Jumat, 05 Agustus 2016

Suicide Squad Indonesia

Suicide Squad adalah film DC Extended Universe yang menampilkan sekumpulan penjahat bertindak heroik dalam menjalankan sebuah misi bunuh diri. Kenapa disebut misi bunuh diri? Karena lawan mereka bukanlah manusia.



Karakter-karakter yang bermain di film antihero ini punya kemiripan dengan beberapa artis Youtube yang terkenal di Indonesia.



Rick Flag – Raditya Dika

Di Suicide Squad, Rick Flag adalah pemimpinnya. Begitu pula dengan Raditya Dika di dunia hiburan digital. Raditya Dika adalah pemimpin, dari segi angka subscribers, followers, maupun usia. Maksudnya usia berkarir di industri hiburan digital. Sejak merasa dirinya berpengaruh, Raditya Dika mulai membenahi gaya melucunya. Sekarang Raditya Dika lebih ‘clean’ dalam berkomedi. Dia tidak mau mengotori tangannya dengan menyinggung isu sensitif yang rentan menimbulkan kontroversi.

Jika Rick Flag mengajak para penjahat untuk menjalankan misinya, Raditya Dika merekrut selebriti-selebriti dunia maya untuk bermain dalam filmnya. Terbukti, dengan banyaknya pemain yang punya fanbase, Koala Kumal menjadi film terlaris yang pernah dibuatnya. Dengan kata lain, Raditya Dika cerdas mengetahui apa yang dimau penonton Indonesia... dan produsernya.


Deadshot – Laurentius Rando

Deadshot adalah penembak jitu. Dia menguasai segala jenis senjata tembak. Termasuk karet gelang bekas bungkus nasi. Tembakannya pun selalu tepat sasaran. Sewaktu ujian kenaikan kelas di sekolah, pasti Deadshot pernah nembak pilihan ganda yang dia tidak tahu jawabannya, tapi tebakannya ternyata benar. Apalagi cuma nembak SIM, itu sih urusan kecil.

Sebelum menjalankan misi, Deadshot pernah mendesak Rick Flag sebagai pemimpin pasukan untuk memberikan motivasi. Lalu apa hubungan Deadshot dengan Laurentius Rando?

Laurentius Rando adalah Youtubers yang selalu menjunjung tinggi motivasi di atas segalanya. Di setiap daily vlog, dia selalu mewanti-wanti penontonnya untuk tetap tersenyum dan termotivasi setiap hari, seperti dirinya. Bahkan, menurutnya, syarat pertama untuk menjadi Youtubers adalah motivasi, bukan kamera. Kalau udah ada motivasi, nggak punya kamera juga bisa bikin video. Kamera dari mana kek.

Dalam karirnya sebagai Yucuber, Rando pernah terganjal kasus #salahbeli gara-gara dia menjual barang pemberian fans. Dari situlah mulai muncul bukti-bukti yang merugikan Rando. Singkat kata, Rando is a bad guy. Tapi Rando tidak ambil pusing dengan kenyataaan tersebut dan kembali bikin daily vlog seakan tidak terjadi apa-apa. Salah satu bukti tentang keburukan perangai Rando yang tersebar di social media adalah capture chat Rando yang mengancam ingin meledakkan kepala mantan anak buahnya dengan pistol.

Cocok?


Harley Quinn – Awkarin

Cantik, tapi nakal. Itulah Harley Quinn. Dulunya Harley Quinn adalah seorang psikolog yang menangani Joker si badut yang sakit jiwa. Bukannya nyembuhin, Harley Quinn malah ikutan gila. Tapi, tak mengapa kehilangan kewarasan, setidaknya dia bisa mendapatkan cinta. Harley Quinn resmi pacaran dengan Joker, lalu menjadi raja dan ratu di Gotham City.

Dulu, Awkarin alias Karin Novilda adalah siswi cerdas yang lulus SMP dengan nilai UN tertinggi di kota Tanjungpinang. Cita-citanya pun tidak main-main, ingin menjadi dokter, seperti Susan, bonekanya Ria Enes. Tapi ternyata pergaulan Jakarta dan cinta anak SMA membuat Karin menjadi ‘dirinya sendiri’ dan melepaskan cita-citanya masuk Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Harley Quinn adalah refleksi dari sosok Awkarin di kehidupan nyata. Hidup hedonis dan tidak ragu untuk memamerkan kenakalannya ke khalayak ramai melalui video-video Youtube, foto-foto Instagram dan jawaban-jawaban ask.fm.  Awkarin berdalih, tidak mau menyembunyikan jati-dirinya. Awkarin tidak suka pencitraan, jadi dia ingin tampil apa-adanya.

Sama seperti Harley Quinn, Awkarin adalah sosok gadis yang tangguh dan kuat. Awkarin sudah mandiri secara finansial sejak umur 16 tahun. Jadi, untuk hura-hura, Awkarin nggak minta duit orangtua.


Captain Boomerang – Reza ‘Arap’ Oktovian

Captain Boomerang adalah perampok dari Australia yang pindah ke Amerika Serikat untuk mencari ketenaran dan kekayaan. Keahliannya sama seperti namanya, ahli melempar boomerang. Setiap boomerang yang dilemparkannya untuk menyerang musuh, akan kembali kepadanya. Dan Reza ‘Arap’ Oktovian si gamer ganteng idaman pun punya boomerang.

Reza tidak segan-segan mengeluarkan kata-kata kasar dan jorok dalam setiap video gaming-nya di Youtube. Itu semua dilakukannya karena dia benci pencitraan. Tapi ternyata kata-kata yang dilemparkannya menjadi boomerang bagi dirinya sendiri. Sempat muncul petisi dari netizen yang resah dengan mulut Reza, menuntut Reza untuk lebih bijak dalam berkata-kata. Hal ini dikarenakan penonton channel Youtube Reza juga ada anak sekolah yang pandai meniru.

Reza pernah nge-rap bareng teman-temannya yang Ganteng-Ganteng Swag. Verse Reza berisi pujian kepada dirinya sendiri. Dia bilang dia nakal tapi tampan. Aslinya, nggak tampan-tampan amat sih. Dia bilang dia didekati cewek-cewek di Instagram. Iya, akun online shop, kan? Dia bilang dia nggak punya sayap, tapi mirip malaikat. Malaikat mana yang mulutnya kayak penjahat?


El Diablo – Young Lex

Imut, botak, tattoan. Itulah kesamaan El Diablo dan Young Lex sang rapper dari segi fisik. Sewaktu diajak gabung Suicide Squad, Diablo mengaku bahwa dirinya bukanlah penjahat. Padahal dia sudah membunuh banyak orang dengan kekuatan apinya.

Di video Ganteng-Ganteng Swag, Young Lex mengaku sebagai penyelamat. Young Lex menganggap TV isinya hanya pembodohan. Jika dia menganggap dirinya penyelamat dan TV sumber kebodohan, maka isi channel dia sangatlah mendidik. Lebih mendidik dari TV, begitu? Nyatanya, di video tersebut ada adegan dewasa dan kata-kata kasar yang nggak pantas ditonton oleh anak SD. Mirisnya, video musiknya sudah di-cover berkali-kali oleh kumpulan bocah kemaren sore yang ingusnya masih bau kencur.


Killer Croc – Kemal Palevi

Killer Croc adalah manusia yang mengalami kemunduran evolusi sehingga membuat bentuk fisiknya seperti buaya. Sementara Kemal Palevi adalah komika yang mengalami kemunduran sense of humor sehingga kelakuannya seperti buaya darat.

Sejak membuat channel Youtube, Kemal berubah jadi sosok yang nakal. Dia meninggalkan citra anak Arab yang menjunjung tinggi adat ketimuran. Padahal persona tersebut sempat mengantarkannya menuju tiga besar panggung Stand Up Comedy Indonesia season 2.

Untuk mengisi konten Youtube, Kemal kerap membuat prank. Salah satu video prank yang bikin geram netizen adalah ketika Kemal menanyakan ukuran bra ke remaja putri yang masih pakai seragam sekolah. Sudah melakukan pelecehan seksual di ruang publik, kepada anak di bawah umur pula. Buaya banget.

Ada satu lagi prank yang menambah kesan buaya pada citra Kemal, ketika Kemal minta cium ke sembarang cewek yang ditemuinya di tempat umum. Bahkan di salah satu kesempatan, Kemal menjanjikan surga kepada cewek yang mau menciumnya. Sontak saja, bercandaan Kemal yang kurang pantas tersebut ditegur oleh seorang penonton cewek di kolom komentar Youtube.

Tapi apa tanggapan Kemal?

Kemal capture komentar bijak tersebut dan diupload ke Instagram untuk dibantai beramai-ramai bersama fansnya. Killer.


Slipknot – Aron Ashab

Slipknot adalah penjahat yang menemukan formula kimia yang membuat tali bisa sekuat baja. Jadi, dia bisa mendaki apapun. Termasuk daki leher. Tapi, sayang, porsinya di film Suicide Squad sangat minim. Slipknot diledakkan karena mencoba kabur dari Suicide Squad. Usaha kaburnya menjadi contoh bunuh diri sia-sia.

Aron Ashab pun pernah mencontohkan selfie ‘bunuh diri’. Dia pernah selfie bersama polisi yang batal menilangnya karena polisi kenal dengan Aron Ashab yang artis banget. Di caption, Aron mengaku nggak mau pakai helm karena takut jambulnya rusak. Pernyataan sok ganteng ini membuat netizen meradang.


Katana – Pao Pao

Mata sipit keduanya membuat hati serasa ditebas-tebas.

20 komentar:

  1. sa ae nih ngakal-ngakalin tokoh film sama para artis dunia maya.

    BalasHapus
  2. FIlm wajib tonton ini ..
    Gue kira-kira mirip siapa ya ?

    BalasHapus
  3. Kirain bakal ada Jokernya, Bang..

    BalasHapus
  4. Kemal Pahlevi memang buaya banget. Buaya darat. Bagusnya dikasih nama Killer Crot tuh dia, Bang. Huhuhuhu.

    Barusan gugling si Karen Fukuhara, yang meranin Katana. Dia manis. Kirain mukanya sangar gitu, sesangar pedang saktinya alias Soultaker-nya dia di Suicide Squad. Tapi ternyata enggak. Aaak. Mata sipitnya Katana ternyata jadi heart takernya-nya Bang Haris ya. :D

    BalasHapus
  5. Anjaaaay tepat semua haha. Kirain bakal muji2, taunya kritik/roasting terselubung. :))

    BalasHapus
  6. yg pertama tentang radityadika yg berusaha clean disetiap komedinya emang betul, kalo dulu sering bahas andika kangen band yg ganteng sama cinca lauraah.,, sekarang mungkin lebih ke patah hatinyaaaah,

    ya, dia emang tau yg namanya "peluang"

    BalasHapus
  7. Hem... Gue kok cuman bisa manggut-manggut ya, sama semua yang lo bahas bg.

    Hahaha. Geli aja, gitu. Bisa singkron sama Artis Digital masa kini.

    BalasHapus
  8. Bisa bangetlah abang ini, :D

    BalasHapus
  9. Killer Croc mah cocoknya yang gempal-gempal gitu dong. Kayak... hmmmm... Bang Fandi?

    BalasHapus
  10. Gue kira ini film batman hahaha.. gue bingung, kok bisa terkait yucuber semua bang,huahaha... randooo rando *eh

    BalasHapus
  11. Nggak tau ah yang namanya beginian.
    Taoi jadi youtuber gitu tajir-tajir ya. Pada bisa mandiri semua.

    BalasHapus
  12. Harley Quinn ke Awkarin cocok banget ya bang?

    Trus iya, itu Kemal kenapa sekarang suka bikin prank gak jelas sih? :(

    BalasHapus
  13. roasting macam apa ini, rando lagi hahaha

    BalasHapus
  14. yg pertama tentang radityadika yg berusaha clean disetiap komedinya emang betul, kalo dulu sering bahas andika kangen band yg ganteng sama cinca lauraah.,, sekarang mungkin lebih ke patah hatinyaaaah,

    ya, dia emang tau yg namanya "peluang

    BalasHapus
  15. MANTAP JIWA!! Gak ada yang meleset. Analisa tajam terpecaya.

    BalasHapus