Langsung ke konten utama

25 Komik Doraemon Petualangan

Setiap remaja tumbuh dengan teman imajinasinya masing-masing. Bertualang mencari harta karun dengan Lima Sekawan-nya Enid Blyton. Merinding bersama Goosebumps karangan R. L. Stine. Atau membantu Detective Conan memecahkan misteri. Bagi remaja yang lebih vintage, memilih lari terbirit-birit bersama Petruk rekaan Tatang S.

Sejak SMP, saya menyukai komik Doraemon Petualangan. Saya mengikat diri demi memburu semua serinya untuk dibaca. Mulai dari beli, tukar-pinjam sampai memeras milik teman.


Dari baca seri Doraemon Petualangan, saya bisa belajar tentang penciptaan setting cerita yang menakjubkan, penokohan yang kuat, konflik yang menarik, alur cerita yang penuh kejutan, sampai pesan moral yang mendalam. Cocok dijadikan pegangan untuk menulis fiksi. Jika Ahmad Dhani pernah klaim musik Queen adalah puncak kreativitas manusia, maka saya akan menobatkan komik Doraemon Petualangan adalah puncak imajinasi orang Jepang.



1.            Petualangan Nobita dengan Dinosaurus
Nobita memelihara dinosaurus bernama Pisuke di rumahnya. Karena rumah Nobita bukan Jurassic Park, Pisuke ditaruh di bak mandi. Ketika mandi, ayahnya Nobita secara tidak sengaja dipatok oleh Pisuke. Inilah alasan kenapa Nobita tidak bisa punya adik. Kemudian, Nobita naik mesin waktu menuju zaman dinosaurus untuk mengembalikan Pisuke ke asalnya. Manusia memang hanya bisa bernostalgia, tapi segala sesuatu harus tetap ditempatkan pada masanya.

2.            Petualangan Nobita di Luar Angkasa  
Awal dari cerita petualangan kali ini mirip dengan ending film Interstellar. Di Bumi, Nobita memang sosok yang lemah dan cengeng. Tapi di planet Koya-Koya yang bergravitasi kecil, dia bisa menjadi manusia super, tapi tetap cengeng. Hal ini mengajarkan kita untuk mencari tempat yang bisa membuat kita hebat. Jika bukan di bumi, berarti di planet lain yang entah dimana. Carilah.

3.            Nobita dalam Dunia Misteri
Nobita menemukan anjing di jalan. Dan ternyata anjing itu adalah seorang pangeran di sebuah daratan misterius di benua Afrika. Dalam petualangan menyusuri hutan belantara untuk mengantarkan Peko si pangeran anjing ke kerajaannya yang sedang dikudeta, tim Nobita sempat berputus asa. Tapi Giant dengan gagah berani menolak menyerah. Hal yang mengharukan mengingat Giant adalah sang antagonis di hari-hari Nobita. Tapi di edisi petualangan, Giant menjadi sosok yang setia kawan dan pantang menyerah.

4.            Petualangan Nobita di Dasar Laut
Dilema dengan pilihan liburan antara naik gunung atau pergi ke pinggir laut, Doraemon menyarankan untuk berlibur ke pegunungan di dasar laut. Gila. Doraemon sempat menyinggung tentang teori segitiga bermuda yang misterius itu. Dan ternyata di dasar laut pun ada penghuninya berupa manusia dasar laut. Dasar gila!
5.            Petualangan Nobita dalam Dunia Setan 
Dalam kotak telepon pengabul keinginan, Nobita memesan dunia impian yang memungkinkan dirinya bisa sihir untuk mempermudah urusan sehari-hari. Tapi karena di dunia nyata Nobita adalah sosok yang bodoh, di dunia sihir pun Nobita hanyalah penyihir bodoh, sama sekali bukan saingan Harry Potter. Orang bodoh memang tidak seharusnya banyak minta, sebaiknya mencerdaskan diri sendiri dahulu untuk tahu apa yang sebenarnya diinginkan.

6.            Nobita dalam Perang Luar Angkasa
Inilah Star Wars versi Doraemon. Bermula dari proyek membuat film bersama, Nobita dan teman-teman tidak sengaja terlibat dalam perang dengan alien untuk membela alien lainnya. Padahal mereka tidak tahu mana pihak alien yang baik dan pantas dibela. Yang penting, naik tank baja, terus tembak-tembakan.

7.            Nobita dan Pasukan Robot
Jauh sebelum ada Transformers, Nobita punya robot gundam sendiri yang ditemukannya di Kutub Utara. Agar Bumi tetap aman dari kecerobohan anak SD dalam mengoperasikan robot raksasa, Doraemon menyediakan arena bermain di dunia cermin. Sampai akhirnya, mereka diserang pasukan robot yang ingin menguasai bumi dan terjadilah pertempuran yang seru.

8.            Nobita dan Ksatria Dinosaurus
Nobita dan kawan-kawan bermain di gua bawah tanah. Dari dalam perut bumi tersebut terkuaklah rahasia yang telah tersimpan rapat-rapat oleh alam semesta, yakni dinosaurus masih hidup. Ketika kiamat dinosaurus yang terjadi ratusan juta tahun lalu, ternyata beberapa dinosaurus selamat dan memulai kehidupan baru di perut bumi (mengingatkan dengan alur cerita Ice Age: Dawn of Dinosaurs). Dan kini para dinosaurus telah berevolusi berwujud selayaknya manusia.

9.            Petualangan Nobita ke Dunia Barat
Gara-gara game ajaib Doraemon, dunia masa kini dipenuhi oleh siluman. Raja siluman keluar dari game dan mengubah sejarah di masa lalu sehingga terciptalah dunia paralel. Untuk memperbaikinya, Nobita dkk. pergi ke masa Biksu Tong melakukan perjalanan ke Barat. Nobita cosplay menjadi Sun Goku dan berusaha mengalahkan raja siluman yang hendak memakan Biksu Tong.

10.         Asal-Usul Negeri Jepang
Nobita dan kawan-kawan minggat dari rumah masing-masing. Lalu mereka naik mesin waktu ke zaman purba. Di sanalah mereka memulai kehidupan primitif dengan alat-alat ajaib Doraemon. Mereka sempat menciptakan pegasus, naga dan griffin dengan mencampur-adukkan gen berbagai hewan. Jadi, hewan-hewan fantastis itu bukanlah mitos belaka, melainkan hasil percobaan iseng kumpulan bocah SD.

11.         Nobita dan Planet Binatang
Dimulai dengan Nobita berjalan dalam tidurnya, lalu menembus sebuah kabut pink tanpa sengaja. Kabut pink itulah yang membawa Nobita masuk ke Planet Binatang. Planet Binatang dihuni oleh para binatang yang telah berevolusi dan berjalan dengan dua kaki. Tokoh antagonis di petualangan kali ini adalah para manusia dari Bulan yang ingin merebut planet indah milik para binatang berperikemanusiaan. Terdapat pesan moral tentang pentingnya menjaga planet sendiri. Sebab planet lain sudah ada yang menghuni.

12.         Nobita dalam Dorabian Night
Demi menyelamatkan Shizuka yang terjebak di dunia dongeng, Nobita dkk. menelusuri alur waktu, menembus batas antara dongeng dan sejarah Negeri 1001 Malam. Di daratan Arab zaman jahiliyah, mereka melancong mencari Shizuka yang dijadikan budak belian. Mereka sempat bertemu Sinbad dan koleksi barang ajaibnya, termasuk lampu ajaib yang dihuni jin.

13.         Nobita dan Kerajaan Awan
Nobita percaya negeri di atas awan itu eksis. Jika memang tidak ada, Nobita akan menciptakannya. Dengan bantuan Doraemon, Nobita membangun istana di atas awan. Sampai akhirnya, Nobita salah masuk ke kerajaan awan yang sesungguhnya. Di luar dugaan, penduduk kerajaan awan sedang menyusun “Rencana Noah” untuk memformat ulang bumi yang sudah lama dizalimi manusia.

14.         Nobita dan Labirin Kaleng
Di dunia kaleng, manusia sangat bergantung dengan alat-alat canggih. Karena kebiasaan yang terjadi selama bertahun-tahun, penghuni  dunia kaleng tidak bisa hidup tanpa alat. Bahkan mereka tidak bisa berjalan dengan kaki sendiri. Dibimbing rasa iba dan kemanusiaan, Nobita dkk. melakukan perjalanan di dalam labirin untuk menemukan sebuah virus. Virus ini berguna untuk merusak sistem semua robot di dunia kaleng. Agar penghuni dunia kaleng bisa kembali berdiri di atas kaki sendiri.

15.         Nobita dan Tiga Pendekar Fantasi
Bosan dengan kehidupannya sebagai pecundang, Nobita mengambil pelarian ke dunia mimpi. Dengan harapan, di dunia mimpi, dia bisa menjadi sang pemenang. Tapi di dunia mimpi pun Nobita hanya menjadi pendekar yang payah. Untuk bisa menjadi pendekar impian, Nobita harus mengalahkan penyihir jahat. Dalam menjalankan misinya, Pendekar Platina Nobitanian dibantu Giant, Suneo dan Shizuka yang berperan menjadi The Three Musketeers. Film Inception mungkin terinspirasi dari seri ini.

16.         Catatan Harian Nobita
Untuk lebih menghayati tugas penelitian Nobita, Doraemon menyediakan alat simulasi penciptaan alam semesta. Nobita pun mulai menciptakan langit dan bumi versi dirinya sendiri. Mengerikan sekali dunia yang diciptakan oleh Nobita. Penghuninya perlu dikasihani.

17.         Nobita dan Kereta Api Galaksi
Fujiko F. Fujio tidak bosan-bosan mengambil setting cerita di antariksa. Tapi kali ini Nobita dkk. naik kereta api ekspres untuk melintasi galaksi menuju Dream Land. Kemudian kereta api dibajak penjahat, konflik pun dimulai. Seri ini berkesan bagi saya karena komiknya dipinjamkan oleh cinta pertama saya sewaktu SMP. Niken, I miss you!

18.         Nobita di Dunia Mainan
Jika Toy Story menceritakan mainan yang bisa hidup jika tidak dilihat oleh manusia, berbeda dengan seri Doraemon Petualangan kali ini. Setelah menemukan planet kosong yang layak huni, Nobita sengaja menghidupkan koleksi mainan-mainannya untuk  menjadi penghuni planet tersebut. Di tengah cerita, Nobita dkk. bertemu dengan “Sang Pencipta” ala film Bruce Almighty.

19.         Petualangan Nobita di Laut Selatan
Ke masa lalu sudah, ke luar angkasa sering, ke negeri di atas awan pernah, bawah tanah dan dasar laut pun telah ditelusuri. Nah, kali ini Nobita dkk. menaiki perahu ala bajak laut mengarungi laut selatan mencari harta karun. Laksana Luffy dalam komik One Piece.

20.         Tersesat di Luar Angkasa
Lagi-lagi, Nobita dkk. bertualang di luar angkasa. Tapi kali ini mereka tersesat. Aslinya, yang tersesat adalah imajinasi Fujiko F. Fujio yang seringkali berputar di luar angkasa. Ibarat tanpa sengaja membuka kotak permainan Zathura dan belum juga mencapai finish.

21.         Legenda Raja Matahari
Akibat kerusakan pada alat pemindah waktu, Nobita bertemu dengan seorang pangeran Negeri Mayana yang mirip dengannya. Kemudian mereka bertukar peran. Nobita menjadi pangeran, dan pangeran asli menyamar menjadi Nobita. Untuk pertama kalinya, Giant dikalahkan oleh “Nobita”. Cerita yang mengambil latar cerita wilayah Meksiko tempat suku Maya bermukim ini sempat menyinggung mitos tumbal yang dikalahkan dengan kecanggihan teknologi alat Doraemon.

22.         Nobita dan Pahlawan Bersayap
Ternyata di kehidupan ini terdapat dunia paralel yang berjalan beriringan dengan dunia kita sekarang. Bedanya, di dunia paralel itu dihuni oleh manusia burung. Di dunia manusia burung, Nobita dkk. sempat mengikuti perlombaan balapan terbang. Cerita manusia burung ini mengedepankan pesan tentang keberanian melawan ketakutan.

23.          Nobita dan Kerajaan Robot
Akibat ulah ceroboh Nobita memesan robot dari toko masa depan, terseretlah Poko, robot humanoid yang tersesat di aliran waktu. Dengan mesin waktu, Nobita dkk. bantu mengantarkan Poko kembali ke tempat asalnya, yakni Robot Kingdom. Di Robot Kingdom, manusia dan robot hidup berdampingan. Sampai akhirnya, terjadi konflik yang dicetuskan oleh pemimpin labil Robot Kingdom yang menginginkan semua robot dihilangkan emosinya. Ceritanya mengandung pesan moral tentang persahabatan antara manusia dengan robot. Terminator mesti belajar dari kisah ini agar segera menyudahi franchise-nya.

24.         Nobita di Negeri Angin
Setelah pernah memelihara dinosaurus, Nobita kembali memelihara makhluk aneh berikutnya, yakni anak angin ajaib. Setelah itu, Nobita dkk. berkunjung ke Desa Angin yang dihuni para pengendali elemen angin seperti di kartun Avatar. Jadi, mereka bisa mengatur kapan harus buang angin.

25.         Nobita di Negeri Wan Nyan
Untuk kedua kalinya, Nobita menemukan seekor anjing telantar. Yang mana anjing ini adalah kunci untuk masuk ke Negeri Wan Nyan. Negeri dimana kucing dan anjing berdiri dengan kedua kaki mereka dan dapat berbicara seperti manusia. Persahabatan Nobita dengan Ichi, si anak anjing, mengingatkan kita dengan kisah Hachiko. Dan permusuhan anjing dan kucing mengingatkan kita dengan Tom & Jerry.

Hasil gambar untuk wan nyan doraemon\

Itulah komik Doraemon Petualangan yang pernah saya baca. Semua komik di atas sudah diangkat menjadi film dan dirilis setiap tahun pada bulan Maret. Setelah judul ke-25, sebenarnya masih ada lagi judul film generasi baru yang ditayangkan setiap tahunnya. Di antaranya, versi remake; Dinosaurus Nobita, Petualangan Nobita di Negeri Sihir, Petualangan Super Nobita di Planet Koya-Koya, Nobita dan Pasukan Robot Mechatopia, Petualangan Nobita di Hutan Afrika, dan Nobita dan Kelahiran Jepang.


Dan film dengan cerita baru, seperti; Nobita dan Manusia Negeri Hijau yang menceritakan manusia pohon, Nobita dan Pertempuran Mermaid King yang menceritakan Nobita dkk. menjadi manusia duyung, Petualangan Nobita di Pulau Keajaiban Hewan yang menceritakan Nobita bertualang bersama versi bocah dari ayahnya yang amnesia, Petualangan Nobita di Museum Alat-alat Ajaib yang menceritakan rasa kesetia-kawanan Doraemon dengan Nobita, dan Nobita dan Pahlawan Luar Angkasa yang endingnya greget banget.

Komentar

  1. Baru baca beberapa dan nonton beberapa, tapi yang paling ingat petualangan Nobita di dalam Dorabian Night. Ah, jadi pengin koleksi!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu salah satu seri terseru! Dorabian Night yang bikin saya gandrung!

      Hapus
  2. Belum pernah baca satu pun, nonton filmnya udah hampir semua. EHE.

    BalasHapus
  3. Kira2 supaya jadi hebat
    Saya harua tinggal di planet mana bang?
    .
    Di indonesia ada g bang stasiun yg menuju dreamland
    Saya pengen kesana
    .

    Itu pas berpetualang dibawah laut, doraemon g takut ma air?
    Kucingkan takut ma air bang
    .
    Kalo nobita bisa mesen robot dimasa depan
    Saya juga bisa y mesen jodoh dari masa depan?
    .

    Kok engga ada cerita nobita jadi hokage y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika Ipar nya Thomas Alva Edison bertanya...

      Hapus
    2. Nah, iya, Nik. Dari sekian petualangan, belum ada yang menyinggung era kejayaan ninja/shinobi. Mungkin karena Fujiko F. Fujio udah punya Ninja Hatori kali ya. Tapi harusnya sih dibikin seri petualangan Nobita di Desa Ninja.

      Hapus
  4. yang misteri kayaknya belum, kebanyakan petualang doraemon tentang binatang dan luar angkasa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya belum ada seri yang berlatar di dunia gaib, ketemu hantu-hantu. Bisa jadi masukan buat tim Fujiko F. Fujio. Judulnya Petualangan Nobita di Dunia Hantu.

      Hapus
  5. Nobita pengalamannya sudah sebanyak itu. Ia sudah mengelilingi semesta bahkan lintas masa. Tapi kecengengannya tak pernah berubah. Ia tak serta merta menjadi sosok yang tangguh luar dalam. Hal ini mengajarkan pada kita, sejauh apapun mencari kekasih yang sempurna, cinta pertama tetap selalu membekas. Begitulah cinta. Deritanya tiada akhir.

    BalasHapus
  6. keren petualangannya ya si nobita dan doraemon, tapi aku sendiri lebih suka menonton filmnya, dan sampai saat ini masih suka nonton kalau lagi ada waktu luang .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya udah bosen. Hahaha. Kalau tayang pun dicuekin aja. Lebih suka baca komiknya sih.

      Hapus
  7. Aaaa aku udah baca semuanya dari SD sampe sekarang (diulang-ulang terus). Yang belum pernah cuma yang Sun goku aja (gak ada komiknya sih). Btw ultahku sama kayak Doraemon (penting banget ya?), jadi aku kembarannya Doraemon tapi lebih tua 116 tahun.

    Nobita dan Pasukan Robot: robot akan menguasai dunia! manusia harus dimusnahkan!
    Nobita dan Kerajaan Robot: semua robot itu pekerja! emosinya harus dihilangkan!

    Kayaknya seru kalau Pasukan Robot sama Kerajaan Robot berantem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, Syif, diulang-ulang terus. Koleksi lengkap? Kalau Sun Goku, saya baca komik full color yang versi movie itu. Tapi harganya lumayan mahal. Komik aslinya emang nggak diterbitin di Indonesia, entah apa alasan pihak Elexmedia. Iya, kamu udah pernah bilang di Facebook tentang ultah kamu itu. Kalau ultah saya sama kayak Robert Pattinson.

      Nah, itu kebalikan konflik dari dua seri. Bisa seru tuh kalau di-cross!

      Hapus
  8. Aku sayang sekali, Doraemon. ��

    BalasHapus
  9. Kalo baca kayaknya baru yang Nobita dan Planet Binatang.

    Terus kalo nonton filmnya, gue lupa. Ahaha. Yang paling inget yang Nobita punya kembaran Raja Matahari itu. Ehehe. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu emang sukanya yang binatang-binatang gitu ya Yog?

      Wah, itu pasaran sekali ya Raja Matahari.

      Hapus
  10. Pisuke jahat ya :(

    Waaaaks. Jelasin soal petualangan demi petualangan Nobita, pake nyebutin beberapa judul film. Filmnya sesuai juga sama petualangan Nobita-nya Kewren~

    Nggggg biar komen ini happy ending, aku mau bilang...

    Niken, he miss you! ^__^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pisuke jahat karena matok bapaknya Nobita pas mandi di kolam. Hahaha.

      Hapus
  11. Khusus yang komik petualangan, kayaknya belum pernah baca deh. Nah kalau yang volume-volumean, baru deh sering.

    Jadi inget, dulu pernah beli "Doraemon edisi Belajar". Nyesel anjis, ternyata isi ceritanya dipenuhi soal matematika.

    Tau gak, Ris? Yang coraknya warna hijau (biasanya kan biru), kalo gak salah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Volume-volume juga seru, ceesku. Ada beberapa seri petualangan yang terinspirasi dari cerita sehari-hari Nobita.

      Sama pisan. Saya juga pernah beli seri alat-alat ajaib. Isinya ngebahas alat doang, nggak ada ceritanya.

      Iya, tau. Hahaha. Warna ijo.

      Hapus
  12. Bisa dibilang film doraemon ini adalah guru ketiga saya setelah orng tua dan guru. Stiap episode dan filmnya mengandung makna dan pelajaran yang sangat dalam.

    Klo komik saya baru pernah baca yg "Petualangan Nobita dengan Dinosaurus" selebihnya gw lupa judulnya apa...

    Klo film semuanya sih...pling sering diputar pas hari minggu atau hari2 lebaran trus diputarnya berturut2..dari movie ke movie...

    Klimaks nya di standby me doraemon...sumpah disini sedih bnget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tw perasaan abang kenapa sedih pas nontom standby me
      Udahlah bang sizuka berjodoh sama nobita, jangan kau salahi takdir itu nak

      Hapus
    2. Anjir, guru ketiga. Setuju lah, Rey! Guru imajinasi.

      Nah, itu seri pertama. Kamu tinggal cari seri berikutnya, Rey.

      Stand By itu diangkat dari chapter komik original loh. Hehe.

      Hapus
  13. Wuah niat banget niih... Kesengsem banget kayaknya sama Doraemon..
    Gue juga lagi koleksi komik doraemon nih, seri biasa sama petualangan.. Beberapa masih bolong, masih nunggu momen ke toko buku bekas biar bisa nemu volume yang bolong2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, udah jatuh cinta lama, Dot. Info kalau udah lengkap, mau cari di lokasi yang sama. Hahaha. Kalau ada duit lebih, saya malah mau beli yang versi cetak ulang.

      Hapus
  14. Kalau komik, saya punya yang Kerajaan Awan. Versi film, yang selalu ditayangin di RCTI, beberapa udah nonton. Bener sih, yang Dorabian Night pasti pernah nonton. Sering banget ditayangin. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Karena Dorabian Night termasuk yang terseru selama ini.

      Hapus
  15. Aku cumak punya satu. Yg ceritanya manusia purba gitu. Gak lama pas lebaran komikku dirampok sama sepupunya sepupu. Jadinya males lagi belik Doraemon -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manusia purba itu judul asal-usul negeri Jepang. Seru tuh! Ah, sayang sekali kamu bersaudara dengan perampok komik.

      Hapus
  16. Jadi keinget waktu dulu deh..... Tapi nonton mah udah semua....
    apa lagi yang serial the movie...

    BalasHapus
  17. Eh busyet ternyata doraemon sejak 1980 an yaaa, lama juga nich serial

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Peran di Game Werewolf Telegram

Critical Thirteen

7 Peran Baru di Game Werewolf Telegram

5 Komik Indonesia yang Lucu Sekali

Ekspedisi Selera dan Melawan Bosan Selama Naik Kereta Api

Wenda Koiman: "Tips Agar Novel Diadaptasi Menjadi Film"