Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

Larangan Keramas Saat Haid Hanya Mitos, Begini Pejelasannya!

Pembahasan tentang haid memang tidak ada habisnya, seperti bagaimana cara mengatasi kram perut saat haid (sebaiknya gunakan ifree), makanan apa yang baik dikonsumsi ketika haid, dan masih banyak lagi. Banyak wanita mempertanyakan "Haruskah saya mencuci rambut selama haid? Apakah benar-benar tidak aman?"
Beberapa masyakarat percaya bahwa selama menstruasi dilarang mencuci rambut. Keyakinan ini mungkin merupakan warisan dari masa lalu ketika tidak semua rumah memiliki air. Ini adalah mitos periode menstruasi lain yang mungkin telah dimulai dari masa-masa sebelumnya ketika orang biasa pergi ke sungai atau danau untuk membawa air minum, mencuci dan untuk pekerjaan rumah tangga lainnya.
Mitos keramas saat haid dibantah oleh lingkungan modern saat ini. Ini bisa menjadi penjelasan yang masuk akal di balik melarang wanita yang menstruasi dari mandi dan mencuci rambut mereka.
Untungnya, saat ini banyak orang memiliki kamar mandi sendiri. Sehingga saran untuk tidak mencuci rambut selama haid atau bahkan mandi adalah mitos usang atau salah tafsir yang menyebar dari wanita yang lebih tua, biasanya nenek ke anak perempuan dan cucu perempuan mereka.
Tidak ada bukti logis atau terapeutik yang terbukti yang mendukung gagasan bahwa mencuci rambut yang baik tidak boleh dilakukan selama siklus bulanan Anda. Beberapa ibu dan nenek secara keliru terus mengatakan kepada wanita muda bahwa mereka tidak boleh mencuci rambut sama sekali selama menstruasi bulanan mereka atau mereka akan mendapatkan penyakit serius (seperti kanker) di kemudian hari dalam hidup mereka atau bahkan mengalami kesulitan selama kehamilan.
Sama sekali tidak ada hubungan antara keramas dan memicu penyakit serius. Beberapa teori yang salah di masa lalu mengklaim bahwa perubahan suhu kepala akan mendorong perubahan dalam perkembangan hormonal - yang mengarah ke penyakit. Tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa mencuci rambut selama menstruasi menyebabkan segala jenis penyakit dan hipotesis itu tidak terbukti sekarang. Tidak mandi selama ini justru bisa menimbulkan masalah.
Sangat penting untuk menjaga kebersihan pribadi (mandi dan mencuci rambut). Beberapa wanita sebenarnya lebih banyak berkeringat saat menstruasi, oleh karena itu disarankan untuk mandi setidaknya sekali sehari saat sedang menstruasi. Kelembaban ekstra ini dapat menyebabkan habitat yang sempurna untuk bakteri jahat sehingga disarankan juga untuk menggunakan celana dalam.
Celana dalam haid adalah pakaian dalam khusus yang dapat membuat daerah kewanitaan kering dan menjaga kelembaban dari area halus. Rambut juga bisa menjadi lebih berminyak selama menstruasi dan mungkin mengharuskan untuk mencuci rambut lebih sering.

Sumber: Iklan Shampo Malaysia

Komentar

  1. Setuju sih emang mitos. Eh bentar aku tercengang melihat gambar iklan shampoo Malaysia itu. Pakai hijab keramasnya? Hwaaaa

    BalasHapus
  2. Wah artikelnya yang bermanfaat, jadi tau saya kalo itu mitos, thanks infonya

    BalasHapus

Posting Komentar