Selasa, 28 April 2015

Tulisan yang Enaknya Dibaca Ketika Kamu Ulang Tahun

sumber: Google

Entah apa yang dipikirkan orangtua saya ketika melahirkan saya.

"Hah? Anak kita hanya sebesar centong nasi?" Mungkin begitu teriakan mereka di kamar persalinan.

Tapi, biar bagaimanapun, ketika seorang bayi dilahirkan, bersamaan dengan ari-ari yang dikubur di halaman belakang rumah, ada harapan yang ditumbuhkan di hati kedua orangtuanya. Ya, manusia lahir dengan membawa harapan.

Ngomongin lahiran, saya sempat ditanya teman di grup WhatsApp. "Kak Haris, ulang tahunnya kapan?" tanyanya.

Minggu, 26 April 2015

Fakta Mengejutkan Tentang Avengers: Age of Ultron

Bukan anggota Avengers kok via http://www.iyaa.com

1. Hulk dikasih Snicker, berubah jadi Hendrik Ceper.

2. Tameng Captain America memang kuat. Tapi tameng yang paling utama dalam menghadapi perkembangan zaman adalah iman dan ilmu pengetahuan.

3. Thor adalah seorang pemalu. Setiap malu, dia bikin kepala orang benjut.

4. Black Widow satu-satunya janda yang gak identik dengan warna ungu. Sebab, menurutnya, ungu sudah jadi trademark terong-terongan.

5. Hawkeye punya grup WhatsApp bareng Katniss Everdeen, Legolass dan Archer Clash of Clans. Nama grupnya "Panah Asmara". Adminnya Afgan.

6. Nama asli Iron Man adalah Tony Stark. Tapi kalau mulai kepo dengan mantan, berubah jadi Tony Stalk. Walaupun tubuhnya berlapis kaleng, hatinya sangat rapuh. Bisa hancur ketika stalking timeline mantan yang udah punya pacar baru.

7. Kalau Hulk nangis, air matanya berbentuk cendol.

8. Thor masih sepupuan dengan Al, El, Dul dan Safeea. Sama-sama anak dewa. Satunya Dewa Odin, satu lagi Dewa 19.

9. Thor juga masih sebangsa dengan Andy Lau. Sebab Andy Lau adalah Dewa Judi.

10. Kalau Iron Man sedang senggang, biasanya mengisi waktu dengan pasang paku di rel kereta. Setelah dilindes roda kereta, paku tersebut bisa jadi pisau mainan.

11. Quicksilver jualan sepatu.

12. Scarlet Witch bisa membaca masa lalu seseorang. Tiap kenalan dengan gebetan, dia gak pernah nanya, "Waktu sama mantan, kamu udah ngapain aja?"

13. Quicksilver memang bisa bergerak secepat kilat. Tapi kalau masalah cepat-cepatan move on dengan mantan, dia lambat. Sebab dia gak mau buru-buru. Dia memilih merenungi apa kesalahan dalam relationship sebelumnya, agar bisa jadi pelajaran ke depannya.


Rabu, 22 April 2015

5 Tipe Cewek yang Tidak Disukai Cowok

Setelah lama hidup di bumi karena belum pernah nyicipin tinggal di planet Uranus, kita pasti sudah mengenal banyak tipe cewek. Nah, berdasarkan pengamatan terhadap cewek-cewek yang berdiri di atas planet ini, inilah daftar kuning cewek-cewek yang mesti diwaspadai.

1. Cewek yang hobi morotin

Cewek jenis ini sangat meresahkan. Mau jalan-jalan pakai motor, harus benerin rantai motor dulu. Gara-gara rantainya udah diporotin sama cewek ini. Sementara dia cuma cengengesan dengan tangan penuh oli. Freak! Cewek jenis ini jangan diladeni. Dia cocoknya kerja di bengkel kayak Sarah Azhari di sinetron Montir-Montir Cantik. Biarkan dia berkarya di kolong mobil. Passion-nya emang di situ.

Cewek idaman yang bisa benerin rantai porot via http://aripitstop.com

Sabtu, 18 April 2015

Dion Sagirang: "Jangan Beri Tahu Ibumu Harga Sesungguhnya"

EHM.

Awal saya tertarik ngeblog karena main di Gramedia Writing Project. Yang membuat saya pengen main di GWP adalah bintang tamu kita kali ini.

Kita tampilkan...

Dion Sagirang!

Dion sedang bermain dengan boneka pemberian bapaknya

Selasa, 14 April 2015

Insurgent: Perburuan Divergent yang Tidak Bisa Mencuci Baju

Saya nonton Insurgent karena gak kebagian tiket Fast & Furious 7. Ini sama aja kasusnya dengan "kamu mau jadian sama aku karena dia nolak kamu dan dia bilang mukamu gak ada prospek masa depan". Menurut teman saya, Insurgent adalah lanjutan dari Divergent. Kebetulan teman saya itu memang dikenal doyan film fantasi dan hobi berimajinasi di kamar mandi.


Walaupun saya belum nonton Divergent, saya masih bisa ngikutin alur cerita Insurgent. Saya cuma agak keder waktu melihat pemeran Hazel dan Augustus Waters di film The Fault in Our Stars jadi kakak-beradik di film ini. Fokus cerita Insurgent sendiri adalah tentang pelarian Tris bersama Four dari kejaran para pemburu Divergent. Kalau kamu tanya, "Eka dan Dwi ikutan kabur bareng Tris dan Four, gak?", jawaban saya adalah: "nggak".

Setelah nonton Insurgent yang ceritanya lumayan seru, saya memutuskan nonton film sebelumnya, yakni Divergent. Nah, Divergent ini saya kira film tentang orang yang nyuci baju kotor. Ternyata bukan. Lagipula kalau mau bikin film tentang pahlawan pembasmi baju kotor, judulnya jadi Detergent.

Menurut teori Veronica Roth di serial Divergent, dunia di masa depan akan dibagi ke dalam lima faksi. Faksi di sini adalah kelompok yang dihuni oleh manusia-manusia bersifat sama. Lima kelompok itu adalah...

Sabtu, 11 April 2015

Minidrama Petualangan Sherina 1436 Hijriyah

Bandung Utara, 1436 Hijriyah

Sadam sedang nyantai di bale-bale depan rumah. Depan rumahnya adalah perkebunan keluarga yang membentang luas warna hijau. Ditemani serabi hangat, tangannya ngelus-ngelus layar smartphone-nya.

"Yayang, serabinya cepat dimakan. Keburu dingin," ucap seorang ibu yang kelihatannya adalah ibu kandung Sadam. Sebab wanita paruh baya itu terlalu tua untuk menjadi istri dari adik laki-laki dari anak pertamanya Sadam. Lagipula Sadam belum menikah dan belum beranak. Sebab dia masih ingin menikmati masa lajang dan mengumpukan mantan pacar sebanyak-banyaknya. Setidaknya Sadam harus punya sembilan mantan agar clan "Sadam's Exs" di Clash of Clans bisa war antar clan.

"Iya, Ma. Nanti dimakan. Sekarang masih panas. Sadam bukan Limbad," sahut Sadam sembari membuka aplikasi game Clash of Clans. Terlihat desa virtual yang telah dibangun Sadam. Town Hall level 10 dengan ratusan pasukan dan tembok level mentok (sudah tidak bisa diupgrade lagi).



Sebelum cari musuh di fitur Find a Match, Sadam menyapa mantan-mantannya di clan.

Jumat, 10 April 2015

Telaah Lagu Tulus



Saya adalah penggemar lagu-lagu Tulus. Tapi ada satu lagu yang mengganggu pikiran saya. Judulnya Sewindu. Begini liriknya:

Sudah sewindu ku di dekatmu
Ada di setiap pagi, di sepanjang harimu

Siapa sebenarnya cowok di lagu ini? Kenapa di setiap pagi, setiap hari, dia selalu ada dekat si cewek? Selama sewindu. Delapan tahun, bro. Apakah dia tukang sayur yang selalu ada tiap pagi, manggil-manggil si cewek, nawarin timun bengkok? Atau malah dia tukang kebun yang tiap pagi gunting rumput dan nyiram tanaman di depan rumah keluarga si cewek?

Kamis, 09 April 2015

BUMI: Jerawatku Hilang Karena Aku Sakti

Saya baru saja menamatkan baca novel BUMI karangan Tere Liye. Novel setebal kulit badak dewasa ini menceritakan seorang bocah SMA bernama Raib yang bisa meraibkan diri. Sama saktinya dengan koruptor yang bisa meraibkan uang rakyat. Kalau dibandingkan dengan pemuda ringkih yang tidak bisa menghilangkan kenangan indah dengan mantan tersayang, jelas bukan lawannya.

Ilustrasi untuk 3 Semprul yang jadi tokoh utama di novel BUMI


Minggu, 05 April 2015

Sidekick

Tokoh utama di sinetron fantasi Indonesia jaman dulu pasti punya sidekick. Jun berteman dengan Om Jin. Mbak Yul tinggal serumah dengan tuyul bernama Ucil. Bagas berpasangan dengan jin cewek yang namanya Jinny. Domba juga berpasangan dengan Putri Duyung. Lala diasuh ibu peri di sinetron Bidadari.

Dulu, manusia dan makhluk-makhluk gaib itu bisa hidup berdampingan. Sempat saya berkhayal punya sidekick beda spesies juga. Sidekick ini bakal membantu saya ketika saya di-bully preman sekolah. Atau ketika saya ketinggalan buku PR atau gak bawa seragam olahraga, saya bisa lolos dari hukuman lari keliling lapangan pekerjaan.

Saya berkhayal punya teman tuyul kayak Ucil. Saya bakal bekerjasama dengan dia untuk mencuri uang hasil palakan preman sekolah. Lalu saya bagi-bagikan uang itu kepada pemilik sebenarnya, para korban palak. Selanjutnya, preman sekolah bakal malak lagi. Dan Ucil bakal curi uang mereka lagi. Ucil adalah jawaban dari kenakalan remaja ini.

Berteman dengan Om Jin dari Timur Tengah juga asyik. Saya bisa pinjem karpet terbangnya untuk berangkat sekolah. Tapi gak cukup cuma karpet, saya mau minta lebih.

"Kalau bisa spring bed terbang, Om," pinta saya kepada Om Jin.

"Oce!" Om Jin menjentikkan jari.

Sekejap mata, saya sudah tiduran di spring bed terbang.

"Asyik, Om," puji saya ketika melayang di udara.

"Nah, sekarang bos bisa tidur di perjalanan menuju sekolah." Om Jin bangga dengan hasil kerjanya.

Tapi Om Jin ini tampilannya kurang enak ya. Om-om tinggi besar berewok ubanan. Makanya, ada alternatif jin cewek yang jelita bernama Jinny. Jinny aja udah sakti. Gimana kalau dia dikolaborasikan dengan Putri Duyung temannya Bang Domba? Kalau Putri Duyung nangis kan air matanya jadi mutiara, nah, saya bakal minta tolong kepada Jinny,

"Jinny, bisa gak kamu sulap air matanya Putri Duyung jadi batu akik?"

"Bisa dong." Telunjuk Jinny memancarkan sinar ke arah sepasang mata Putri Duyung. Saat itu kebetulan Putri Duyung sedang menangis karena ketinggalan nonton Dragon Ball.

Kemudian Putri Duyung nangis keluar batu akik. Bacan, kalimaya, safir, topaz, kalsedon. Semua jenis batu akik keluar dari matanya.

Setelah itu, setiap malam hari, saya dirubungi bapak-bapak yang bawa senter.

Nah, gimana jadinya kalau saya juga diasuh Bidadari? Pertama ketemu dia, pasti saya gombalin dulu.

"Kamu sakit, gak?" Tanya saya.

"Nggak. Emang kenapa?" Bidadari balik bertanya.

"Kamu kan bidadari yang baru jatuh dari langit. Eyaaaaa!" Saya naik-turunin alis.

"Aku emang bidadari. Tapi aku mendarat ke bumi dengan mulus. Aku gak jatuh kayak orang yang dijorokin dari pesawat gitu sih." Bidadari pasang tampang lurus.

"Oh, jadi kamu beneran bidadari. Yah, saya gagal gombal dong." Saya cengengesan.

Sabtu, 04 April 2015

Gerhana di Masa Kecilku

Malam ini katanya ada Gerhana. Sewaktu nyalakan tivi, saya cari channel TPI. Ternyata TPI udah gak ada. TPI aja gak ada, gimana bisa ada Gerhana? Gerhana kan adanya di TPI. Setelah saya digebukin sama anak-anak penggemar astronomi, ternyata saya salah. Ini bukan Gerhana yang dibintangi Pierre Roland. Ini gerhana bulan.

Ngomong-ngomong gerhana bulan, sewaktu kecil, saya suka sama sinetron Gerhana. Ceritanya Gerhana ini punya pacar namanya Bulan. Tapi ini bukan Bulan yang ada di buku novel Dijah Yellow ya. Haha. Nice!

"Suara bergemericik apa ini? Ah, ternyata genteng rumahku bocor. Saat bocor begini, aku cuma terpikir dengan satu benda, yaitu panci! Ya, panci! Emangnya mau masak air apa? Haha. Maklum, aku kan anak tunggal. Aku setiap hari kesepian. ^_^"

Iya, jadi sewaktu gerhana bulan begini, ada emak-emak yang melahirkan dan mengalirkan air ketuban. Ketika dewasa, anaknya yang lahir tepat pada gerhana bulan itu jadi manusia sakti. Dia punya kekuatan. Tiap gelengin kepala, orang-orang terpental heboh sampai menjatuhkan drum minyak. Bahkan kalau benar-benar marah, dia bisa meledakkan satu unit mobil. Beuh. Dialah Gerhana.

Punya kekuatan kayak Gerhana sungguh bahaya. Yang jelas dia gak boleh ikut dugem. Sebab kalau dugem, udah pasti Gerhana bakal geleng-geleng kepala keenakan dengerin musik hidup dari gesekan tangan DJ. Nah, karena kekuatannya adalah bikin orang terpental dengan gelengan kepala, usai dugem Gerhana bakal sendirian di tempat dugem. Begitu dia sadar, orang-orang di sana udah terpental kemana-mana. Entah gimana ceritanya, sang DJ udah nyangkut di lampu disko.

Saya ingat, Gerhana ini punya musuh yang serem banget. Nama musuhnya Surya. Tokoh antagonis yang paling memorable yang diperankan Adi Pura. Pokoknya, saat itu, Adi Pura adalah simpul kejahatan semesta. Kalau saya mimpi buruk, misalnya saya mimpi diculik sewaktu pulang sekolah. Penculiknya bermuka seperti Adi Pura ini. Hiii. Ngeri.

Selain Adi Pura, ada juga Ruhut Sitompul yang jadi Poltak si Raja Minyak dari Medan. Sekarang sih Poltak jadi Raja Debat dari Partai Demokrat. Dan tentu saja Peggy Melati Sukma Harum Semerbak Mewangi Sepanjang Hari. Kabarnya, kini Peggy udah berhijab dan tumbuh dalam naungan Alquran. Alhamdulillah.

Selain Gerhana, saya juga suka nonton Panji Manusia Milenium. Primus jadi sosok cowok keren kala itu. Semua bocah bangga apabila berhasil bikin rambutnya berjambul kayak Primus. Sewaktu lebaran, anak-anak pakai baju baru model kostumnya Panji gitu. Di bagian belakang baju ada jubahnya. Keren.

Nah, sekarang mana ada anak-anak yang kepengen niru-niru Panji. Kalau pun ada anak-anak yang pengen niruin Panji, dia harus cium ubun-ubun ular dumung dulu. Iya, Panji Sang Petualang.

Saya ngebayangin ada bocah yang nekat cium ubun-ubun ular dumung. Malah jadinya gak bisa lebaran. Bibirnya bengkak kena bisa ular.

Selain Panji, ada superhero Indonesia lainnya. Sebutlah Saras 008. Saras ini dapat kekuatan dari arwah kucing peliharaannya yang mati. Coba kalau dia melihara macan, dia gak bakal jadi superhero. Yang ada dia bakal jadi peserta yang kesurupan di acara Masih Dunia Lain.

"Hmmmmm. Saha maneh? Hmmmmmm."

Nah, gimana jadinya kalau Saras ini memelihara sifat sabar dan penyayang? Yang pasti dia bakal dihormati oleh masyarakat setempat. Eh, kita kan dilarang ngomongin Saras dan pornografi ya. Udahan ah.