Langsung ke konten utama

Tulisan yang Enaknya Dibaca Ketika Kamu Ulang Tahun

sumber: Google

Entah apa yang dipikirkan orangtua saya ketika melahirkan saya.

"Hah? Anak kita hanya sebesar centong nasi?" Mungkin begitu teriakan mereka di kamar persalinan.

Tapi, biar bagaimanapun, ketika seorang bayi dilahirkan, bersamaan dengan ari-ari yang dikubur di halaman belakang rumah, ada harapan yang ditumbuhkan di hati kedua orangtuanya. Ya, manusia lahir dengan membawa harapan.

Ngomongin lahiran, saya sempat ditanya teman di grup WhatsApp. "Kak Haris, ulang tahunnya kapan?" tanyanya.

Saya jawab, "Di tanggal 13 setiap bulannya, saya merayakan ulang tahun."

Teman saya nyeletuk, "Jadi, tiap bulan dilahirkan."

Saya jawab lagi, "Iya, saya dilahirinnya nyicil. Bulan Januari, kepalanya dulu. Bulan Februari, badannya. Bulan Maret, menyusul tangannya. Begitu seterusnya setiap bulan. Sampai semua anggota tubuh dilahirin, terus dikumpulin dan disusun sama dukun beranaknya."

Ngomongin ulang tahun, saya selalu iri dengan Harry Potter. Di novelnya, tiap bocah dengan pitak petir di jidat itu ulang tahun selalu dikirimi kado dari teman-temannya pakai pos burung hantu. Wah, enak banget ya jadi Harry Potter. Tiap tahunnya dia sibuk buka bungkusan yang isinya ajaib-ajaib.

Sebenarnya, kado ulang tahun yang paling berkesan adalah ulang tahun itu sendiri. Ya, kado yang langsung dikirimkan dari langit oleh Sang Pencipta. Adalah kado bernama waktu yang dihadiahi-Nya. Waktu tambahan yang bisa kita gunakan untuk mewujudkan harapan yang ditanam di hati orangtua ketika ari-ari kita dikubur di halaman belakang rumah.

Ketika ulang tahun, kita juga seakan diberi kesempatan merasa dilahirkan sekali lagi.

Nah, buat kamu yang sedang berulang-tahun, selamat membuka bingkisan dari Sang Pencipta. Buka perlahan, dan silakan terkejut.

Komentar

  1. Selain dari tuhan, hadiah ulang tahun lain yang buat terkesan adalah 'diucapin sama google'. Haks...

    Jomblo mah gitu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah, cukup, Wahyu. Jangan bikin saya iba.

      Eh, tumben, komen kamu gak dihapus. Hahaha.

      Hapus
    2. hah~
      eh, iya bener, biasanya ada aja yang dihapus tu anak. haha

      Hapus
    3. Sinyal pagi ini masih bagus... Nggak kayak ingus yang naik turun :v

      Hapus
    4. Iya nih, tumben komentar Wahyu ga ada "..telah dihapus.."

      Hapus
  2. selamat ulang tahun, Google. :D

    BalasHapus
  3. Semakin hari, semakin bertambah juga umur kita, maka kita harus memanfaatkan hidup ini dengan hal-hal yang positif ;). Btw salam kenal ya bang! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul. Seratus. Salam kenal juga, Afif. :D

      Hapus
  4. Saya juga ngiri sama Harry Potter. Kenapa dia makin hari makin ganteng? *eh
    Saya mah kalo ulang tahun, langsung ngechat. Ngechat simsimi biar diucapin. Saya mah gitu orangnya haha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih, Ari. Kamu jangan bikin saya sedih dong.

      Hapus
  5. Harusnya saya baca ini pas 25 Juli nanti, biar kerasa gitu. #eh

    BalasHapus
  6. semoga, yang pada komen disini, ari-arinya dikubur. bukan di gantung, apalagi di jadiin pajangan.
    dan yang ulang tahun sekarang, semoga makin + dari tahun kemarin.
    dan buat singel, cepet punya pasangan. sip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kayaknya bukan doa buat yang lagi ulang tahun. Tapi buat diri sendiri. Iya gak, Erdi? :D

      Hapus
    2. eh, engga, itu, anu emm

      Hapus
  7. Iya. Waktu merupakan kado yang paling indah. Tapi kalo ada yang mau ngasih kado gadget, kue atau action figure, ulang tahunku jaid lebih indah. xD *ngarep*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi barang-barang itu semua jadi tak berguna jika kamu tak punya waktu. Beuh.

      Hapus
  8. Kado yg palung indah itu kado yang di berikan oleh seseorang yg spesial :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. maunya sih bukan dari ayah ibu. maunya dari cemceman, hahaha...

      Hapus
  9. dilahirin setiap bulan, nyicil, absurd tulisannya. Makin ke bawah, makin seru. Ada di berita bahwa populasi burung hantu semakin menurun, mungkin fans Harry Potter pada mau kirim kado lewat media burung hantu. Kado ulang tahun adalah ulang tahun itu sendiri. Tumben ending tulisannya keren, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kamu juga keren. Makasih. ;)

      Hapus
  10. Gak mungkinlah pas anaknya lahir ortunya bilang ank kita sebesar centong nasi -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Kamu migrain gak, Dara? Mumpung ada yang sedia obatnya.

      Hapus
    2. Wkwkwk. Ngeliat nama akun-nya malah makin migrain, bang :D

      Hapus
  11. sebenarnya lu ini tamiya rakitan bukan sih haha lahirnya dicicil dulu gitu.
    Btw gue kalo ulang tahun kado terindahnya paling bisa ulang tahun di tahun tersebut. gitu sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya manusia, tapi hatinya kilikan kayak dinamo.

      Hapus
  12. Balasan
    1. Aku yakin dia nggak akan ngaku. Bikin akta lahirnya aja juga nyicil, ampe sekarang belum jadi.

      Hapus
    2. wkwkw, kocak bacanya, gokil mas Luqman komentarnya :)

      Hapus
    3. Om Luqman parah ih, masa bikin akta lahir disamain kayak beli panci. Bisa di-kredit :/

      Hapus
  13. Haha. Kocak yang centong nasi.
    Baca yang ulang tahun tanggal 13 setiap bulannya, kenapa aku jadi ingat anak-anak SMP yang pacaran trus ngerayain anniv-anniv an ya? Maksudnya, sebulan sekali dianggap anniv, padahal anniv itu setahun sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya. Mereka jadiannya setiap bulan, kali. Nembaknya dicicil.

      Hapus
  14. itu yang lahirannya nyicil kampret banget yaak .. kakinya januari, kepalanya desember.. januari tahun depan umur kakinya udah setahun, kepalanya baru sebulan, jadi enggak pas kalo disambungin :D

    ulang tahun itu sama kayak ngulang lahir kembali, iya.. yang sendiri tetep aja sendiri. yang gak sendiri, nge-bully yang sendiri. Ah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komen kamu juga kampret, Dotz. Saya kan jadi kepikiran sama orang yang kepalanya lebih muda daripada kakinya. :D

      Hapus
  15. Walaupu terkadang harapannya juga nggak sesuai. Namanya juga kehidupan.
    Kalimat yang terakhir udah kayak kata-kata tausiahnya Mamah "Dedeh".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di blog ini, adanya Mamah Dadah. :D

      Hapus
  16. selamta ulang taun ya,selamat membuka bingkisan dari sang pencipta :D

    BalasHapus
  17. Ada gitu lahir nyusul pertama lahir kepala, terus bulan depan mata bulan depannya lagi idung dan seterusnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada sih. Itu cuma fantasi liar saya saja.:D

      Hapus
  18. koplakk kang haris, itu yang namanya ulbul yaa....hahhahag

    BalasHapus
  19. lahir nyicil :D kasian ibunya.. bapaknya juga, mikir biaya persalinan.

    waktu bersama orang terkasih lebih tepatnya. kalau gak ada yang dikasihi, ya pukpuk deh..

    btw, baru pertama mampir nih, ternyata penulis 3 koplak. ijin follow blog bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, silakan difollow. Trims. :D

      Hapus
    2. Astaga! Gue baru ngeh lo penulis buku yah. Aji gile, bukunya udah terbit aje! >_<

      Btw lo ulang tahun yah? Met ulang tahun yah, moga terkabul apa yang dipengenin.

      Hapus
    3. Hahaha. Masih belajar nulis kok. Aamiin. Makasih ya. :D

      Hapus
  20. Lahir dicicil. Itu manusia apa kredit motoooor?!! -___-
    Ahelaaah. Hahahahak.

    Selamat membuka kado dari Tuhan, Kak Haris! Yey! \o/

    BalasHapus
  21. Itu dukunnnya ahli puzzle ya? pinter nyusun potongan2 bayi (?) *duh, merinding

    Nah, itu, kado Sang Pencipta lebih spesial dari siapapun :) Barakallah Mas Haris

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Bayanginnya jangan adegan mutilasi disambungin lagi ya. :D

      Hapus
  22. gaul banget lu bro. ulang tahun tiap bulang :))
    itu ulang tahun apa anniversary abg2 yang gagal gaul? kok dirayain tiap bulan..

    gimana pula ceritanya..... januari keluar ininya dulu, februari keluar itu nya dulu -_____-

    BalasHapus
  23. Hah? Sebesar centong? Ada ya..haha
    Itu ulang tahun apa ulang bulan, ulang tahun kok tiap bulan :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha. Kan anti-mainstream, bro.

      Hapus
  24. Cara masangnya gmna nih? pke baud apa pke lem? masa lahirnya misah" gtu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake jurusnya Kakuzu Akatsuki. :D

      Hapus
  25. wah bener ternyata kado sang pencipta lebih indah dari yang lain.


    Pendek ya postingannya hehe :D

    BalasHapus
  26. Kalo di lahirkan nyicil, berarti apa dulu yg keluar ????
    Jangan2 otaknya pun nyicil hua hua

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otaknya lahir duluan. Jadi pemikirannya lebih dewasa. :D

      Hapus
  27. Sebenarnya ini siapa yang ulang tahun sih? Aku kok gagal paham ya.. Hahah.. Ngebut blogwalking euy! :P

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Peran di Game Werewolf Telegram

7 Peran Baru di Game Werewolf Telegram

Raditya Dika’s Book: Pakai atau Tanpa Hati, Tetap Komedi Hewani

25 Komik Doraemon Petualangan

A: Aku, Rafathar & Negara

Ngenest: Kadang Hidup Perlu Dibawa Santai

11 Macam Mantan dan Cara Menghadapinya