Kamis, 03 Desember 2015

11 Macam Mantan dan Cara Menghadapinya

Selama ini saya sering bahas mantan. Entah kenapa mantan jadi topik yang layak diperbincangkan. Sebagian layak diajak balikan sih. Kali ini saya ingin mengklasifikasikan macam-macam mantan dan bagaimana cara menghadapinya. Pokoknya, kalau udah berurusan dengan mantan, jangan macam-macam deh.



1. Mantan Gak Jelas
Sewaktu minta putus, alasannya pengen fokus belajar. Ternyata setelah putus, dia malah pacaran dengan cowok yang lebih ganteng. Udah gitu, dua-duanya gak lulus ujian. Bikin alam semesta bertanya-tanya, "Siapa yang waktu minta putus bilangnya pengen fokus belajar?" Belajar macam apa itu! Belajar mencintai pria lain?

Mantan jenis ini sewaktu pacaran pun sering menuntut. Saya pernah dekat sama cewek yang ngidam punya cowok berotot. Saya pun mulai ngegym dengan harapan bisa memenuhi ekspektasi dia. Tapi setelah saya berotot (waktu itu kebetulan yang berotot baru biji mata saya), dia malah minta putus. Kan gak jelas... Saya yang gak jelas, maksudnya.

Cara menghadapinya: Ya gak perlu dihadapi. Dia gak jelas, ngapain diladeni? Jangan sampai ikutan jadi gak jelas.


2. Mantan Menyesal
Dalam setiap percintaan, biasanya pihak yang memutuskan hubungan itu yang akan menyesal. Setidaknya, dia menyesal kenapa gak putus dari dulu.

Saya pernah ketemu mantan macam ini. Sewaktu jadian, dia bilang gak kuat LDR Cilegon-Tangerang. Setelah putus, dia malah jadian dengan cowok lain yang tempat tinggalnya lebih jauh, Purwakarta. Tapi, hubungan mereka harus kandas di tengah jalan karena cowoknya gak kuat LDR Tangerang-Purwakarta. Karena si cowok lebih kuat kalau LDR Purwakarta-Purwakerto. Iya, setelah putus, cowoknya jadian lagi dengan cewek yang lebih jauh. Akhirnya, sang mantan menyesal.

Dia sempat bertanya kepada saya, "Apakah masih ada kesempatan untukku kembali?" Mungkin dia pengen balikan untuk revisi alasan dia minta putus. Saya hanya tersungging sambil bilang, "Masih enak jamanku toh?"

Cara menghadapinya: Jangan sampai terjatuh di lubang yang sama. Cari lubang lain! Lubang buaya, mungkin.


3. Mantan Menghilang
...

Cara menghadapinya: Gak usah dicari. Dan gak usah ditanya kenapa gak ada deskripsinya. Namanya juga mantan yang hilang.


4. Mantan Jadi Teman
Awalnya teman, lalu jadian, putus dan kembali menjadi teman. Sesudah putus pun gak ada rasa canggung. Berinteraksi selayaknya teman biasa. Dia gak sadar pernah jadian. Mungkin sewaktu jadian, dia lagi mabuk. Jadi, gak dihitung.

Cara menghadapinya: Tetaplah berteman dan jangan miras!


5. Mantan Jadi Manten
Di saat kita masih berkubang dalam kenangan, dia menemukan pria sejati yang bisa bertanggung-jawab dengan masa depannya. Setelah itu, dia jadi mamah-mamah muda yang kemana-mana gendong anaknya yang masih bayi. Kalau di social media, mantan jenis ini sering upload foto nyengir bareng suami dan anaknya. Oh, happy family! Dan kamu masih ngaku-ngaku single happy?

Cara menghadapinya: Tunggu anaknya gede. Siapa tau cocok. Cocok jadi walimurid untuk ambil rapornya.


6. Mantan Penolakan
Walaupun gak pernah jadian, tapi kita pernah sayang. Sayangnya, rasa sayang kita harus terhenti ketika dia menolaknya. Sayang sekali.

Cara menghadapinya: Ya udah sih. Tawakal. Dalam kehidupan setiap cowok pasti ada cewek yang gak bisa dimiliki.


7. Mantan Jadi Seleb
Setelah lama tanpa kabar, mantan jenis ini jadi makin hebat. Dia jadi terkenal. Followers Instagram-nya membludak. Foto-fotonya di-love ratusan kali. Digodain cowok-cowok iseng di kolom komentar. Sampai endorse produk kecantikan. Bahkan di Instagram banyak orang yang bikin akun palsu pakai foto dia. Akhirnya, dia tulis bio di Instagram begini: "Real account. Hati-hati banyak FAKE ACCOUNT. Yang mau seneng-seneng, follow ya. Sebelum digembok."

Cara menghadapinya: Gak usah di-follow, LEMAH! Tapi sebelum digembok, boleh lah lihat-lihat.


8. Mantan Hijrah
Alasan dia minta putus karena gak mau pacaran lagi. Dia ingin berubah semenjak baca buku Udah, Putusin Aja! karya Felix Siauw. Setelah itu, dia juga memutuskan berhijab setelah baca buku Felix Siauw yang lain, Yuk, Berhijab! sebagai strater-kit memantaskan diri untuk jodoh yang terbaik. Sebab laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik. Begitupun sebaliknya. Baik yang perempuan untuk baik yang laki-laki sebab.

Cara menghadapinya: Hadap kiblat. SHOLAT TOBAT LU! Malu sama mantan.


9. Mantan Menyebalkan
Belum seminggu putus, nih mantan udah jadian. Belum kering luka ditinggal pergi, nih orang udah pasang foto kemesraan bersama pacar barunya di recent update BBM. Saya punya mantan begini. Saat saya komentar foto dia bareng pacarnya, "Kok cowok kamu keringetan?", dia jawab dengan nada ketus, "Bukan urusan lo!"

Cara menghadapinya: Blokir semua akun social media yang dia punya!


10. Mantan Masih Sayang
Walaupun udah sepakat putus, mantan jenis ini masih belum rela ditinggalkan. Dia masih update status tentang kerinduannya dengan kita. Dia masih mengingat momen-momen bahagia bersama kita. Dia masih berharap keadaan kembali seperti sediakala.

Cara menghadapinya: Jangan pernah membuatnya semakin sakit dengan memberi harapan yang tidak bisa kamu penuhi. Teruskan berjalan ke depan. Dia berhak untuk bersama seseorang yang bisa membalas rasa sayangnya dan memperlakukannya selayaknya putri.


11. Mantan Acuh Tak Acuh
Mantan yang pernah kita sakiti di masa lalu. Lalu kita menyesalinya. Ketika ingin kembali memulai hubungan baik dengannya, dia sudah tidak seperti dulu. Wajarlah, jika dia menganggap kita tidak ada. Sebab kita juga yang membuatnya begitu.

Cara menghadapinya: KEEP BEING YOU!

75 komentar:

  1. hahaa.. kampret ada ada aja.. ngakak pake tawakal, sholat tobat, wali murid segala.. gak ada deskripsinya hahaa...

    BalasHapus
  2. Hehehe untung aja gue gak pernah punya mantan
    Tapi gokil deh

    BalasHapus
  3. Keseringan sembarag jatuh cinta...mantan bertaburan.
    Maafkan ya hati..
    :3

    http://nuniekkr.blogspot.com/2015/11/homemade-lipscrub-with-vco.html Udah baca belom? siapa tau bisa melembabkan hati yang mengering :3

    BalasHapus
  4. Alasan lain mantan jadi teman karna pas salah satu minta balikan, yang satunya udah ga mau nerima, akhirnya yang minta balikan pun memohon untuk tetap berteman, masih tetep berharap bisa dapet kesempatan lagi. Ahay '_'

    BalasHapus
  5. How life goes on... Goes on without orang yang pernah menjadi istimewa dan kini telah pergi, melangkah dengan genggaman tangan pacar barunya... Semoga "Kalian" bisa membuatmu lebih bahagia dari pada "Kita" dulu... :)

    BalasHapus
  6. Yang ketiga gue sempet nyari-nyari dan kampretnya ilang beneran. "Anjir!! Gue ketipu."

    Ke tujuh ini apaan? Gak usah, tapi bolehlah liat-liat sebelum digembok. -_-

    Endingnya dapet banget mas Haris... Jago bener bikin Quote sesaat gitu. Dalem bener.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama. Tapi bener lho, gue jarang bisa nulis terus endingnya pas gitu. JLEB.

      Hapus
  7. Saking ngefansnya, cara menghadapi tipe mantan yang paling terakhir aja pake lagunya Isyana. Hahahaha.

    Dari semua tipe mantan dan cara menghadapinya, aku paling setuju sama cara menghadapi mantan yang menyesal, Bang Har. Jangan jatuh di lubang yang sama, carilah lubang per........ saja. (isilah titik-titik tersebut) XD

    BalasHapus
  8. HAHAHAAA
    Mantan jadi seleb. Bolehlah dilihat dlu sebelum digembok. Huahahaa

    Mantan menyebalkan? BAKAR AJA BANG.. BAKAR

    BalasHapus
  9. kalau mau kepo akun insta mantan, buat akun palsu pake nama samaran. Hahaha...
    biar kalauu kepencet love ngak takut dikira stalker. (masih sayang). Kkk

    BalasHapus
  10. Bang mantan jadi sodara ada ngga ??
    Ngadepinya gimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadapi dengan senyum silaturahmi. :D

      Hapus
  11. Mantan jadi manten :'(

    Mantan jadi teman, pacaran, mantan, pacaran lagi sampe kapan?! Nunggu salah satunya digaet yang lain ya.. eeh

    BalasHapus
  12. Cara menghadapi mantan itu dengan jadi orang sukses. Karena ada yang bilang, di balik orang sukses, terdapat mantan yang menyesal.

    BalasHapus
  13. Ada beberapa tipe mantan yang mantanku banget, walaupun mantan gebetan aja sih. Tapi paling nyesek itu mantan yang bilangnya mau fokus tapi ternyata punya cowok lain, dan nyeseknya cowok itu lebih ganteng lagi :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang lebih ganteng yang bikin kepercayaan diri ini runtuh.

      Hapus
  14. lagi blogwalking, eh ada bahasan mantan, aku mah apa atuh ada kata mantan langsung gabisa move on

    BalasHapus
  15. Yang mantan menghilang, jadi manten, sama hijrah, ngakak banget camvred :'v
    Itu apa-apaan coba woy wkwkw

    BalasHapus
  16. Mantan jadi seleb itu kayaknya kita harus tetap ngambil keuntungan walau sedikit ya bang ehehe.

    yang paling gak penting tuh elo nanya kenapa mantan nya keringetan ahaha ngakak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Kan keringetan bisa karena ngebakso, kenapa dia marah pas ditanya gitu?

      Hapus
  17. Mantan itu apa? Lepehan cita-cita yang kandas?

    Mantan mah biarin menghiang aja, entar juga dia yang nyesel. *kekeuh*

    BalasHapus
  18. 2 - 4 - 8 aku banget bang :D wkwkw pernah punya mantan yang begitu :D apalagi dulu mantan yang mutusin karena pengen berhijab, eh nggak taunya malah pacaran sama orang lain -_- resek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Kadang mereka gak jujur ya kalau emang mau pacaran sama yang lain. :D

      Hapus
  19. hahahahheihei asyik juga ya ceritanya. Setiap orang memang punya masa lalu. Bagi saya yang sudah berkeluarga dan punya anak dua, tidak ada sebutan mantan karena saya tidak pacaran hiehie. Namun demikian saya senang membaca artikel ini hiehiee. Salam dari blogger Pontianak

    BalasHapus
  20. Ya Allah ngakak baca tulisan mas Haris....

    Sekalipun ngk pernah punya mantan tapi bisa ngerasain nyeseknya menghadapi mantan :-D
    Aduh point ke delapan ada ust felix :-D

    Sukaa sama tulisannyaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih. :)

      Jangan sampai punya mantan deh.

      Hapus
  21. Duh bikin flash back nih. Beberapa pernah aku rasain. Yang no 5 terutama. itu nyesek, mantan jadi manten. Udah pernah aku rasain. yang no 4 juga, mantan jadi teman, yang ini nggak enak. Tapi pernah juga enggak enak karena cuma aku yang pengin jadi temen, dianya enggak. Buat yang no 11, huh dalem tuh. Keren dah tulisanmu.
    Hah jadi keinget mantan.

    BalasHapus
  22. Itu mantannya hilang diculik kali, sebagai mantan yang baik kita harus mencarinya dong. Siapa tau ketemu terus bisa balikkan lagi dan menikah lalu hidup bahagia selamanya -> drama banget.

    Kalau mantan hijrah ya ikutan hijrah juga dong terus taaruf lalu nikah dan hidup bahagia selamanya -> drama lagi.

    BalasHapus
  23. Kenapa harus mantan sih ? :(

    Gue ngga sreg sama foto quote mantannya. Tapi, paling suka yang poin 1. Mantan yang ngga jelas~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya quote mantan yang sangat subyektif. :D

      Hapus
  24. Poin 8 aku ngakak wkwkwkwkwk. Pertama baca bingung. Dua detik, baca ulang, baru nyadar.

    BalasHapus
  25. hahaha, LEMAH! senyum senyum meringus bacanyaa. setuju smua nih dgn cara menghadapinya. paling bingung dgn mantan yg menghilang smpai deskripsinya pun hilang.

    mantap mantap (y) haha

    BalasHapus
  26. mantan kurang belaian...

    ini adala salah satu mantan yang sering sms-sms kamu dengan kode kode yang alakazam kayak lagi kurang perhatian -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Widih keren juga kamu punya mantan begitu. Ganteng!

      Hapus
  27. NOMER sebelas.. gue digituin bang sama mantan gue. dan setelah baca postingan ini alhamdulilah gue mendapat pencerahan. gue langsung solad duha, tahajud dan solat istisqo. semoga lo masuk surga bang...

    BalasHapus
  28. duh, mantan. cara mengatasi mantan yang terakhir tuh cocok sambil dengerin lagu isyana saraswati yang keep being you. hahaha. mantan jadi teman itu kebanyakan cuma menjadi fantasi, meskipun emang bisa mantan jadi teman, tapi.... AH SUDAHLAH.

    BalasHapus
  29. mantan jadi ipar, nah itu suraaaaaam, cara mengatasinya.. pindah kewarganegaraan

    BalasHapus
  30. Apa sih mantan udah nggak penting buat di ceritain hahaha, pantang balikan sama mantan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balikan boleh saja kalau ada perlunya.

      Hapus
  31. Cari lubang lain ini ambigu sekali. Ya Allah pikiran gue kotor....

    Lubang wc maksudnya yang penuh dengan tokhaaay. :(

    Hm... yang nomor 10 cara menghadapinya seperti itu ya? Oh, okelah-okelah.

    BalasHapus
  32. Berpengalaman banget yah hahaha
    Kaya'a kebanyakan mantan jadi point 4 mantan menghilang
    Kalo udah jadi mantan pasti lost contact ntah menghilang kemana tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun mereka menghilang, saya masih bisa stalking kok.

      Hapus
  33. kampret hahaha, tau gitu gue bakal bilang masih enak jamanku toh ke mantan :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balikan gih! Biar mantan kamu yang bilang gitu. :D

      Hapus
  34. Point SEPULUH ngena! Tapi solusinya jangan gitu kek bang. bikin sedih aje haha . Salam kenal ya !

    BalasHapus
  35. Hahahah kok jd pengen ngakak inget mantan skrng baru kepikiran kok mau ye gua ama dia hahahah

    BalasHapus