Langsung ke konten utama

Lebih Baik Sakit Gigi daripada Terjebak Toxic Relationship

Sakit gigi itu ibarat seseorang yang terjebak dalam toxic relationship. Mau cabut, takut (karena masih butuh). Dibiarkan, kok sakit? Solusinya, sakit gigi dan toxic relationship itu harus diobati. Kalau masih nggak sembuh juga terpaksa dilepaskan.

Mengenai toxic relationship ini, kita bisa memahaminya dari konflik film Child's Play.

Pada poster promo film Child's Play, tampak mainan-mainan Andy 'Toy Story' seolah telah dirusak oleh seseorang. Topi koboi Woody berdarah, helm Buzz Lightyear pecah, dan perut Hamm si celengan babi juga mengeluarkan receh. Hadeh. Ini siapa sih yang tega merusak mainan-mainan Andy yang lucu dan menggemaskan itu!?

Pelakunya tentu saja adalah si jagal Chucky. Awalnya, saya pikir, Chucky hanya numpang tenar dengan Woody dkk. Dasar boneka panjat sosial! Namun, setelah nonton filmnya, saya menangkap pesan terselubung.

Ternyata, pansos Chucky tidak hanya di poster saja. Filmnya pun masih berkaitan dengan referensi Toy Story. Tokoh utama di Child's Play dinamakan Andy. Ya, nama yang sama dengan nama anak di Toy Story. Padahal bisa pakai nama lain, seperti Iwan atau Eko. Kenapa harus Andy? Tentu saja ada maksud lain dari penamaan tokoh Andy ini.

Child's Play seakan ingin menyampaikan pesan bahwa tidak semua Andy punya masa kecil bahagia seperti Andy di Toy Story: hidup berkecukupan, punya keluarga yang menyenangkan, koleksi mainan berlimpah, dan pendidikan layak sampai kesempatan mengenyam bangku kuliah.

Di dunia ini, ada Andy lain yang nasibnya kurang beruntung. Contohnya, Andy di film Child's Play yang dapat kado berupa mainan retur. Hasil mengutil ibunya di tempat kerja.

Di saat Andy di Toy Story dapat mainan keluaran terbaru seperti Buzz Lightyear di hari ulang tahunnya, Andy di Child's Play harus puas dengan boneka rusak. Di kemudian hari, fiturnya yang malfungsi bisa membahayakan nyawanya dan orang-orang di sekitarnya.

Andy adalah anak tunggal dari orang tua tunggal. Dia hidup di lingkungan yang tidak baik bin toxic. Ibunya berkencan dengan seorang lelaki hidung belang yang kerap berlaku kasar terhadap Andy. Andy adalah tipikal anak yang kalau sendirian di sudut kamar, bisa menangis sambil memutar lagu 'Diary Depresiku' dari Last Child.

Makna semiotika dari poster Chucky menghancurkan mainan Toy Story adalah realita yang tak seindah film keluarga keluaran Disney Pixar. Setelah menonton Toy Story, lalu lanjut nonton Child's Play, bisa membuat penonton merasa miris. Child's Play tak hanya menghancurkan kenangan masa kecil tentang mainan, tapi menyuguhkan sisi gelap dari dunia anak.

Tidak setiap anak berkesempatan hidup di lingkungan yang baik. Ada anak yang kehilangan figur ayah dan ibu dalam masa pertumbuhannya. Menerima kekerasan dari orang dewasa. Bergaul dengan teman-teman yang menjerumuskan kepada kenakalan remaja. Lalu mendapatkan input yang salah, misalnya tontonan yang mengandung kekerasan. Ditambah bertemu boneka Chucky yang dapat mengabulkan segala niat jahat.

Child's Play edisi terbaru ini berbeda dengan versi lamanya. Pada model lawas, boneka Chucky kesurupan arwah pembunuh berantai sehingga menjadikannya jahat.

Chucky kekinian adalah boneka canggih yang dimotori kecerdasan buatan dari algoritma rumit. Antagonis di sini adalah kemajuan teknologi. Jadilah film bergenre horor cabang slasher dengan imbuhan cyberpunk.

Ide yang sama pernah digunakan oleh serial antologi Netflix Black Mirror melalui episode "Rachel, Jack and Ashley Too". Episode itu menceritakan seorang biduan tersohor bernama Ashley yang dibuatkan boneka tiruan dengan kecerdasan buatan. Dinamakan Ashley Too.

Boneka Ashley Too diisi suaranya oleh Miley Cyrus yang berperan sebagai Hannah Montana Ashley. Sementara boneka Chucky di-dubbing oleh Mark Hamill sang pemeran Luke Skywalker di film Star Wars. Chucky pun awalnya dinamakan Han Solo, tetapi malah minta dipanggil Chucky. Jauh banget ya, dari Han Solo ke Chucky?

Dari sekian banyak boneka bernama Buddi yang diproduksi oleh perusahaan Kaslan, Chucky adalah anomali. Chucky mengalami cacat produksi. Matanya pun bisa berubah merah kayak orang marah.

Awalnya, Andy senang punya Chucky sebagai teman main dan bisa diajak curhat. Namun, lambat laun, Chucky menunjukkan kejanggalan. Puncaknya, saat Chucky mencekik kocheng oren peliharaan Andy. Sampai akhirnya, Andy takut dan menjauhi Chucky. Chucky pun disimpan di lemari.

Sama seperti Woody, Chucky merasa diabaikan ketika tidak diajak main. Woody yang posesif itu belum ada apa-apanya dengan kadar racun yang dimiliki Chucky.

Untung saja, Woody ikhlas terima nasib sebagai mainan yang terbuang. Makanya, Bonnie baik-baik aja. Pun Andy bisa melanjutkan kuliah dengan tenang. Nggak kebayang gimana ceritanya kalau Woody mengikuti jejak Chucky.

Sementara pertemanan Andy dan Chucky adalah contoh toxic relationship. Chucky tidak mampu berkompromi dengan rasa cemburu dan pengabaian. Apalagi diajak rekonsiliasi. Maka, Chucky berniat membunuh semua orang di sekitar Andy. Sehingga nantinya Andy hanya punya satu teman, yaitu Chucky.

Semua kekacauan itu bisa terjadi karena seorang buruh pabrik boneka yang sakit hati setelah dipecat oleh atasannya yang semena-mena. Inilah sampel kelas pekerja memberontak kepada pemilik modal. Dengan sengaja, ia menghapus sistem keamanan pada perangkat lunak boneka Buddi yang nantinya menjadi Chucky. Bagaikan virus, Chucky menyebarkan kejahatan ke semua sistem produk-produk Kaslan secara daring untuk meneror orang satu kota.

Bayangkan, demo seorang buruh pabrik di Vietnam bisa mengirim petaka ke negara kapitalis Amerika Serikat. Bagaikan efek kupu-kupu yang dapat mengakibatkan badai di belahan dunia lain. Seorang buruh yang 'terbunuh' karena tekanan kerja, bisa mengakibatkan pembunuhan berantai di negara asal perusahaan tersebut.

Hubungan yang tak sehat memang seberbahaya itu. Lebih baik sakit gigi daripada terjebak dalam toxic relationship.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Peran di Game Werewolf Telegram

Raja Ampat, Destinasi Wisata Impian di Papua

5 Tipe Cewek yang Tidak Disukai Cowok

10 Cara Kaya di Usia Muda

25 Komik Doraemon Petualangan

Tulisan yang Enaknya Dibaca Ketika Kamu Ulang Tahun

7 Peran Baru di Game Werewolf Telegram