Langsung ke konten utama

10 Aplikasi Media Sosial Terbaik

Selain ngeblog, saya main aplikasi media sosial di bawah ini.

1. Facebook
Saya adalah anak FB sejati. FB adalah media sosial pertama yang saya geluti. Dari FB, saya bisa ketemu teman-teman yang berpengaruh di hidup saya. Bisa menerbitkan buku pertama pun karena info yang berseliweran di FB. Pokoknya, FB membentuk hidup saya.

Sekarang FB lebih beragam. Isinya nggak cuma anak Kpop yang galau karena nggak bisa nonton konser boyband idolanya, seperti ketika awal saya main FB pada tahun 2010-2012. Sekarang saya biasa menemukan anak SD yang pacaran karena puber kecepatan (diakibatkan kekurangan vitamin D), hoax mengandung SARA yang disebarkan, di-like dan dikomentari AAMIIN ribuan kali, dan video-video kekerasan yang melibatkan anak di bawah umur.

Tapi kita masih bisa memilih, kan? Ada tombol unfollow, unfriend, bahkan block. Selain sisi kelam yang saya sebutkan, ada page Tere Liye yang rutin menggelontorkan quote-quote bijak yang mengayomi dedek-dedek gemes. Ada juga Arham Rasyid yang selalu bisa melucu dengan membawa misi kebaikan. Dan ada Hipwee yang artikel-artikelnya bisa jadi tameng curhat.



2. Twitter
Yang saya tahu Twitter adalah microblogging yang membuat seorang Raditya Dika meninggalkan blog. Yang paling saya ingat tentang twitter adalah sosok @poconggg. Poconggg mendapatkan kejayaan dari twitter, lalu bikin buku komedi, bukunya difilmin, masuk tivi, kaya mendadak dan bikin start-up sendiri. Keren. Kisah hidup Arief Muhammad sangat menginspirasi. Tapi sekarang dia nggak seaktif dulu di twitter. Dia bilang dia mulai nggak nyaman dengan twitter yang penuh kebencian.

Well, twitter adalah nerakanya media sosial. Setidaknya itulah panas yang pernah dirasakan orang-orang yang sempat jadi bulan-bulanan anak twitter, seperti Haji Lulung, Aurel Hermansyah, Isyana Sarasvati, Nikita Mirzani, Syahrini, Uus, Kemal Palevi, Sonya Depari, Zaskia Gotik dan Zarry Hendrik.

3. Instagram
Ngomongin Instagram berarti masih ngomongin Aurel dan Syahrini. Aurel dengan kecantikannya yang disangsikan masyarakat. Syahrini dengan desahannya yang mengundang decakan heran. Dan kolom komentar Instagram mereka yang dipenuhi para pencari nafkah.

“Cek IG kita, yuk, Sis.”

Di IG, saya hanya jadi penonton yang kerjanya ngecek IG orang, tapi nggak beli apa-apa.

4. Path
Path adalah media sosial yang isinya bayi, alis, orang kelayapan dan orang makan enak nggak bagi-bagi. Sebagai orang yang belum punya bayi, alisnya tipis, kurang piknik dan makanan sehari-harinya pecel ayam, saya update status Path kalau lagi nonton film doang.



5. Soundcloud
Pertama tahu Soundcloud dari teman saya, Dinar Rosianto. Sejak Wiro Sableng masih waras, Dinar biasa rekam permainan pianonya, terus diupload di sono. Dengan harapan, musikalitasnya bisa memikat hati gadis-gadis sampai eargasme.

Permainan piano Dinar bakal mengingatkan kita pada scene di film Fifty Shades of Grey dimana Grey main piano dengan telanjang dada, lalu dihampiri Anna yang masih kemulan sarung gajah duduk. Kemudian Anna request kepada Grey, “Daripada mijetin piano malem-malem, mending lo mijetin gue. Pegel nih punggung gue seharian plester tembok bedengan.”

Saya juga ikut-ikutan bikin Soundcloud, tapi isinya pengakuan penjual bakso tikus.


6. Ask.fm
Dinar nyuruh saya bikin akun di ask.fm. Terus saya diminta nanya hal-hal aneh ke dia. Maksudnya apa, saya juga nggak begitu paham. Tapi karena saya senang melakukan hal-hal aneh, ya saya jabanin.


Terus gantian Dinar nanya saya:


Ternyata Dinar melakukan itu semua demi menarik perhatian gebetannya yang hobi main ask.fm. Sayangnya, gebetan Dinar udah punya pacar. Kasihan. Setelah itu, Dinar nggak pernah buka ask.fm lagi. It's sad, but true.

7. Youtube
Channel yang paling saya cintai di Youtube adalah Fluxcup. Ya udah, gitu aja. Saya sendiri baru sekali upload video di Youtube. Ya udah, gitu aja.


8. Goodreads
Goodreads adalah IMDb versi buku. Lucunya, saya pernah ditanya pengguna Goodreads dengan pertanyaan: “Gimana caranya baca buku di Goodreads?”

Terus, saya jawab, “Goodreads hanya bisa rating dan review buku. Kalau mau baca, bisa cek sampel gratisnya di Play Store atau Google Play Book.” Walaupun tadinya saya mau balik nanya, “Emang kamu tahu cara nonton film di IMDb?”

Goodreads bisa jadi referensi sebelum memutuskan beli buku.

9. Wattpad
Nah, jika Goodreads tempat menilai buku, maka Wattpad tempat baca buku gratis. Di sini banyak penulis yang menerbitkan karya secara mandiri, dari prolog sampai epilog. Wattpad jadi tempat berkumpulnya penulis dan penikmat bacaan gratis.

Saya sendiri menggunakan Wattpad untuk membagi cerita yang nggak saya bagikan di blog. Seperti seri parodi #AADC2 dan AADC Syariah.




Belakangan, muncul fenomena Wattpadlit. Dimana cerita yang lebih dulu terkenal di Wattpad karena sudah dibaca jutaan kali, kemudian dibukukan oleh penerbit ternama.

10. Smule
Jika ada surga di media sosial, maka bisa dipastikan letaknya di Smule. Karena di Smule, kerjaannya cuma nyanyi-nyanyi doang. Saya sendiri menggunakan Smule untuk karaoke theme song kartun masa kecil dan deretan soundtrack anime One Piece.


Uniknya, di 'surga' ini ada Hadi Kurniawan dan Janda_Ceria_KLS.

Komentar

  1. Lo anaknya gaul ya, bang. Semua sosial media lo jabani.. haha

    Gue yg cupu ini masih kalah telak sama lo bang. Paling ya sosial media yg bener2 ngehits. Gue besok mau maen smule deh kayaknya. Efek suara gue yang cempreng ini, mau gue maksimal kan.. haha

    BalasHapus
  2. Wihh bang lo kekinian banget ya, gua main sosmed yang bisa stalker mantan aja. Iya cuma pengen memastikan kalo hidup dia enggak bahagia dan menarik setelah putus dari gua haha

    BalasHapus
  3. Wah, Haris nggak add path saya. Parach. Parach. Padahal saya sering update tontonan, walaupun jarang ada yang kasih emot.

    BalasHapus
  4. Huhuhuhuhu. Aku udah lama uninstall Path, Bang. Sebagai orang yang juga belum punya bayi, juga beralis tipis, sering dikerangkeng Mama, dan susah makan, aku ngerasa kecil di Path. :(

    Trus IG juga aku uninstall. Banyak yang aplot foto sama pacarnya. Bikin iri. Ada juga yang aplot foto selfie tapi captionnya rada sok bijak. Panjang gitu caption-nya, mirip ngomong kayak supir. Eeh tadi supir gue udah pulang. Udah pernah belum makan supir?

    Kalau Smule itu surganya media sosial, berarti rekaman Memories itu nyanyian surga deh ya. Hehe. Hehe.

    BalasHapus
  5. nah.. saya cuma pake fb, twitter ig... yg lainnya enggak, apalagi path, pusing kalo banyakan sosmed, orangnya itu2 aja.. muihihihi

    BalasHapus
  6. Yang jarang gue pake cuma smule ama wattpad.
    capek tau punya banyak-banyak sosmed :(
    Btw follow ask.fm aku dong @khairulleon wkwk

    BalasHapus
  7. Punya semua akun itu bang ?
    wah gilee gaul banget haha

    aku ga mainan ask fm, soalnya ada anonim gitu kan ya.. nanya nya pada ngaco deh haha

    BalasHapus
  8. media sosial yang sedang saya gila-gilai saat ini adalah maen Phat...soalnya bisa mojok jorok sih...bisa menyalurkan bakat sekalian gituh deh

    BalasHapus
  9. Kalo saya sih sosmed apaan ya paling facebook, twitter, terus instagram, lo gak main instagram, Bang? *scroll up* Main keleus, lupa lagi tadi, askfm udah jarang dibuka, terus udah.. dulu sering buka wattpad tapi kebanyakan cerita-cerita romance remaja yang menurut saya kegampangan buat ditebak, tapi lo dimana-mana, ya. Baru tau ada sosmed buat karaoke, gokil abis pengetahuan internet, lo, dan fluxcup untuk youtube juga baru denger tadi.. hehehe

    BalasHapus
  10. Pertanyaan di ask fm kamu baaaangg :'D ngakak hahahahahaaa

    Btw bg Har anak gawl nih. Banyak banget akun medsosnya.

    BalasHapus
  11. Wanjrit eta lucu pisan pas di bagian akhir Soundcloud haha.

    Waduh saya mah gak ngerti media sosial kang, kecuali Pesbuk. Akun Instagram aja buat beli barang doang..

    Ehh ari LINE Messenger termasuk media sosial bukan? Soalna eta nu terbaik mah.

    BalasHapus
  12. Wkwkwk yang foto bukti pembayaran itu -_- ampuuun ngakak kampret wkwkw :D

    Aku cuma pengguna Instag, Twitter sama fesbuk wkwk nggak kekinian nih :D

    BalasHapus
  13. sering denger Wattpad tapi gak pernah pake Wattpad :D
    kayaknya mesti coba nih hehehe

    BalasHapus
  14. kok friendster gak dimasukin juga ris ? dia kan juga masuk media sosial terbaik... di jamannya X)

    BalasHapus
  15. hahahaha....lucu" ceritanya....open n share my blog semoga bermanfaat ...bisapasang link/tukeran link (langsung tayang)

    BalasHapus
  16. Ternyata BBM tak termasuk sosmed yang nge-hitz di mata Haris Firmansyah... :v

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Peran di Game Werewolf Telegram

Critical Thirteen

7 Peran Baru di Game Werewolf Telegram

25 Komik Doraemon Petualangan

Demi Feeds Instagram Lebih Aesthetic!

Tutorial Mengendarai Sepeda Motor

Naik Kangaroo ke Samarinda