Fatin nangis sewaktu lupa baca doa, gak mungkin Rossa ujug-ujug nyamperin, lalu meluk Fatin sambil bilang, "Kenapa nangis? Jangan nangis. Nanti puasanya batal, lho. Sinih, sama teteh. Udah, jangan sedih. Tuh, dimakan kolak pisangnya. Keburu anyep." 

2. Limbad

Dia adalah fakir magician yang hampir gak pernah ngoceh. Tapi istrinya dua. Wuih, diem-diem aja istrinya banyak, gimana kalau cerewet ya? Sekali ngomong, dua-tiga gadis desa minta dinafkahi, kali.

Kalau Limbad disuruh baca doa, kita gak bisa denger apa yang dia baca. Lah, dia bacanya dalam hati? Mana bisa kita tau dia sebenernya baca apa? Bisa aja di dalam hati dia malah mendendangkan lirik lagu dangdut Abang Goda dari Duo Serigala.

Abang, dimana Abang, Bang?
Abang kok gak pulang-pulang?
Bilang mau cari uang
Sampai kini eh belum datang
Tenonet nonet nonet
Tenonet nonet nonet
Tenonet nonet nonet

Kemudian Limbad makan lampu neon dikecapin.


3. Cita Citata

Di sebuah iklan minuman penyegar, Cita Citata nyanyi, "Bijinya digoyang, panas dalam hilang." Ini maksudnya biji selasih ya, bukan biji mata lu.

Khawatir, ketika diminta membaca doa buka puasa, dia nyelipin tagline, "Bijinya digoyang, panas dalam hilang." Karena ngikutin instruksi Cita Citata, buka puasa bukannya langsung tenggak minuman, kita malah nyari biji di jus blewah buat digoyang-goyang. Biar panas dalam hilang. Yang ada, bukan panas dalam yang hilang, kesehatan rohani kita yang hilang.

Rusak, udah.

4. Opie Kumis

Dia ini pelawak yang berisik kayak kucing loteng mau beranak. Kalau disuruh baca doa, dia gak bakal mau. Yang ada dia malah teriak-teriak, "Masak aeeeeer! Masak aeeeeer!" sambil naburin bedak ke kepala Sapri, lalu kepala Sapri digosok-gosok sampe batoknya melocot.

Bukannya baca doa, Opie Kumis malah baca pantun. "Ada musang lagi duduk, eh, Sapri, lo jangan sok ganteng, muke lo kayak pisang tanduk."

Kembali, kepala Sapri digosok-gosok sampai sekinclong batu akik jenis kecubung.

5. Deddy Corbuzier

Dia memang mentalist yang cerdas dan berkharisma. Meski kepalanya gak jauh beda dengan Sapri, Opie Kumis gak bakal berani naburin bedak ke kepala Deddy Corbuzier. Kalau sampai lancang, tinggal dipelototin aja leher Opie Kumis langsung bengkok kayak sendok.

Tapi Deddy Corbuzier gak dianjurkan baca doa puasa di SCTV. Sebab puasa dia beda. Puasa OCD. Kalau ngikutin jadwal puasa dia, nunggu bukanya bisa sampai 24 jam. Lebarannya juga nunggu badan kita kekar. Minimal sampai berat badan kita turun 10 kilo, baru boleh lebaran.

6. Agung Hercules

Dilihat dari cara dia menyanyikan lagu Astuti, dipastikan dia juga akan baca doa dengan tempo cepat. Orang-orang pasti bengong mendengar dia membaca doa dengan kecepatan kilat. Belum lagi, dia selalu bawa barbel kemana-mana. Ditambah perangainya yang mudah marah, bisa-bisa selesai baca doa, dia ngancam, "TIDAK BILANG AMIN, BARBEL MELAYANG!"

Lah, dia aja baca doa gak jelas, gimana kita mau ngaminin? Tapi, kalau gak diaminin, bisa-bisa kita buka puasa pake barbel melayang. Dilanjut sholat Ied di RSUD.

7. Arya Wiguna 

Dia bisa jadi artis karena marah-marah di infotainment. Orang model dia ini gak bisa nahan amarah. Oke, sehabis sahur, dia masih bisa nahan marah. Dia bisa baca doa niat puasa dengan normal. Walaupun doa niat puasanya jadi begini: "Saya berniat puasa esok hari DEMI TUUU.... HAAAAAN!" 

Kalau udah bedug Maghrib, udah deh. Emosi yang seharian ditahan bakalan jebol. Sehabis bacain doa buka puasa, bisa-bisa Arya Wiguna marah-marah sambil gebrak-gebrak meja makan, "Subur, ta'jilmu sudah habis. Menu bukamu sudah tidak ada! Makananmu sudah saya ambil semua. Rice cooker-mu akan hancur sehancur-hancurnya!" 

***

Bagi kalian yang ingin membaca jokes sejenis dengan tema bulan Ramadhan, bisa baca Nyengir Ketupat. Pesan di sini.

64 komentar:

  1. Haha.. :v ada-ada aja nih. Yang limbad bener tuh dia gak pernah ngomong masa disuruh baca doa berbuka puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya. Mana bukanya pake lampu neon.

      Hapus
    2. Bukanya pakai lampu neon dicabein biar ada rasanya.. Kalo yang agung hercules bukanya pakai barbel saus tiram

      Hapus
  2. -_--- aku baca ini sampe mataku beler ke kanan....
    hahaha... gemes bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yang diremes, Ris?

      Hapus
    2. Hahhahaha kayak itunya Edotz waktu tes tentara ya, diremes :D

      Hapus
  3. Sampai lemes bacanya, nahan ketawa :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huahahaha. Saya jadi ikutan lemes.

      Hapus
  4. waduhh kirain serius, ternyata..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata serius banget. Cidera serius.

      Hapus
  5. kocak banget tulisannya kak xD aduh.. gak kebayang kalo limbad bacain doa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Widya. Komen kamu sangat berarti bagi saya. :')

      Hapus
  6. Anjir kocak banget ini hahaha kreatif banget sih milihin artisnya. Suka nih ama tipe tipe tulisan yang perlu pemikiran yang dalam kayak gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Don. Komen kamu sangat berarti bagi saya. :')

      Hapus
  7. Lumayan lucu juga bercandanya gan, kreatif idenya kreatif

    BalasHapus
  8. lucu yang arya wiguna :D :D
    kreatif nih bagus :)
    pertahankan (y)

    BalasHapus
  9. Buahahaha ngakak bacanya. Betul tuh limbad gak mungkin suruh baca doa di tv.

    Diam diam iatrinya dua wkwk

    BalasHapus
  10. Ahaha.. Jokes loe ngena banget. Tapi beberapa artis ada yang bener-bener nggak akan mungkin bacain doa puasa. Kan ada yang no-islam tuh... kayanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih. Hahaha. Tapi Sm*sh dan Coboy Junior pernah ikut baca doa lho.

      Hapus
  11. Daftar hitam. Huahahahahaha.

    Vicky Prasetyo kayaknya juga gak boleh baca doa puasa, Bang. Soalnya ntar doa buka puasanya bisa diganti pake Bahasa Inggris. Pake Bahasa Inggris dengan grammar hancur. Udah sesat, tambah sesat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul, Cha. Hahahaha. Nanti doanya diartikan dengan kalimat berbelit-belit.

      Hapus
  12. kurang vicky nih gan
    sama farhat abas, sebelum baca doa dia minta sumpah pocong dulu

    belum lagi kalau candil yang baca doa.
    nggak ada yang bilang amin karena sibuk nutupin kuping.

    ckckc

    BalasHapus
  13. gua kira karna eh ternyta cuma bercanda udah terlanjur serius baca judulny,,
    kayaknya yg pling lucu opi kumis :v

    BalasHapus
  14. wahaha, absurd banget bang. gue kayaknya udah baca ini deh di note fb lo ya. lupa gue. ehe.
    seru seru....

    BalasHapus
  15. Ngomongin Limbad istri dua, jadi kebayang malam pertamanya gimana, malam kedua dan seterusnya gimana? Apakah kesunyian akan terpecah? Eh, ternyata Limbad kalo malam tiduran di atas paku, istrinya ngungsi ke rumah orang tua. :p

    Kocak-kocak. Selera humornya bagus.

    BalasHapus
  16. saking engga sabarnya muka aliando kaya gitu ya

    BalasHapus
  17. Itu Arya Wiguna... baca niat puasanya masa gitu hahaha...

    BalasHapus
  18. Hahahaa.. opie kumis bisa aja deh.. :D

    BalasHapus
  19. Njir nggak kepikiran tentang Limbad nih. Iya juga ya, kita kan nggak tau apa yang ada dipikiran dia. Jangan-jangan ternyata si Limbad suka nyanyi dangdut dalem ati. Jogetnya juga di dalem ati. Jangan sampe dia mimpin do'a deh.

    Absurd banget kamu bang bisa bikin tulisan kayak gini. Mungkin sebernarnya kesehatan rohanimu yang udah rusak. Jadi bisa bikin tulisan kayak gini. Hahahahaha peace bang :p

    BalasHapus
  20. Kamu pengamat teyangan televisi Indonesia ya? Haha konyol semua alasannya xD

    Deddy Corbuzier nih yang harus paing dihindari wkkwkwk

    BalasHapus
  21. Ngakak deh apalagi yang Fatin sama Dedi :v

    BalasHapus
  22. Wih, observasi dulu, nih. :))

    Paling kampret si Limbad, sih. Hahahaha. Kepikiran aja sama lagu Duo Serigala. Bagus gue nggak bayangin. :/
    Limbad diem-diem doang, nggak taunya dia mengheningkan cipta bukannya baca doa buka puasa.

    BalasHapus
  23. hahahaha lucu baca yang mas limbad :D ada lagunya juga hehehe

    BalasHapus
  24. ketawan nih suka sama duo srigala o.O

    rice cooker hilang masih ada warteg yang menyediakan wkwk

    BalasHapus
  25. wkwkwk yang arya wiguna ampe gue bayangin ekspresinya. xD

    Gue jadi makin penasaran ama iklan biji digoyang ini. :| *belom pernah liat*

    BalasHapus
  26. Hahaha barbel melayang

    kalo kejadian bila banyak korban berjatuhan :D

    BalasHapus
  27. jahahaha
    bikin ketawa aja nih postingannya

    BalasHapus
  28. gue nggak setuju kalau limbad nggak bisa bacain do'a. jaman sekarang kan jaman lipsing, jadi nggak usah ngomong juga nantiny ada suaranya Ris haha macam boy band lah.

    Arya Wiguna itu bukan artis dia mah tukang sekoteng yang kebetulan marah2 ajah.

    BalasHapus
  29. Ini absurd banget semuanya. Ngakak coy.

    BalasHapus
  30. Limbad keren tuh jadi baca do'a puasa :D
    berdo'a dalam hati masing-masing hahaha

    BalasHapus
  31. Selalu suka ama tulisannya mas haris. Jokes-jokes nya keren :D

    BalasHapus
  32. Haha kocak banget dah! Itu yg Agung Hercules sama Arya Wiguna parah bener, mau baca doa aja malah kayak mo ngajakin orang ribut wkwk. Masih mending Limbad kalem.. Saking kalem ampe baca doanya pun didalem hati-__-

    BalasHapus
  33. Bijinya digoyaaaaang.. Huahahah :D

    BalasHapus
  34. Arya wiguna emang yg paling jempolan...hahaha...kok ga ada jupe sih, kan lagunya juga sama kayak cita citataa...digoyang bang apaan gitu..kyknya yg lbh ga boleh itu jupe yg bacanya berduaan sma depe..inijelas sangat berbahaya...bukannya buka bersama mereka malah cakar cakaran, beuhhh....terlaluuuu....

    BalasHapus
  35. Nggak kuat ih bikin ngakak banget Om hahahahahahahahaha. Plis atulah!!!

    Aku nggak pernah nonton sctv lagi sih kalo subuh, jadi gak tau dia nayangin little miss itu buat yang bacain doa.

    Kepikiran lagi ya orang-orang itu gimana kalo bacain doa puasa. Agung hercules jahat banget lemparin barbel hahaha:( itu deddy juga yang bener aja lebarannya nunggu turun 10 kiloooo. Mau lebaran kapan atuh:(

    BalasHapus
  36. postingannya bagus...lucu
    di tunggu lagi artikel lucu lainya,,,

    BalasHapus
  37. Semprul, kocak abis deh. gue bayangin limbad bacain doa puasa. nungguin sampe lebaran gak kelar-kelar tuh soalnya ngomong HMMM.... doang

    BalasHapus
  38. Terima kasih buat informasinya, semoga kita semua selalu ada dalam keberkahan

    BalasHapus
  39. bijinya digoyang, itu apaan ya? :p

    BalasHapus
  40. Ko admin ga masuk daftar? :v

    BalasHapus
  41. yang ngomen dahsyat...
    *lah malah fokus ke komen

    BalasHapus
  42. Hahaha.. Kirain serius... Teryata... Oh teryata...

    BalasHapus
  43. Joke di indonesia masih suka melalui menertawakan orang lain. :)

    BalasHapus