Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

Ini Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar (Soalnya yang Berputar itu Kipas Angin)

Setelah pindah domisili ke Jakarta, otomatis rumah saya di Cilegon kosong. Dibilang sayang ya memang sayang. Mengingat, saya dan istri sudah banyak berinvestasi untuk rumah pertama kami tersebut. 

Dari mulai renovasi dapur, beli perabotan rumah tangga pakai uang amplop nikahan, sampai pasang kanopi yang harganya mahal banget. Bahkan saya sudah bayar iuran sampah dan keamanan lingkungan sampai tahun depan.

Namun, panggilan petualangan tidak bisa diabaikan. Saya harus merantau ke ibukota demi cita-cita. Selamat tinggal, Kota B Aja!

Kini, saya tinggal di unit apartemen berdua istri. Sebagai gantinya, saya meminta adik saya dan istrinya untuk menempati rumah kami di Cilegon.

Di hari pertama menempati rumah kami, adik ipar saya bertanya kepada istri saya, “Teh, mesin cucinya tidak bisa berputar ya?”

Saya dan istri memang jarang menggunakan mesin cuci. Namun, terakhir digunakan mesin cucinya berfungsi normal kok. Ah, apakah mesin cucinya ngambek karena nggak pernah digoyang?

Lalu adik ipar mengirim video mesin cuci yang tidak berfungsi. Tampak saklar stop kontak belum dinyalakan. Ini memang tricky sih. Kami sengaja pakai stop kontak dengan saklar, supaya tidak perlu repot-repot cabut colokan kabel setiap selesai pakai mesin cuci. Jadi, kalau mau menghidupkan atau mematikan mesin cuci, tinggal mainin saklar aja.

Lalu istri saya memberi tahu adik ipar untuk menyalakan saklar pada stop kontak. Setelahnya, barulah adik ipar mengabarkan bahwa mesin cucinya sudah berfungsi. Alhamdulillah.

Nah, ini alasan penyebab mesin cuci tidak berputar. Selain itu, ada beberapa penyebab lainnya. Salah satunya, kebanyakan muatan.

sumber: pixabay.com

Kalau kamu memasukkan banyak pakaian kotor ke dalam mesin cuci sampai penuh banget, mesin cuci bisa ngambek. Ketika mesin cuci merasa beban kerjanya berat (overwork), dia bakalan mogok kerja. Sebab tabung jadi macet, akhirnya mesin nggak bergerak.

Alasan lainnya, mesin dinamo rusak. Tidak cuma mini 4wd merk tamiya, mesin cuci juga digerakkan oleh benda ajaib nan penting yang dinamakan dinamo. Ketika kabel putus, tali dinamo longgar, dan as yang kotor, mesin tidak bisa bergerak.

Selain itu, ada juga penyebab yang paling utama: belum beli token atau KWH meter listrik disegel karena menunggak bayar tagihan PLN. 

Setelah tahu penyebabnya, kita bisa cari solusinya: panggil tukang service AC. Biasanya mamang AC juga bisa reparasi mesin cuci, tapi kalau benerin TV belum tentu bisa. Alasannya, dia harus masuk ke industri pertelevisian dulu, meniti karier sampai level produser, baru deh bisa memperbaiki kualitas tayangan yang disiarkan oleh televisi.

Padahal maksudnya benerin pesawat televisi yang rusak loh, bukan benerin program televisi swasta yang nggak bermutu. Capek banget kayaknya teknisi barang elektronik rumah tangga harus belajar broadcasting juga. 

Kembali lagi ke mesin cuci rusak. Sebelum memutuskan panggil tukang service, kamu juga bisa coba-coba benerin sendiri. Nah, kalau udah nyerah, baru deh minta pertolongan tukang service.

Kalau masalah mesin cuci kebanyakan muatan, ini nggak perlu panggil tukang service. Kamu cukup kurangi muatan, ambil beberapa pakaian kotor. Kalau perlu, nyucinya dibagi jadi dua batch ya.

Lanjut ke masalah selanjutnya, mesin dinamo rusak. Kalau kabel dinamo putus karena digigit tikus, ganti kabel listrik dinamo dengan yang baru supaya bisa mengalirkan daya listrik. Kalau disuruh ganti baru, ujung-ujungnya memang butuh aliran dana.

Nah, itulah penyebab mesin cuci tidak berputar beserta solusinya. Semoga tercerahkan ya!

Komentar