Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

5 Komik Indonesia yang Lucu Sekali

Saya suka baca komik. Saya suka komedi. Saya suka produk Indonesia. Jadi, mari kita membahas komik bergenre komedi dari Indonesia.

1. Piraku x Piraku



Awal mengetahui nama Sweta Kartika adalah ketika baca Nusantaranger secara online. Setelah itu, saya juga mendapati goresan tangan doi di ilustrasi buku Koala Kumal Raditya Dika. Suatu hari, saya menemukan namanya sebagai pengarang dari komik di Webtoons genre komedi, Piraku x Piraku. Coba baca satu episode, ternyata seru dan lucu. Dan akhirnya keterusan baca sampai episode paling akhir. Piraku x Piraku bercerita tentang keluarga superhero yang edan-edan. Serialnya masih on going di Webtoons terbit setiap hari Sabtu. Salah satu komik Webtoons yang gak boleh dilewatkan.

2. Si Juki


Tokoh fiksi dengan muka berantakan rekaan Faza Meonk ini udah terkenal sekali di kalangan pemuda anti-mainstream. Juki dikenal sebagai bocah Betawi yang memiliki mata bundar melocot keluar, giginya geraham semua, dan hidungnya mirip angka 3 (tiga) yang di-rotate 90% ke kanan. Juki bisa jadi siapa aja. Dia pernah cosplay jadi Wiro Sableng, Iron Man, Minion. Bahkan dia pernah jadi capres alternatif di Pilpres 2014.

3. Tahilalats


Gak ada karakter utama di komik ini. Ciri khasnya, tokoh-tokohnya memiliki tubuh yang elastis. Lihat aja, tangan tokohnya bisa panjang dan meliuk-liuk seolah gak memiliki tulang. Mungkin mereka pernah memakan buah iblis gomu-gomu no mi seperti yang dimakan Luffy di One Piece. Gaya gambarnya memang terbilang sederhana dan nyeleneh. Tapi, ceritanya, anjay! Aneh banget. Dengan memanfaatkan empat panel, Nurfadli Mursyid bisa menjungkir-balikkan logika pembaca.

4. Galau Man


Seorang pemuda yang mampu mengubah kegalauan menjadi kekuatan super. Repotnya, kalau mau berubah jadi superhero, dia harus galau dulu. Kadang kalau terjadi kejahatan, sebelum menumpasnya, dia nyari cewek untuk ditembak. Setelah ditolak, barulah dia bisa menjadi Galau Man. Idenya asyik banget. Cerita paling berkesan adalah ketika Galau Man berhadapan dengan monster Twitter yang dikendalikan oleh twit pemuda galau lainnya. Kisahnya bisa diikuti di kompilasi komik re:ON mulai dari edisi kedua. 

5. Lay-Lay Cat


Leon, seorang penjaga toko buku yang gak laku, mendapat wangsit untuk membeli jimat penglaris berbentuk patung kucing gendut. Tapi, ternyata si kucing gendut itu gak ngefek apa-apa terhadap omzet penjualan. Uniknya, si Lay-Lay Cat bisa bergerak dan ngomong kalau gak dilihat manusia. Mungkin komik ini masih termasuk dalam universe Pixar seperti halnya Toy Story. Cerita Leon dan Lay-Lay Cat biasa nangkring di majalah komik re:ON. Dan termasuk serial yang saya tunggu-tunggu.

Segitu aja komik lucu yang saya tahu. Wawasan perkomikan saya memang masih dangkal. Bagi kalian yang tau komik lucu Indonesia yang belum tersebutkan, bisa sebutkan di kolom komentar. Tq.

Komentar

  1. Jarang baca komik, kak Haris. Dulu, seneng baca Doraemon. Udah. Si biru itu doang :D

    BalasHapus
  2. baru tau kalau komik yang anjay itu namanya tahilalats hhe

    BalasHapus
  3. yang paling demen ya cuman si juki doang soalnya bikin ketawa mulu sih

    BalasHapus
  4. Gue malah baru tahu webtoon beberapa minggu yang lalu. :(
    Ketinggalan banget. Cupu abis.

    Keseringan ngikutinnya komik One Piece doang akhir-akhir ini. Padahal Indonesia juga bagus-bagus setelah baca webtoon. Haha.

    Tahilalats meskipun tangannya lentur kayak Luffy itu kampreeeettt banget bikin ngakak.
    Kalo Juki mah emang udah nggak diragukan lagi. :D

    BalasHapus
  5. dari semuanya itu,,,gue baru pernah baca yang nomer 2 dan nomer 3,,,gue paling suka tuh sama yang nomer 3

    BalasHapus
  6. eh kalo komik anus, masuk ke daftar favorit lu juga gak ris? ahaha gue mah suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jijik, Jeh. Wk. Sama kayak komiknya K. Jati. Sebangsa tuh. :D

      Hapus
  7. Juki the best :D

    ngakak bgt bawaannya kalo baca si juki

    BalasHapus
  8. saya tahunya si juki, tahi lalat dan juga galauman
    galauman sama juki kayaknya udh pernah tampil di tv ya acara hitam putih
    eh tahi lalat juga kan ya

    BalasHapus
  9. Apa itu webtoons?
    Ternyata Indonesia banyak juga ya komiknya...
    Oh...yang komik gitu namanya Tahilalats toh...
    Kampung banget gue! Miskin pengetahuan soal komik, apalagi komik Indonesia. Taunya cuma Detective Conan sama Doraeman doang. :((

    BalasHapus
  10. wkwkwkwk. Tahilalats! suer dah ngakak bener.

    BalasHapus
  11. Waaaah banyak yang gak tahuu. Asiik dapet bahan bacaan baru. Makasih yaaa! \(w)/

    BalasHapus
  12. Hahah si juki tuh yang suka terlalu sering frontal.. tapi gokiiill, kripik pedasnya harus terus di bagi-bagiin hehe

    BalasHapus
  13. komik si Juki sih lucu banget, adekku ngebet banget, sampe 4 komiknya dia punya semua..

    BalasHapus
  14. Baca juga dongg piraku x piraku. Baca komik piraku x piraku tu kaya makan peyek kedele. Kalo belom abis belom mau berenti. Haha. Piraku is the best...

    BalasHapus
  15. Waha iye kerenan piraku deh menurut selera gw drpd sijuki. Yg belum baca piraku coba baca dah

    BalasHapus
  16. kalo dibuat serial animasi TV pasti bagus tuh.

    BalasHapus
  17. Wah tiga judul di atas masuk, sedangkan yang dua terakhir baru denger. Apaan sih itu re:ON, itu ada onlinenya atau gimana, Bang?

    BalasHapus
  18. cita-cita ane mau masuk dijajaran list komik itu... hmmm mudah-mudahan kali ya?

    BalasHapus

Posting Komentar