Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

5 Game Android Kesayangan

Terakhir cek, ada 5 game yang bertengger di smartphone saya. Lima game inilah yang menemani saya melewati masa-masa jenuh. Beberapa game bisa dimainkan secara offline. Jadi, walaupun nggak dapat sinyal wifi, saya nggak mati gaya.

1. Clash Royale
Karakter-karakter dari game Clash of Clans kerja outsourcing pada game ini. Kita bakal menemukan makhluk-makhluk semacam Barbarian, Goblin, Archer dan Giant yang udah lebih dulu ngetop di COC. Tentu ada tambahan karakter original semacam Knight, Prince dan Princess. Jika Clash of Clans berformat desa yang dibangun di hutan, maka Clash Royale adalah kerajaan yang tiap hari kerjanya nyari peti. Peti-peti tersebut berisi kartu dan emas.

sumber: Google Image

Ada satu kartu yang saya banggakan di battle deck saya, yakni Ice Wizard yang termasuk dalam kategori Legendary Card. Kemampuannya adalah mengeluarkan es dari tangannya. Cool.

2. Pokemon GO
Game augmented reality (realitas tertambah) yang sempat bikin saya kayak driver ojek online. Saya bela-belain naik sepeda motor keliling kota untuk berkunjung ke satu PokeStop ke PokeStop lain sembari menangkap Pokemon liar. Saya resmi kehilangan diri saya sendiri kala itu.

sumber: Google Image

Tapi, saya berhenti total memainkannya di level 22 karena satu-dua alasan yang tidak bisa saya beberkan di tempat ramai. Mungkin suatu hari nanti, di saat saya sudah bergelimang harta dan punya waktu luang yang lapang, saya akan kembali memainkannya. Semoga. 

3. Plants vs. Zombies
Ini game lawas yang bikin saya CLBK. Sama seperti Pokemon GO dan Clash Royale, game ini bikin saya berambisi ingin mengumpulkan semua tanaman ajaib yang bisa membasmi zombie.

sumber: Google Image

Tanaman favorit saya adalah Hypno-shroom. Kemampuannya membuat zombie yang memakannya jadi berbalik arah dan menyerang sesama zombie. Pertikaian itu indah.

4. The Manga Works
Satu-satunya game berbayar yang saya pernah unduh di Play Store. The Manga Works adalah game simulasi yang mengajak pemainnya untuk membangun karier dari nol sebagai kreator manga. Di awal permainan, kita akan diminta membuat avatar dan nama pena sebagai mangaka. Setelah itu, kita bisa mulai membuat manga dan mengikutkannya dalam lomba rutin yang diadakan penerbit. Hingga akhirnya manga karangan kita bisa serialisasi di majalah manga. Kurang-lebih seperti anime Bakuman.

sumber: Google Image

Di hari saya mengunduhnya, saya nggak bisa tidur. Saya dibikin penasaran bagaimana caranya agar manga saya cepat-cepat diangkat jadi anime. Yang ada avatar saya jadi jatuh sakit dan diopname di rumah sakit karena kurang istirahat. Persis kehidupan nyata sebagai penulis.

Game ini mengajarkan bahwa sebagai pekerja seni, seseorang tetap butuh istirahat dan inspirasi. Di game ini, kita tidak bisa terus-menerus membuat manga. Kita juga dituntut mencari inspirasi dengan mendatangi departement store, mengunjungi galeri seni, minum es jeruk dengan editor, bahkan kerja paruh waktu.

5. Tahu Bulat
Di saat tahu bulat booming, muncul game satu ini sebagai penyemarak. Game karya anak bangsa yang patut dicoba. Game simulasi wirausaha. Game Tahu Bulat menantang kita membangun usaha dari nol di Bandung. Sampai akhirnya kita bisa membuka cabang di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Medan, Surabaya, Bali dan Palembang.

sumber: www.duniaku.net

Selain berjualan tahu bulat secara langsung pakai mobil bak, kita juga bisa jualan online di Tokopedia. Bahkan Tahu Bulat menyediakan fitur isi pulsa di Tokopedia. Selain isi pulsa, Tokopedia juga bisa isi token listrik online lho.

Demikianlah lima game kesayangan saya yang sayang banget untuk di-uninstall.

Komentar

  1. Aku cuma punya LGR sama Pokemon Go. Dulu ada sik Tahu Bulat, tapi sejak buka cabang jadi males maininnya. Wkwkwk..

    BalasHapus
  2. ((Pertikaian itu Indah))

    Hayday kenapa gak maen? maen dong, sekali-kali menenangkan pikiran dengan maen game yang santai dan kalem gitu...duduk-duduk doang panen gandum, :3

    BalasHapus
  3. Guenya kemaren suka Sama Clash Royal, POkemon Go aja bg. Tapi, udah diuninstall soalnya jadi gak fokus mau ngerjain hal lain. Sekarang, game terbaik gue billiard aja bg. :)

    BalasHapus
  4. Tahu Bulat
    Adek gue suka banget main game itu.
    :D

    BalasHapus
  5. Aku juga baru setop main Pokemon Go seminggu terakhir. Menyita waktu. Huhu.

    Nah, kalau Plants vs Zombie itu mobile game pertama yang aku install waktu baru pakai smartphone. Soalnya dulu keranjingan main di PC. Install lagi, ah~

    Eh, tapi memang dasarnya semua game itu menyita waktu ya. Karena kalau menyita harta itu tugasnya debt collector.

    Samlekum.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam.

      Kalau menyita perhatian ya Awkarin dan Young Lex.

      Hapus
  6. dari kelima itu yg aku mainkan cuma Plants vs ZOmbie doang ris, itu pun di laptop wkwkwkw

    Kalo untuk game android, game favoritku ya tetep HayDay, Pokopang, sama Ancient Empires :)))

    Gamenya asyikkk euuyyy, tapi bikin batere bocor, boros beud

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya Plants vs Zombies. Emang enak maininnya di PC. :)

      Hapus
  7. Dari ke lima game di atas, gue cuma pernah maen satu, zombie aja.. hehe
    sepertinya bisa di coba nih untuk yang lainnya.. hee

    BalasHapus
  8. Plant Vs Zombie itu favorit banget sampe sekarang!!! Bahkan sampe udah tamat pun rasanya pengin main lagi. Heboh tuh kalo udah sampe berapa baris senjatanya sampe si zombienya numpuk. Seru banget itu Banggg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih. Hahaha. Pas final wave tuh zombie numpuk.

      Hapus
  9. Aku sih nggak pernah bertahan lama sama game di Android. Paling lam waktu itu main PES. Hehehe. Sekarang aplikasi favoritku kalkulator.

    BalasHapus
  10. Enggak tau kenapa, gue malah gak pernah maen game lagi selama hampir 6 bulan ini.. Apakah penyebabnya bang haris? Uwehehe..

    Palinng nyoba2 game, seminggu udah dihapus lagi 😂

    BalasHapus
  11. kalo di henfon Benaaa uma 4.
    TAHU BULATTTTT!!!!! tapi udah di hapus :)) eh di donlot lagi.
    line coffe masih ada sama get rich dan POU!

    BalasHapus
  12. Manga work boleh tuh bang
    Game game bikinan ka*roso*t emang bikin penasaran

    BalasHapus
  13. Dari keseluruhan game diatas, gw lbih suka game tahu bulat sama plants vs zombie (karna cuma itu game yg prnah gw mainin) tahu bulat mengasah kmampuan kita untuk berbisnis, sdangkan plants vs zombie mngasah kemampuan kita untuk brcock tanam trus ditembakin ke zombie (Lah?)

    Game pling mnarik yg blum prnah gw mainin itu manga work. Jdi tmbah pnasaran mainiinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cobain manga works. Penasaran bikin manga-nya jadi anime.

      Hapus
  14. Bang Haris suka main Plants vs Zombies. Jadi ingat Hino, Bang. Kangen Hino :(

    Aku malah nggak ada game di hape. Main game werewolf doang. Itupun di Telegram bisanya kan. Huufh. Aku memang bukan gamer ganteng idaman. Qucedila.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hino kan emang refleksi saya di kehidupan nyata, Cha. :(

      Anak WWF nih.

      Hapus
  15. dari semua game itu yang paling ane suka cuma plants vs zombi, setelah itu baru pokemon go.

    untuk game yang lainya belum pernah ane sentuh.
    pernah main tahu bulat sekali langsung ane uninstal. abisnya ga asik.
    gitu gitu aja :(

    BalasHapus
  16. dari semua game itu yang paling ane suka cuma plants vs zombi, setelah itu baru pokemon go.

    untuk game yang lainya belum pernah ane sentuh.
    pernah main tahu bulat sekali langsung ane uninstal. abisnya ga asik.
    gitu gitu aja :(

    BalasHapus
  17. Entah kenapa sejak sma gue jadi ga suka main games, kenapa karena tau rasanya dipermainkan itu ga enak sama sekali #malahbaper #kemudianingatmantan

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah HP gw sekarang udah sehat udah uninstall semua game jadi no game

    BalasHapus
  19. Coba main Anime Studio Story atau Game Dev Story, Bang. Dari pabrikan yang sama sama si manga works. Atau Dream House Days juga keren.

    BalasHapus

Posting Komentar