Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

Tutorial Mengendarai Sepeda Motor

Saya pernah fobia dengan sepeda motor bebek. Hal ini dikarenakan saya pernah nabrak pagar kampus pada hari pertama belajar motor dengan bapak saya. Waktu itu saya ngegasnya terlalu kencang kayak gubernur marahin PNS. Ditambah rem tangannya blong kayak pergaulan masa kini. Alhasil, tangan saya cidera kepentok stang. Tapi yang paling bikin saya trauma adalah saya mengalami buta warna temporer karena kecelakaan itu. Jadilah di mata saya semua serba hitam-putih kayak TV jadul.

Sejak itu, saya ogah belajar lagi. Jatuh sekali bikin saya kapok. Lebih baik saya jalan kaki daripada harus naik motor. Saya pilih naik angkot ke sekolah daripada mengendarai motor dari rumah. Mending saya tahan malu dibonceng cewek daripada harus bawa motor sendiri ketika kencan pertama. 

Tapi semua berubah ketika pekerjaan saya mengharuskan saya bisa mengendarai motor. Kewajiban dan keharusan bikin saya mengesampingkan trauma dan fobia. Saya beranikan diri untuk belajar lagi. Untungnya, saya tidak sampai tersungkur untuk kali kedua.

Ketika hari pertama bawa motor sendiri ke luar kota, untuk menenangkan hati, saya baca surat-surat pendek sepanjang perjalanan. Sampai tujuan, saya jadi hafidz Qur’an.

Berbekal pengalaman buruk nan traumatis itu, saya ingin berbagi tutorial mengendarai sepeda motor bebek bagi pemula (dan orang-orang yang trauma). Sebab skill mengendarai sepeda motor ini dapat berguna untuk bertahan hidup di ibu kota sebagai driver ojek online (atau jambret jika Anda seorang bad boy). Sebelumnya, marilah kita samakan persepsi tentang objek yang akan kita bahas.

sumber: motorbaru.com


Motor bebek disebut motor bebek karena kerangkanya seperti bebek. Motor bebek umumnya punya empat level gigi:

Gigi satu: Rentang kecepatan 0 - 10 km/jam
Gigi dua: Rentang kecepatan 10 - 40 km/jam
Gigi tiga: Rentang kecepatan 40 - 60 km/jam
Gigi empat: Rentang kecepatan 60 – maksimal
Gigi Nagita Slavina: Istri Raffi Ahmad


Tutorial mengendarai sepeda motor bebek:

1. Tancapkan kunci pada lubangnya. Lalu putar kunci pada titik ON. Jika mengalami kesusahan pada tahap ini, hubungi Ikang Fawzi.

2. Pastikan lampu indikator gigi menandakan gigi di posisi netral (biasanya indikator N berwarna hijau menyala kayak kue talam). Jika gigi di posisi tak wajar lalu rontok, berarti itu gigi palsunya Ajudan Pribadi.

Hasil gambar untuk ajudan pribadi instagram
sumber: IG Ajudan Pribadi

3. Nyalakan mesin motor (dianjurkan mesin motor dipanaskan terlebih dahulu selama 1 menit). Selama memanaskan mesin motor, silakan ngetwit.

4. Menyalakan mesin motor bisa dilakukan dengan 2 cara: double starter (dengan tangan) dan kick starter (dengan kaki). Sebenarnya, ada lagi satu cara rahasia: panggil tukang parkir, mintalah bantuannya.

5. Masukkan gigi. Ini instruksi ganda. Baik gigi motor, maupun gigi Anda. Lagipula untuk apa keluarin gigi sewaktu nyalain motor? Emang mau cosplay Buto Cakil?

6. Setelah masuk gigi satu, putar handle gas pelan-pelan dengan kecepatan yang cukup. Selamat! Sekarang Anda sudah bisa jalan dengan motor. Orangtua Anda pasti bangga! Orangtua Anda sudah boleh turun dari jok belakang.

7. Jika ingin berhenti untuk menurunkan orangtua Anda, kembalikan handle gas ke posisi semula dengan pelan-pelan disertai dengan menarik tuas rem tangan atau menginjak rem kaki. Jangan sekali pun menghentikan laju sepeda motor dengan menempelkan alas kaki ke aspal seperti naik sepeda.

8. Setelah berhenti, posisikan gigi pada mode netral (tidak berpihak ke kubu manapun kayak wasit). Dengan cara menginjak tuas gigi ke belakang satu kali. Lalu tunggu orangtua Anda turun. Dan lihatlah wajah bangga beliau!

9. Selanjutnya, Anda tinggal kembali memasukkan gigi (gigi motor dan gigi Anda sendiri), lalu, gas terus, boss. Pepet! Jangan sampai lolos!

10. Selama berkendara, atur gigi sesuai kecepatan yang dibutuhkan. Atur juga gigi Anda. Jangan dikeluarkan ketika lampu merah. Nanti dikira mau rampok.

Jika Anda masih belum bisa menguasai tutorial di atas, berbesar hatilah. Anda masih bisa menuntun motor Anda kemana saja. Walaupun Anda tidak bisa mengendarainya, setidaknya semua orang tahu Anda punya.

Komentar

  1. Bangke laaa.. Gue ga bisa ngakak baca tulisannya karna masih di kantor! Bhahahaha

    Gue juga punya sih tutorial kaya gini. Nanti gue share juga ah hahaha

    BalasHapus
  2. Kalo gue penasaran sama trafificnya sih. Apakah ada orang yg search di google tutorial mengendarai sepeda motor apa nggak :))))

    BalasHapus
  3. Hahaa.. apa iya aku harus ikutin tutorial ini >.<

    BalasHapus
  4. Kalo g punya sepeda motor bebek terus engga ada yg mau minjemin terus engga mampu beli serta engga ada sewa motor bebek, gimana caranya supaya bisa praktekin tutorial ini bang?

    BalasHapus
  5. Kirain dinamain motor bebek karena megal megol kek bebek. :v

    Jangan trauma gitu dong, Ris. Gimana bisa move on en nyembuhin trauma.. *skip bagian ini jika menimbulkan nyeri pada hati*

    BalasHapus
  6. Haha asem, sebenernya yang dibahas remeh banget ya.. Tapi jadi asik ngebacanya.

    Memang yang paling penting bagi masyarakat Indonesia itu yang penting punya dulu biar gaul, perkara bisa makenya apa enggak itu belakangan

    BalasHapus
  7. Gapapa nggak bisa naik motor, yang penting bisa naikin haji orangtua.

    Barakallah.

    BalasHapus
  8. Super sekali, Haris idolaque sepanjang hayat. Sebagai orang yang belum dapat mengendarai sepeda motor, sepertinya saya tetap tidak tergerak untuk mencoba mengendarai motor setelah membaca tutorial ini. Egimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kamu bisa memulai belajar mengendarai pesawat sukhoi.

      Hapus
  9. Wkkwkkwk.. masih hangat diingatan buat ga mau belajar naik speda
    Etapi demi tuntutan. Mau ga mauu kudu blajar alhamdulillahh bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua karena terpaksa. Akhirnya, terbiasa dan bisa.

      Hapus
  10. 11. Jika ingin memarkirkan sepeda motor, jangan lupa untuk menurunkan standar. Bisa standar samping atau standar ganda. Asal jangan ganda campuran. Bukan badminton soalnya.

    BalasHapus
  11. Kayaknya aku sih yang paragraf paling akhir aja deh...
    bodo ah selama masih bisa dibonceng, why must bawa motor sendiri :3

    BalasHapus
  12. Jingeks!!!!!! Bawa-bawa Ikang Fawzi dan On Clinic lageeeeeeee. Ngakak laknat bacanya. Aku jadi kebayang iklan Om Ikang yang Chondomax segala. Eh. Chondromax maksudnya.

    Pernah buta warna temporer ya, Bang? Sedih. Huhuhu. Kirain cuma pernah ngalamin cinta buta doang. :(

    Tutorial yang bajingak bermanfaat, bos. Anak Cilegon ternyata bisa bikin tutorial. Nggak kayak anak Samarinda. :(

    BalasHapus
  13. Bangkaaaai hahaha. Bener tuh katanya Jung, kurang tahapan standarin motor, kecuali motornya mandiri, bisa berdiri sendiri gapapa.

    BalasHapus
  14. Gw pernah pas belajar motor nubruk batu gede.. :')

    Itu bapaknya . Tolong gw aja yg ngajarin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal diedit kalau kamu mau bonceng cewek itu. Kamu kan dewa, Dian. Ngakak aja inget hasil editan kamu.

      Hapus
  15. Anjis anjis anjis. Aya-aya wae ah si ceesku mah. Ha ha ha.

    BalasHapus
  16. Hahaha apanya yang dibanggakan? yang ada malu menuntun motor :D

    BalasHapus
  17. HAHAHAHA cosplay buto cakil fak!

    Tutorialnya sungguh bermanfaat bang. Tengs yaw

    BalasHapus
  18. Wahh tutorialnya berfaedah sekali. *prok*prok

    BalasHapus
  19. Maaf, tutorial macam apa ini? TERUS KENAPA GAK ADA NOMOR EMPATNYA WOY?!

    BalasHapus
  20. Jadi keinget dulu pertama belajar motor, bukan belajar sih tapi nekat naik sendiri dan gas full, alhasil nabrak tembok dan kecebur kolam. Disaat itu juga aku takut kena marah, lari ke kamar dikunci.. haha

    andai dulu sudah ada tutorial ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waw. Pengalaman yang berharga. Bisa nangkep lele dong pas nyebur kolam.

      Hapus
  21. ngahaha ngakak parah baca tutorial yang satu ini.
    Bang darma wajib banget baca tutorial ini, agar lancar mengendarai motor nih.

    BalasHapus
  22. Kalimat terkahir bangke banget. Gue juga telat bisa ngendarain motor karena trauma, pernah nabrak pagar rumah orang. Sekarang sih udah lancar. XD

    BalasHapus
  23. Bikin tutorial menendarai bebek aja dong, sekarang mah jalanan macet naik motor tinggal order ojek online biar abangnya aja yang mikir pas jalanan macet~

    BalasHapus
  24. Hahahanjaaay tutorialnyaaa~ kampret wkwkw :D

    Anyway, ngomongin masalah trauma ._. aku pernah trauma naik motor selama tiga tahun gara-gara pernah jatuh di depan rumah sendiri ._. pfffft

    BalasHapus
  25. Jadi smpe skarang mata nya masih gtu ya bng?
    Itu knapa saudara gw Ajudan pribadi cikidindindin tomorrow landing unjuk gigi disini lagi sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, buta warnanya sesaat setelah jatuh itu doang. Sekarang udah normal. Wow. Kamu kembaran ajudan andalangue wonderwomen apartement departement sepajak-pajaknya pajak sepanjang-panjangnya umur jangan kasih macet kota Bandung yang punya Bandung. Aman negara.

      Hapus
  26. Waow tutorial yang sangat mengagumkan om.

    Orang yang baca pasti langsung bisa naik motor, (cuma naik lho ya, bukan mengendarai) heheheheheh

    BalasHapus
  27. Saya nggak pakai matik dan kopling. Biar yang lebih kompeten yang menuliskannya. Hehehe.

    BalasHapus

Posting Komentar