Langsung ke konten utama

Inside One Piece Out

Saya membayangkan di kepala manusia ada kapal bajak lautnya. Lebih tepatnya Bajak Laut Topi Jerami yang dipimpin Monkey D. Luffy di komik One Piece. Seperti halnya animasi Inside Out, perubahan mood kita dipengaruhi oleh siapa yang memegang kemudi kapal.

Nomor di baju para karakter adalah urutan perekrutan via suzuran.deviantart.com


1. Luffy
Luffy adalah kapten Bajak Laut Topi Jerami yang berambisi menjadi raja bajak laut. Walaupun bodoh, dia dapat diandalkan. Ketegasannya sebagai pemimpin akan muncul ketika krunya dalam bahaya. Dia bisa memanajemen amarah menjadi sumber kekuatan.

Luffy memegang kemudi di kepala kita ketika merasa senang, ceria dan bersemangat. Luffy juga yang mendalangi kita ketika melakukan hal-hal bodoh bersama teman-teman sepermainan. Tapi Luffy bisa membuat kita sangat marah ketika melihat kezhaliman.

2. Zorro
Zorro adalah pendekar pedang yang selalu ingin menjadi lebih kuat dari hari sebelumnya. Di satu sisi, dia pemalas yang hobi tidur siang. Tapi di lain waktu, dia sangat gigih dalam melatih tubuhnya agar lebih tangguh dan tak terkalahkan. Ketika menemukan lawan yang lebih kuat darinya, dia akan berjuang hingga akhir. Kelemahannya: buta arah sehingga sering nyasar.

Zorro memegang kemudi ketika kita hanya ingin bermalas-malasan dan tidur sepanjang waktu. Tapi Zorro jugalah yang membuat kita menjadi kompetitif dan pantang menyerah. Ketika tersesat di jalan, salahkan Zorro!

3. Nami
Nami bertugas sebagai navigator. Tipe wanita cantik yang pelit dan galak. Mungkin dia PMS tiap hari. Trauma masa lalu yang dideritanya membuat Nami menjadi cewek mata duitan.

Nami membuat kita bersemangat mencari nafkah. Dia tahu betul dimana letak harta-benda dan keduniawian lainnya berada. Sebab dialah penunjuk arahnya. Dialah yang membawa kapal dalam kepala kita menuju sumber dana segar. Dia jugalah yang bertugas mengerem pengeluaran bulanan kita. Dia yang membuat seseorang menjadi cerewet tentang pentingnya gerakan penghematan.

4. Usopp
Penembak jitu yang penuh rasa pesimis. Di berbagai kesempatan, dia bakal sesumbar tentang betapa hebatnya dia. Dia tidak ragu untuk mengarang cerita bohong untuk membuat orang lain kagum terhadapnya. Anehnya, cerita karangannya sering menjadi kenyataan.

Usopp berperan ketika seseorang merasa pesimis. Dialah yang membuat kita merasa tidak bisa mendapatkan apa yang kita inginkan. Tapi di lain waktu, dialah yang membuat kita merasa perlu dipuji oleh orang lain. Dialah yang membuat kita menjadi tinggi hati.

5. Sanji
Koki kapal yang mata keranjang. Setiap melihat gadis cantik, matanya langsung jelalatan. Tapi dia memiliki jiwa ksatria dimana dia tidak ingin menyakiti seorang wanita. Sanji identik dengan rokok yang nggak pernah lepas dari bibirnya.

Sanji mengarahkan kapal dalam kepala lelaki menuju destinasi yang banyak dihuni gadis-gadis cantik jelita yang masih ranum. Sanji adalah simbol dari hawa nafsu seorang manusia. Ketika seseorang tiba-tiba pengen ngerokok, berarti Sanji sedang ambil alih kemudi sambil bertanya, "Ada yang punya korek, nggak, ya? Mulut udah asem nih."

6. Chopper
Dokter imut berbentuk rusa kutub berhidung biru. Wataknya seperti anak kecil; cengeng, penakut dan gampang takjub. Dia paling nggak kuat terhadapan sanjungan. Baginya, pujian adalah teror. Setiap dipuji, dia bakal malu dan salah tingkah. Tapi ketika marah, dia bisa berubah menjadi monster dan menghancurkan segala yang ada di depan hidung mungilnya.

Chopper menggiring kapal dalam kepala kita menuju tempat-tempat yang membangkitkan nostalgia akan indahnya masa kecil. Chopper jugalah yang membuat kita menjadi childish; cengeng, penakut, pemalu, dan antusias dengan kehebohan-kehebohan kecil. Tapi dia turut andil ketika amarah kita meledak-ledak.

7. Robin
Ahli arkeolog yang kalem. Pembawaannya tenang dan teduh. Dia menyimpan banyak misteri. Tapi dia sendiri sangat tertarik dengan misteri. Rasa penasarannya tinggi. Dia selalu merasa dahaga akan ilmu pengetahuan dan kebenaran sebuah sejarah. Dia bahkan sudah mendapat gelar sarjana sejak usia dini.

Robin membuat seseorang mengungkit-ungkit masa lalu. Dia mewakili rasa penasaran umat manusia. Ketika kita menutup diri, Robinlah yang membuatnya begitu. Robin menggiring kapal menuju arus yang tenang ketika ingin menikmati waktu sendiri alias "me time". Robin jugalah yang membuat kita kalem.

8. Franky
Cyborg yang mengisi posisi mekanik kapal. Dia selalu merasa super. Percaya dirinya tinggi, tapi dia sangat melankolis. Kadang dia bisa sangat terharu sampai mengocorkan banyak air mata ketika mendengar cerita sedih yang nggak sedih-sedih amat.

Franky membuat seseorang merasa super setiap minggunya. Dia membuat kita percaya diri dan merasa keren. Tapi dia jugalah yang membuat seseorang merasa sedih.

9. Brook
Tengkorak hidup yang pandai memainkan alat musik. Kadang dia tidak sadar dirinya adalah seonggok tengkorak hidup. Sama seperti anggota Bajak Laut Topi Jerami lainnya, Brook punya latar belakang masa lalu yang kelam. Di kehidupan kedua, dia dirundung kesepian karena teman-temannya sudah mendahuluinya ke alam baka. Dia bertahan hidup untuk menepati sebuah janji yang pernah diucapkannya kepada seorang sahabat yang masih menunggunya.

Tentulah Brook yang membuat seseorang nggak sadar diri. Di waktu tertentu, Brook membawa kita menuju sudut gelap dunia untuk menikmati masa-masa sepinya kesendirian, lalu menyanyikan lagu bertema kerinduan. Tapi Brook jugalah yang membuat kita memegang erat sebuah janji. Brook mengajarkan kita tentang kesetia-kawanan.

Komentar

  1. ya betul nami membuat kita bersemangat
    nami
    i love youuuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya lebih suka dengan Robin.
      Robin, I love you!

      Hapus
    2. saya lebih suka dengan Boa Hancock.
      Hancock, I Love You!

      Hapus
    3. saya lebih suka dengan Nefertari Vivi.
      Vivi, I Love You!

      Hapus
    4. saya lebih suka dengan Ivankov.
      Iva-Cwaannnnn

      Hapus
    5. Ikutan juga akh
      Boa Hancock Orewa Suki

      Hapus
    6. Saya lebih suka Bang Jep
      Bang Jep I love youu

      Hapus
    7. Ternyata Boa Hancock mantep banget ya.

      Tapi Bang Jep juga keren. Karena karakter di buku saya. Hehehe.

      Hapus
  2. Robin, brook dan luffy. 3 pengendali otak saya yang utama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya; Luffy, Brook dan Robin. Sama aja ya? Haha.

      Hapus
  3. widih gue pengen banget kaya robin deh... terus selalu ngakak sama tingkah laku nya brook yg berlaku seperti manusia pdhl diri sendiri nya tengkorak ;)

    BalasHapus
  4. Gue curiga si Nami nih mantan ibu kos. Karakternya menjiwai banget :"v

    BalasHapus
  5. Baca judul postingan ini jadi inget sama tagline iklan minuman isotonik yang, "Healthy inside, fresh outside."

    Robin itu aku banget deh kayaknya, Bang Har. Tapi aku juga kayak Nami sih. Kalau akhir bulan. Wow. Kepribadianku ganda gini ya. Yuhuuu~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan kamu emang punya alter-ego. Saya suka alter-ego kamu yang cool itu, Cha. Hahahaha.

      Hapus
  6. robin sih yang nyerangnya gimana sih? yang nyilangin tangannya di depan terus keluar tangan-tangan banyak di musuhnya yaa kayak lagi digerayangin gitu?

    Ya Allah...
    DIGERAYANGIN!!

    wkwkwkw...
    enak kali yaa punya bini kayak robin, eaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak, Yu. Makanya cobain. Kayak dipijit sepuluh tangan.

      Hapus
  7. Goookkiiilll bang, sampe kepikiran gini. Aku juga suka OP, dan karakter yang aku suka Usopp. Mungkin karena kita memiliki banyak kesamaan. Dan sepertinya yang menguasai kepalaku ini Usopp bang.

    BalasHapus
  8. Char favorit gue kalo di SHP mungkin sanji .. suka aja dengan prinsipnya memperlakukan lady walaupun agak mesum..
    Dan bagusnya di 2016 ini oda bilang kalo akan jadi tahunnya Sanji .. wihhh makin excited aja nih ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah! Saya bacanya baru nyampe Marineford.

      Hapus
  9. Haha aku taunya ucma luffy sama Nami
    udah

    BalasHapus
  10. Wah Otak lengkap rasanya kalau merekas semua ada di dalamnya... hahayyy... Apalagi robin dengan kekuatannya.... haha

    BalasHapus
  11. Njir. Kepikiran aja bikin tulisan ini. Mantaaaaaps, Ris. :D

    Btw, banyak juga ya yang mirip sama pribadi gue. Paling mirip, sih, yang cowok-cowoknya. Luffy iya. Zorro apalagi (ketahuan gue sering nyasar), Sanji (rada mesum kalo di tulisan), Franky (gue juga kadang melankolis). :D

    BalasHapus
  12. Paling suka sama kepribadiannya Nico Robin selain haus akan ilmu pengetahuan, tenang dalam bertindak, dia juga punya perilaku yang elegant, anggun dan lemah lembut, ya walaupun kadang bisa kejam sama musuh (matahin tulang mereka). Hahah:'v

    BalasHapus
  13. Seru kaya'a punya sifat kaya Robin, suka ngungkit-ngungkit masalalu seseorang. apalagi ngungkit-ngungkit masalalu orang yang sedang move-on Huahahha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa lalu pacar baru diungkit juga. :(

      Hapus
  14. Kalau saya suka sama si chopper gan, imut imut kayak marmut apalagi kalau dipuji sukanya malu-malu tapi merasa bangga banget :D

    Satu lagi saya suka sama sanji, walau kadang mesumnya gak kekira, tapi prinsipnya neglindungi wanita patut diacungi jempol, satu kutipan yang paling keren menurut saya tuh "Adalah tugas seorang pria memaafkan semua kesalahan wanita"

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi untuk yang mirip ke saya kayaknya lebih condong ke robin aja, hehehe
      gimana gitu kayaknya seru buka aib orang #ehhh

      Hapus
    2. Kayak presenter gosip ye, buka aib orang. :D

      Hapus
  15. gue paling semangat klo ada nami..
    bentuk aslinya nami kayak mana ya bang? *sambil bayangin.. :D
    salam blogger aja bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah sering bayangin aslinya Robin. Duh.

      Hapus
  16. ga ngerti lagi sama illustrator anime ini ,,
    karakternya benar benar berkarakter ..

    BalasHapus
  17. ga ngerti lagi sama illustrator anime ini ,,
    karakternya benar benar berkarakter ..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Peran di Game Werewolf Telegram

7 Peran Baru di Game Werewolf Telegram

Raditya Dika’s Book: Pakai atau Tanpa Hati, Tetap Komedi Hewani

25 Komik Doraemon Petualangan

A: Aku, Rafathar & Negara

Ngenest: Kadang Hidup Perlu Dibawa Santai

11 Macam Mantan dan Cara Menghadapinya