Langsung ke konten utama

19 JuMPS: Avengers-nya Penulis Sukstres

“Dulu, saya pernah mengenal seorang penulis muda berbakat yang di awal-awal karier menulisnya juga sempat memiliki alasan dan keluhan minder, galau, dan kecewa bercampur putus asa, karena belum pernah lolos dalam satu pun lomba menulis. Ia bahkan sempat memutuskan berhenti menulis karena merasa tidak berbakat dan tidak pantas menjadi penulis. Tapi setelah mencoba dan mempraktikkan jurus tersebut--dengan melanjutkan berlomba dan tetap giat menulis--sekarang buku-bukunya sudah menghiasi toko-toko buku.”
(Halaman 248)

sumber: https://www.goodreads.com/book/show/26140751-19-jurus-mabuk-penulis-sukstres

Quote yang paling saya sukai di buku 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres pada bab Jurus Menghadang Seribu Alasan Gagal Menulis. Keren. Motivasi banget. Inti dari jurus ini sih, bahwa kesungguhan mampu menaklukkan segala keterbatasan. Ngomong-ngomong penulis muda berbakat yang jadi contoh di atas itu siapa ya?

Buku ini berisi segala jurus menulis dalam berbagai genre, romance, teenlit, komedi, horror, horror komedi, sampai personal literature. Selain itu, buku ini menyediakan jurus-jurus tambahan, seperti jurus memikat redaktur majalah dengan pengantar naskah dan kiat memilih judul yang menarik perhatian semua orang. Paket komplit banget lah. Apalagi untuk saya yang baru satu kali cerpennya masuk majalah.

Dari sekian banyak genre, ada satu genre yang luput dibahas di buku ini: fantasi. Padahal banyak jomblo yang senang berfantasi di kamar mandi yang berminat dengan genre ini.

Beberapa penulis produktif seperti Ari Keling, Lonyenk Rap, Vivie Hardika dan Monica Anggen pun membagi jurus mereka di buku ini. Kita bisa belajar dari mereka untuk ketularan produktif. Salah satu tips untuk terus semangat menulis yang saya dapat dari buku ini adalah: Jangan takut dengan apa yang akan ditulis, takutlah jika kamu belum bisa menulis apa-apa, padahal sudah merencanakannya sejak lama.

Super sekali.

Yang gak boleh dilewatkan dari buku ini adalah jurus komedi dari Ceko Spy. Karyawan TV nasional yang menggilai Spiderman ini sudah banyak memakan asam-garam-lauk rendang di dunia komedi. Dia sudah berkali-kali membuat orang satu Indonesia ketawa dengan berderet acara televisi bergenre komedi yang dia kerjakan bersama timnya. Salah satunya Bro and Bray. Itu lho sketsa komedi yang sering menampilkan Budi Anduk dan Bopak Castello dianiaya warga.

Yang saya kagumi dari sosok Ceko Spy adalah dia berhasil mewujudkan impiannya untuk duet dengan idola masa kecilnya, Hilman ‘Lupus’ Hariwijaya. Mereka berdua menulis serial Miss Lebay yang pernah serialisasi sewaktu Tabloid Gaul masih berjaya.

Hadi Kurniawan juga ada di buku ini lho. Iya, si blogger cengengesan itu. Dia membagi Jurus Menulis Go Blog yang Cerdas. Hahahaha. Baca judulnya aja udah ketawa. Terus, ada satu jurus yang saya gak tangkap apa poinnya, tapi, lucu, menghibur. Pokoknya, suka deh. Yaitu Jurus Dasar Menulis Novel dari Cem Acem. Hahaha. Emang dasar! Cem-acem aja deh lau. Bercanda mulu!

Bagi personal blogger yang pengen mulai membukukan blog atau menulis dengan genre personal literature, bisa pelajari Jurus Pelit-nya Teh Eva Sri Rahayu. Doi bersama kembarannya juga pernah nulis Pelit yang sukses masuk nominasi non fiksi favorit dalam Anugerah Pembaca Indonesia 2014, yakni TwiRies: The Freaky Twins Diaries.

Intinya: buku ini memotivasi banget. Jarang-jarang bisa baca satu buku yang ditulis oleh penulis-penulis keren. Udah kayak Avengers-nya Penulis Sukstres aja. Sehabis baca buku ini, saya jadi pengen nulis sampai mabok. Serius. Cobain deh!

Tonton juga book trailernya:

Komentar

  1. Wuhuuu rameeee! Menarik nih. Eh eh eh tapi kok gue sering ketuker antara lo sama Hadi Kurniawan ya? Kalian kembar atau gimana sih? \:p/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadi itu ari-ari saya yang dibiarkan berkembang biak.

      Hapus
  2. Kalimat terakhirnya super sekali, Bang. Jadi gak perlu takut dan harus yakin sama genre yang kita tulis ya? Aku pengen nulis genre fantasi, Bang Har~

    Ini komentar sekarang ya? Ikutan aaaah. Duh, deg-deg-an.

    Berhubung blogku isinya curhatan gak penting dan opini absurd, pengen banget nguasain jurus pelitnya Teh Sri Eva Rahayu, Kayaknya jurusnya jitu. Aku pengen banget orang yang baca curhatanku itu bukan jadi sekedar pembaca aja, tapi juga jadi pemeran dalam curhatanku. Hmm maksudnya, seolah-olah terlibat dalam kejadian yang aku curhatin, seolah ngerasain yang aku rasain, Aku pengen jurus pelit itu untuk mendermawakan pengalaman dan opiniku, Bang Har. Hoho.

    Oh iya, akun instagramku @ichahrnssa. Twitter: @ichahrnssa. :))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah ikutan Icha. Oh ya, Cha, ada tambahan syarat Giveaway nih. Punten ya. :D

      Hapus
    2. Iya sama-sama Bang, Udah aku mention tuh :D
      Eh, kalau gitu nambah lagi deh. Aku juga pengen jurus memilih judul tulisan. Soalnya suka bingung. Mau kasih judul pendek, takut gak greget. Mau kasih yang panjang, takut spoiler.

      Hapus
  3. Berhubung selama ini saya sering banget ngalamin buntu ide saat ngeblog, makanya saya pengen banget nguasain Jurus Menulis Go Blog yang Cerdas karya kak Hadi Kurniawan. Harapannya agar masalah seperti malas dan buntu ide saat ngeblog bisa sedikit demi sedikit berkurang dan bisa menjadi blogger yang cerdas seperti judul jurus tersebut.

    Akun twitter: @diki_twips

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Diki. Ada tambahan syarat Giveaway nih. Punten ya. :D

      Hapus
    2. Sama sama. udah aku mention kok kak :)

      Hapus
  4. jomblo yang suka berfantasi di makar mandi itu pasti elo salah satunya ya haha

    "kesungguhan mampu menaklukkan segala keterbatasan" sekedar ngasih tau aja kalau quote ini yang bikin gue pengen banget punya buku ini dan ini yang bikin buku ini dan dari semua rubrik yang ada dalam buku ini, Go Blog yang Cerdas dari Hadi Kurniawan karna gue pengen jadi blog yang cerdas kaya shitlicious gitu, terus Jurus Memilih Judul Tulisan dari Pilo Poly yang paliiiiingggg pengen gue baca pake banget karna gue kadang suka kekusahan buat nentuin judul buat tulisan gue. Kayanay sampai disini dulu deh :D

    Instagramku : @reskinurpratiwi
    Twitter : @reskinurpratiw

    BalasHapus
  5. Wuohhh ada si Hadi. Ada si Eva yang kembar juga. Udah pernah ketemu orangnya tuh gue, tapi malah belum baca bukunya. Hehe. :(

    Mungkin kalimat ini, "Yakinlah, setiap buku memilih pembacanya masing-masing." juga berlaku untuk blog, ya? :D

    BalasHapus
  6. Nama: Evita
    twitter: @evitta_mf
    link share: https://twitter.com/evitta_mf/status/661968789592932352

    Bismillah
    Aduh ada 19 jurus dan saya pengen belajar 19 jurus-jurus menulis itu. Saya suka menulis sih, nggak mau membatasi diri cuma pengen belajar satu atau dua jurus saja karena saya ingin belajar banyak. Tapi suruh milih ya sama mas yang punya blog. BAIKLAH!
    Aku pilih jurus berikut ini:
    1. Jurus Menulis Novel Romance – Ari Keling
    Ini loh, aku pengen banget dari dulu nulis novel romance tapi selalu aja kejebak di chapter dua atau tiga, sisanya pasti mandet dan nggak bisa ngelanjutin. Gimana ya caranya bikin plot yang baik, menentukan sudut pandang soalnya aku selalu galau untuk menentukan sudut pandang. Pokoknya aku pengen banget belajar membuat novel romance karena novel romance itu passion aku dalam menulis.
    2. Jurus Menulis Flash Fiction – Ayu Marpaung
    Nah ini aku juga suka flash fiction. aku suka banget nulis cerita-cerita singkat yang sekali baca langsung tamat. Pengen banget tau gimana buat flash fiction yang menarik untuk dibaca. pasti ada kiat-kiatnya, kan?
    3. Jurus Mudah Tembus Media – Zya Verani
    Apalah artinya belajar nulis kalau cuma ditulis sendiri, disimpen sendiri, dan dibaca sendiri. Pasti setiap penulis punya keinginan agar karyanya bisa tembus media dan dibaca banyak orang. Tapi tulisan yang tembus media itu yang sulit dan nggak boleh berhenti satu atau dua kali kirim ke media. Kita harus gigih. Nah, aku pengen belajar dan tahu bagaimana caranya biar tulisanku bisa tembus media. sebenarnya tulisan yang seperti apa yang diinginkan editor?
    Kayanya, I NEED THIS BOOK!
    harus belajar 19 jurus dari para ahlinya ^^

    BalasHapus
  7. Eh Hadi yah, keren yah si Hadi. :*

    BalasHapus
  8. Jurus menghadang seribu alasan gagal menulis itu rasanya cocok banget untuk dibaca. Karena saya sering kali merasa takut gagal saat menulis. alhasil, setiap tulisan saya tidak ada yang selesai.

    Twitter : @n0v4ip

    BalasHapus
  9. Banyak banget jurus yang pengin saya pelajarin disini
    mulai dari jurus menulis novel teenlit berisi punya nya mbk vivie hardika
    karena saya suka baca novel - novel teenlit dan pengin buat kayak gitu tapi selalu berhenti di tengah cerita dan gak selesai --

    yang kedua saya pengin menguasai jurus menulis horror mistis dari lonyenk rap karena saya cukup tertarik dengan novel - novel mysteri yang sering membuat saya bertanya-tanya terinspirasi darimana dan apakah itu nyata jika membaca novel-novel misteri karena saya juga ingin bisa menulisnya , tidak hanya membacanya,

    yang ketiga adalah jurus menulis puisi tanpa teori
    saya cukup aktif di bidang kepenulisan puisi,namun puisi saya belum pernah menjadi pemenang. hanya menadi kontributor saja. itu menandakan bahwa puisi saya harus ada yg dibenahi.

    yang keempat jurus nonfiksi yang dilirik penerbit
    karena saya ingin bisa tulisan saya di baca semua orang tapi tidak tahu haris dengan cara apa agar penerbit mau menerbitkan.

    dan yang kelima atau yang terakhir adalah manis menang lomba menulis seperti yang sudah saya katakan banyak lomba menulis yang saya ikuti nammun belum ada satu pun yang menjadi juara.

    Twitter : @annisa_nurazza
    facebook : annisa zulfa nur azza
    email : annisa_nurazza@yahoo.co.id
    Link share : https://twitter.com/Annisa_nurazza/status/663143027217600512

    BalasHapus
  10. Bnyak deh jurus yang dipingini..
    Tapi yang sungguh dengan mupeng banget
    Jurus Dasar Menulis Novel – Cem Acem
    Kalau udah menguasainya, kan jadi paham gimana membuat atau meilih Judul Tulisan, sehingga bisa Menulis Novel Romance, Menulis Teenlit Berisi. Hehehe. Sehingga Mudah Tembus Media, dan Menang Lomba Menulis . Kan, kalau tulisannya dibaca orang lain dan banyak jadi bisa beramal sekalian menghibur orang lain kan. hehehhe...

    Nama : Naning Pratiwi
    Nama akun Twitter : @chelseas_lovers
    Nama akun Facebook : https://www.facebook.com/kelly.smith.92560
    Link Share : https://twitter.com/chelseas_lovers/status/663233873443090432

    BalasHapus
  11. Kalau aku pengen menguasi Jurus Menulis Horror Mistis – Lonyenk
    Rap. Oke, gini, aku termasuk orang yang takut akan hal-hal horror mistis. Denger hal-hal yg nggak masuk akal dan diluar nalar aja udah takut apalagi mengaplikasikannya dalam tulisan? Kayaknya nggak mudah dan bukan berarti nggak bisa, karena kita belum mencoba. Maka dari itu, aku mencoba mencari tantangan baru. Sebenarnya ingin cari sensasi dalam menulis cerita horror juga sih, karena kebanyakan saya buat cerpen romance. Jadi ceritanya saya mau belajar menbuat cerita dengan genre lain. Biar multiskill gitu. Lagipula pasti keren kalau orang yang takut hal-hal horror mistis malah bisa membuat novel dengan genre horror mistis. Dan seperti salah satu tips dari buku ini: "Jangan takut dengan apa yang akan ditulis, takutlah jika kamu belum bisa menulis apa-apa, padahal sudah merencanakannya sejak
    lama" saya nggak bakalan takut, karena saya punya keyakinan kalau saya bisa. Suntik pikiran positif bahwa kita bisa menaklukkannya. Apalagi yang saya tahu Lonyenk Rap ini bukan penulis novel horror, novel Lonyenk Rap yg pernah saya baca adalah CrazIMOLazy yg menurut saya malah masuk genre komedi. Namun partisipasinya dalam memberikan tips untuk jurus menulis horror mistis membuktikan kalau seorang penulis itu bisa multiskill dan nggak terbatas hanya dalam satu genre saja.

    @Rany_Dwi004

    BalasHapus
  12. Jurus Mudah Tembus Media dan Jurus Menghadang Seribu Alasan Gagal Menulis cocok sekali buatku. Saat ini getol-getolnya ngirim ke media tapi sering gagal alias naskahku dikembalikan. Hadeeeh... Dan lagi saat ini laptopku lagi rusak. Karena alasan itulah produktivitas karya menurun. Seringkali mikir, coba ada laptop pasti udah ikutan lomba ini, lomba itu, dsb. Terlalu banyak alasan buat nggak nulis. Jurus-jurus ini sangat aku butuhkan. Sangat!!! (pakai tanda seru tiga biji)

    twitter: @firmanM249
    facebook: Rizal B. Firmansyah

    BalasHapus
  13. Sebagai blogger pemula yang baru belajar nulis, saya sangat bersemangat sekali setelah ada nama Hadi Kurniawan yang membagi tips menulisnya. Lebih-lebih, dia sudah memiliki karya berupa sebuah buku. Jurus menulis Go Blog yang Cerdas, salah satu jurus yang pengen saya kuasai. Dari blog, kita bisa menulis random. Entah itut fiksi, non fiksi, atau yang berkaitan dengan akademik pun. Terlepas dari itu semua, saya pengen nguasai jurus ngeblog yang dimaksud. Bagaimana cara menulis konten semenarik mungkin hingga menjadi penulis dari blog yang cerdas. Saya ingin menjadi penulis Go blog yang Cerdas!

    Nama : Lalu Muhammad Getar
    Twittwer : @Muhammad_Getar
    Link Tweet : https://twitter.com/Muhammad_Getar/status/663703746296221696

    BalasHapus
  14. Sedapppp, Bro.
    Uppss nyebut merek mie.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Peran di Game Werewolf Telegram

Critical Thirteen

25 Komik Doraemon Petualangan

7 Peran Baru di Game Werewolf Telegram

5 Komik Indonesia yang Lucu Sekali

3 Cara Legal Nonton Film

Ekspedisi Selera dan Melawan Bosan Selama Naik Kereta Api