Langsung ke konten utama

Alasan Rangga Tidak Pulang Menemui Cinta

Mungkin kita pernah bertanya-tanya, kenapa Rangga nggak pulang-pulang? Padahal di Indonesia ada Cinta. Cinta Laura dan Cinta Kuya.


Rangga memang sudah berjanji kepada Cinta, bahwa dirinya akan pulang setelah bulan purnama. Tapi sampai Bulan Terbelah di Langit Amerika dan gubernur Jakarta sudah Basuki Tjahaja Purnama, kenapa Rangga nggak pulang-pulang? Katanya kerja mencari uang.

Untungnya, teman Cinta yang namanya Carmen hanya hobi bermain basket dan nggak suka-suka amat dengan dangdut. Jadi nggak ada yang meracuni otak Cinta sehingga pertanyaan Cinta kepada Rangga hanya sampai situ. Nggak sampai nanya-nanya sambil goyang dribble di Youtube.

"Abang dimana? Dengan siapa? Aku curiga tiada kabarnya. Abang, Abang, cepatlah kau pulang!"

Bisa copot mata Rangga.



Alasan Rangga nggak bisa pulang karena Rangga sibuk menumpas kejahatan di Amerika Serikat. Ini masuk akal. Rangga adalah Spiderman.

***

Ketika SMA, Rangga hanya mau berteman dengan penjaga sekolah, Pak Wardiman. Sebab Pak Wardiman adalah satu-satunya orang yang tahu bahwa Rangga adalah manusia super. Waktu itu Rangga kepergok sedang nyemprotin jaring laba-laba di rak perpustakaan yang jarang dijamah siswa.

Melalui puisi ciptaan Rangga yang dilombakan itulah Pak Wardiman mencoba memberi petunjuk kepada warga sekolah lainnya.

Ku lari ke hutan, kemudian menyanyiku
Ku lari ke pantai, kemudian teriakku

Begini penjabarannya. Awalnya, Rangga nyanyi-nyanyi sendirian di hutan. Di hutan itulah seekor laba-laba radioaktif nemplok ke punggung Rangga. Ketika Rangga nyantai di pantai, barulah laba-laba itu menggigit batang leher Rangga. Itulah alasan Rangga teriak-teriak di pantai: kesakitan.

Sepi-sepi dan sendiri

Aku benci

Tapi Rangga hanya bisa meringis dalam kesepian. Tanpa ada orang yang mengobati luka akibat gigitan laba-laba yang dideritanya. Itulah alasan kenapa Rangga benci kesendirian. 

Aku ingin bingar,
Aku mau di pasar
Bosan aku dengan penat,
Dan enyah saja kau pekat
Seperti berjelaga jika ku sendiri

Rangga akhirnya pengen ke pasar untuk beli obat. Dia merasa penat akibat luka gigitan laba-laba di lehernya. Rangga berharap luka berbentuk hitam pekat itu cepat enyah dengan diolesi salep. Sebab lukanya mengingatkan Rangga dengan jelaga yang biasa ada di dapur.

Setelah kelayapan sendirian, Rangga akhirnya pulang ke rumah karena alasan lapar. Rangga kangen jelaga dapur. Tapi ketika sampai rumah, Rangga hanya mendapati galon kosong dan gas habis. Makanan nggak ada. Mau minum juga nggak bisa. Akhirnya Rangga ngamuk dan hal ini diceritakannya dalam bait selanjutnya:

Pecahkan saja gelasnya biar ramai
Biar mengaduh sampai gaduh

Rangga hanya bisa mengaduh karena perutnya lapar. Sebagai pelampiasan, gelas-gelas di dapur pun dipecahin. Kalau ada kepala orang lewat, mungkin dipecahin juga.

Rangga memang jahat.

Dan inilah yang memantapkan teori bahwa Rangga adalah manusia laba-laba:

Ada malaikat menyulam jaring laba-laba belang di tembok keraton putih

Sebenarnya yang menyulam jaring laba-laba belang bukanlah malaikat secara harfiah. Melainkan Rangga sendiri. Rangga menganggap dirinya seperti malaikat. Makanya, Rangga selalu bersikap dingin dan cuek. Karena merasa suci seperti malaikat. Hal sama yang dirasakan sebagian cewek yang menganggap dirinya bidadari.

Masih ingat dengan Venom yang menjadi musuh Spiderman di sekuel film ketiga? Venom lemah terhadap bunyi-bunyian keras seperti suara lonceng atau suara ultrasonik atau suara Candil. Tapi Rangga berhasil mengalahkan Venom dan kemenangan itu dituliskannya dalam baris berikut:

Kenapa tak goyangkan saja loncengnya, biar terdera

Hal ini makin menguatkan teori bahwa Rangga adalah Spiderman dan sudah pernah mengalahkan Venom dengan cara menggoyangkan lonceng gerobak es tung-tung berkali-kali. Sampai Venom kelenger.

Atau aku harus lari ke hutan lalu belok ke pantai?

Baris terakhir ini nggak usah dibahas. Sebab fakta di atas sudah sangat kuat.

Awalnya, Rangga marah ketika mengetahui Pak Wardiman mengikutkan puisi tersebut dalam lomba tanpa sepengetahuannya. Bukan karena Rangga takut puisinya bakal digubah menjadi lagu dan dinyanyikan oleh seorang gadis SMA di sebuah kafe. Tapi puisi tersebut mengandung teka-teki rahasia jati diri Rangga yang sesungguhnya. Alasan yang sama ketika Rangga tidak mau diwawancarai Cinta sebagai pemenang lomba cipta puisi.

Di akhir film 'Ada Apa Dengan Cinta?', Rangga pergi ke Amerika. Sebab S.H.I.E.L.D. (sebuah organisasi yang menaungi para superhero di dunia) sudah mengetahui ada manusia super di Indonesia. S.H.I.E.L.D. merekrut Rangga. Rangga bersedia gabung dengan S.H.I.E.L.D. karena prospek jadi superhero di Indonesia nggak bagus. Paling mentok jadi bintang iklan sosis dan smartphone Oppo.

Oppo ora eman duite gawe tuku hape China?

Komentar

  1. Bg Kenaoa fotonya Captain America??? Penipuan macam apa ini???

    Hahahaha. Pikiran lo memang suka susah ditebak bg. Gue bisa ikutan bego, kalo percaya Rangga ini Spiderman. Tapi fotonya Captain America. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Typo lagi... Kenapa? Hahahaha. Maafkeun.

      Hapus
    2. Itu Spiderman yang ngambil perisainya Cap, Her. Ada di trailer film Civil War. Hehehe.

      Udah kayak cewek aja saya susah ditebak. :D

      Hapus
    3. Ow... Gitu.. Kirain Foto CAptain America.. Hahahaha.

      Hapus
  2. Oppo yo iso rangga iku spiderman ? walah dalaaah ternyataaa

    BalasHapus
  3. Wah baru tw saya rangga itu spiderman
    Spiderman manusia laba2
    Laba2 adalah jenis serangga
    Serangga itu adalah satu rangga sama kayak sebulan yg satu bulan
    Maka laba2 adalah satu rangga
    Dan spidermn, manusia laba2
    Berarti spiderman, manusia rangga
    Ya rangga adalah manusia
    Manusia spiderman
    Woow

    BalasHapus
  4. Tulisan oppo iki? :(
    Peter Parker asli bisa marah ini.

    Bodo amat deh, Ris! Kampretnya gue tetep baca ampe habis. Wakakaka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ah. Peter Parker nggak bakal marah. Dia sibuk mencari pembunuh Uncle Ben.

      Hapus
  5. Ngaco parah nih bang Haris, tapi ini jadi keunikan di blognya bang Haris. Fresh~

    Sempat ngerasa ada yang ngga 'ngeh' di posternya,ternyata bukunya judulnya 'KUA'. Anjay banget~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fresh. Hehehe. Kayak wajahnya Donna Visca ya.

      KUA. Rangga siap nikah. Udah punya buku KUA.

      Hapus
  6. wkwk.. anjir teori macam apa ini. kenapa gue ngakak?
    tapi sepertinya teorinya benar. hmmm
    ini misteius

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar dong. Fakta sudah berbicara lho.

      Hapus
  7. bisaaa aja disambungin sambungin Ya Allah. ;')
    terserah deh ah. :')

    Oppo orak eman duwite...
    yak yak yak yak yak buka sitik joss.

    BalasHapus
  8. Ke racun jua nih sama tulisan ini berhasil ketawa sendiri, untung sih nggak ada yang ngira gila.

    Hmm jadi nggak sabar buat tayang nanti film AADC 2 nih endingnya kaya gimana huahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Endingnya Rangga sama Cinta ciuman lagi di bandara. Tapi kali ini pesawatnya delay. Jadi nggak cuma ciuman doang.

      Hapus
  9. Apa cuma aku disini yang baca "Katanya kerja mencari uang," itu sambil nyanyi? :(

    Bahahahaha. Yang biasanya bedah lagu sekarang jadi kayak bedah puisi gitu ya, Bang Har. Bikin ngakak. Hahaha. Btw, semoga pas Rangga balik nemuin Cinta, si Cinta nggak mati mengenaskan kayak Gwen Stacy ya. Nggak mau deh ending AADC 2 itu kayak gitu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya aja ngetiknya sambil nyanyi kok, Cha.

      Lirik lagu, puisi. Surat cinta kamu waktu SD juga bisa saya terjemahin kalau ada, Cha. Emma Stone mati! Sedih ya Cha?

      Hapus
  10. Yawlaaa ini bisa bisa aja bikin ngakak. Hahahahaaa
    Pinter banget nyambung-nyambungin lu bang.

    Nyambung hubungan yg putus sm mantan, bisa juga nggak bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ouh. Kalau itu nggak bisa, Lan. :(

      Hapus
  11. ternyata dibalik topeng spiderman itu rangga yah hahaha :D

    BalasHapus
  12. Bhahaha.. asli geli gue bang. Otak gue udah keracun sama tulisan ini. Kalau nanti gue nonton aadc, kayaknya beneran malah Kebayang rangga itu beneran spiderman. Abis film aadc 2, ntar bedah lagi puisi puisinya, bang.

    BalasHapus
  13. Anjirrr ngakak gue bang. Suwer, ada ada aja lo, sembarangan mengartikan puisi rangga. Iya juga ya, kenapa gue baru kepikiran, jad selama ini gue buta, tanpa tahu arti puisi itu sesungguhnya. Thanks bang lo udh memberi semacam pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama. Semoga mengedukasi ya.

      Hapus
  14. "Oppo ora eman duite gawe tuku hape China?"

    Ya Allah, gini amat plesetannya. Lucu banget :'D

    Ternyata Rangga itu Spiderman. Ada kaitannya juga ya. Baru tau *malah percaya aja* *goblok*

    Ada pesan tersirat dari puisi-puisi Rangga. Selanjutnya apa, bang? Kaitannya antara sinetron Anak Jalanan dengan Mars Perindo udah pernah belum, bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Anak Jalanan dan Mars Perindo kaitannya begini. Jadi, sinetron tersebut dijadikan kendaraan politik untuk membuat pemirsa hafal Mars tersebut.

      Hapus
  15. Anjirrrrr. Analisa lu bener juga ya ris, benar benar kamprettttt. Pikiran gue jadi terbuka sekarang. Gue yg dulunya mengira rangga adalah keturunan dari bang toyib ternyata salah. Thx ris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bang Toyib kan nggak pulang-pulang. Jadi belum sempet bikin anak lagi.

      Hapus
  16. salah fokus gambarnya kaya andhika pratama

    BalasHapus
  17. Wah... ceritanya menghibur Bang. Fresh banget menurut saya mah. Hahaha

    BalasHapus
  18. Hahahahhaa. Kangen juga sama tulisan Kak Haris. Menghibur. Kayak Om-om girang. :'D
    Satu kata deh buat tulisannya:

    NGACOOOOOOOOO! -________-

    Sekian.

    BalasHapus
  19. Wah, ini semacam fan fiction ya? Hahahaha xD

    BalasHapus
  20. Bang, foto itu bukannya captain amerika ya?? Heheh

    Gue baru tau klo rangga itu spiderman. Jadi bangga ada orang indonesia yg jadi spideman... wkwkkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tamengnya punya Cap, tapi yang megang Spiderman kok.

      Huahaha. Percaya aja si Banyol ini. :D

      Hapus
  21. Kok saya malah mengira Rangga itu Hulk, ya?

    BalasHapus
  22. Baca ini otak aku jadi semacam paradoks, hahaha. *bingug* RANGGA-NYA AKOH TERNYATA PAHLAWAN!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, dia pahlawan tanpa tanda-tanda.

      Hapus
  23. Jadi yg sebenernya ini Spyderman atau captain america bang, fotonya capten amerika, penjelansanya sapidermen. haha ngakak bang, bener gue harus belajar dari cara lo meng-comedikan segala hal bang.

    maju terus keep inspiring bang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dia spiderman, serius ini mah. Kebetulan dia rebut perisainya Cap.

      Siap. :D

      Hapus
  24. tsahhh barutau sesungguhnya Rangga ituh seperhero hhe
    ketce badai bang ceritanya hee

    BalasHapus
  25. Hmmm gue kira kalo Rangga itu ikutan kerja sama bang Toyib jadi TKI di Amerika. e ternyata jadi hero to di sono. Yawloh~ bang, Terserah lau lah ~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kali Rangga jadi TKI. Ya dia kuliah. Buat belajar jadi ekonom.

      Hapus
  26. Bang...Kek -_- analisanya kampret banget ya wkkwkw :D Jadi secara nggak langsung, puisi yang rangga baca itu sebenernya hanya kedok Rangga yang 'ngode' pengen ngasih tau kalau dia itu sebenernya superhero ya -_-

    Eng....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira manggil saya 'Bang'. Taunya bangkek toh, Feb.

      Hapus
  27. Lah bukannya cinta juga maen film.. Tapi dia di sebelah, di DC comic, bareng Batman v superman. Jadi apa mereka bakalan di tim yg berbeda? Wajah.. Bakalan seru nih kalo di adu, Rangga Marvel vs cinta DC comic. Jedaar jedaar..

    BalasHapus
  28. Udah kebiasaan lu ris, ambil bahan tulisan terus diubah jadi nyeleneh kayak gini. Asem saya malah serius bacanya dan ujung-ujungnya kembali bikin ketawa. Saya jadi heran kayaknya sebelum lu nulis emang sudah mikirin ini jauh-jauh hari deh.

    Rangga..rangga.. sampe gerhana matahari total datang di indonesia pun kabarmu gak pernah kedengaran. Hal ini membuktikan kalau cowok itu cuman omdo doang biar keliatan jago depan cewek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya sudah memikirkannya masak-masak. Mikir sambil masak. Masak indomie rebus.

      Hapus
  29. Parah lu ris hahah ternyata yang jadi spiderman di captain america civil war itu si rangga, pantesan aja kagak pulang pulang X)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dia main dua film. sibuk banget.

      Hapus

Posting Komentar