Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.
Film Milly & Mamet seperti
sebuah perayaan bagi manusia-manusia medioker. Di film 'Ada Apa dengan Cinta?',
karakter Milly digambarkan lemot dan hanya jadi badut di Geng Cinta. Sedangkan Mamet
ditampilkan sebagai cowok culun yang berani-beraninya cinta dengan Cinta,
akibatnya hanya dianggap lelucon. Kini keduanya dapat spotlight, berkat sang
sutradara Ernest Prakasa yang dipercaya Miles Films untuk melanjutkan waralaba
AADC.
Courtesy of 21 Cineplex |
Pemilihan Ernest di kursi
sutradara mungkin dilihat dari rekam jejaknya. Ernest sudah dua kali membuat
film yang mayoritas pemerannya dari etnis minoritas (baca: Tionghoa), yakni 'Ngenest'
dan 'Cek Toko Sebelah'. Namun, dua-duanya bisa disukai oleh banyak orang, tak
hanya dari golongannya. Golongan kami pun suka dan tertawa menontonnya. Maka, dengan
keahliannya itu Ernest dirasa bisa membuat tokoh Milly & Mamet menjadi layak
dicintai penonton.
Rangga yang diperankan
Nicholas Saputra sudah biasa jadi karakter utama. Cinta yang dimainkan oleh Dian Sastrowardoyo
pun demikian. Kualitas yang dimiliki mereka menjadikan wajar keduanya dapat peran utama. Nah, Dennis Adhiswara di balik tokoh
Mamet menawarkan alternatif karakteristik untuk bisa dicintai: kejujuran dan
kebaikan hati. Sissy Priscillia menunjukkan sisi lain seorang perempuan: yang
lain cari cowok ganteng, dia cari cowok baik.
Sebagai penulis skenario, suami
istri Ernest dan Meira bisa membangun karakter Milly ke level berikutnya. Dalam
sebuah adegan, Milly bercerita tentang bisnis konveksi ayahnya yang mau ekspansi.
Lalu, tokoh antagonis bernama James (Yoshi Sudarso si Power Ranger Biru) mendebat,
"Bukannya lebih efisien beli barang jadinya dari Cina? "
Milly menyanggah, "Kita
kan juga perlu menyerap tenaga kerja lokal."
Wow. Milly yang selama ini paling
oneng di Geng Cinta, nyatanya telah tumbuh menjadi pribadi brilian nan baik
hati. Seperti Rieke Diah Pitaloka, Milly berpihak kepada wong cilik. Baginya,
membangun usaha tak melulu tentang efisiensi biaya dan mendongrak laba, tapi
juga membantu pemerintah dalam membuka lapangan pekerjaan. Sudah sepantasnya
Milly diangkat jadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi.
Selain isu produk Cina,
Ernest juga mengangkat praktik money laundry para koruptor. Ditengarai
bisnisnya dibiayai oleh uang haram, Mamet cari tahu kebenarannya. Setelah terkonfirmasi,
Mamet tak segan-segan meninggalkan usaha yang telah lama diimpikannya. Sebuah
keputusan ksatria nan idealis. Untuk mewujudkan mimpi, Mamet tetap memilih
jalan yang benar dan mengusahakan tangannya tetap bersih. Mamet tidak mau jadi chef di Lapas Sukamiskin.
Dari sini figur Milly &
Mamet terasa lebih cocok dijadikan teladan daripada Cinta & Rangga. Tema spin-off
Milly & Mamet lebih berat tapi tulus ketimbang AADC2 yang hanya berfokus
pada 'Trik & Tips Merebut Mantan dari Tunangannya'. Film keempat Ernest ini
masih mempertahankan ciri khasnya dalam komposisi cast disesaki oleh stand up
comedian yang melawak bergiliran. Aneh nggak sih di sebuah dunia yang jadi set
cerita, orang-orangnya 'gila' semua? Mungkin sudah waktunya Ernest bikin sitkom
'Kampung Komika'.
Sudah empat tahun
berturut-turut, secara konsisten Ernest merilis filmnya di akhir tahun. Coba kalau
ditayangkan bersamaan dengan filmnya Hanum Rais, bisa-bisa tagline filmnya yang
semula 'Ini Bukan Cinta & Rangga' diubah jadi 'Ini Bukan Hanum &
Rangga'. Apalagi Milli & Nathan.
Melihat kepiawaian Ernest men-direct
semesta AADC, Mira Lesmana mungkin bisa kembali merelakan filmnya yang lain
untuk dieksplorasi. Misalnya, Petualangan Sherina. Setelah 20 tahun, sekuelnya dibuat
dan disutradarai oleh Ernest. Kembali mengusung tema perjuangan karakter
medioker, yang menjadi tokoh utama adalah Sherina dan Faris.
Faris adalah peran kecil
yang gunanya di film hanya sebagai korban bully Sadam. Keberadaan Faris hanya untuk memberi tahu penonton bahwa Derby Romero itu tengil sejak kecil. Gara-gara dijahili Sadam CS, Faris pernah sampai harus naik lemari
dan jongkok di sebelah globe. Ketika dewasa, Faris jadi trauma dengan bumi bentuk globe dan akhirnya percaya bumi datar.
Komentar
Posting Komentar