Langsung ke konten utama

Unforgettable Baper Moments: Mengubah Baper Menjadi Kekuatan Super

Kumpulan kisah di Unforgettable Baper Moments persembahan @JustParody featuring orang-orang super ini bener-bener bikin baper. Contohnya kisah cinta Risma Rusli ketika zaman putih abu-abu. Awalnya, Risma menyuguhkan parodi FTV sebagai pembuka cerita. Sekaligus pembanding dengan kisahnya sendiri yang nggak seindah FTV berdurasi dua jam. Pada prakteknya, cinta emang nggak semulus skenario FTV yang hanya beda pemain, tapi punya inti cerita yang sama.



"Musuh jadi cinta, sahabat jadi cinta, pembantu jadi cinta, copet jadi cinta, mas-mas Alfamart jadi cinta, semuanya jadi cinta. Lama-lama populasi cinta bakalan nyaingin populasi negara Cina."
(Halaman 30)


Risma bisa dengki dengan ending FTV yang selalu bahagia bukan tanpa sebab. Kisah cintanya sendiri yang digantung selama empat tahun adalah alasannya. Saya sendiri merasa miris sekaligus terhibur dengan kronologi pembunuhan perasaan yang dipaparkan Risma. Risma bisa bikin kisah patah hati terasa begitu lucu, manis dan asam.

Satu tema, lain cerita, beda naskah, Meykke Santoso diputusin cowok yang sudah dipacarinya selama 58 bulan. Awalnya, Meykke galau, tapi dia mencari cara supaya bisa move on. Sembari berbagi derita, Meykke memberikan tips move on anti-mainstream. Cara demi cara dipraktekkan Meykke supaya hatinya terbebas dari jeratan masa lalu. Sampai akhirnya dia menemukan cara ampuh untuk melupakan seseorang. Cara yang memang wajib dicoba oleh orang yang gagal move on. Seperti kamu. Iya, kamu. Masa saya?

Selain percintaan, buku ini juga menawarkan cerita-cerita menyangkut kejamnya bangku kuliah. Seperti salah seorang kontributor yang harus berhadapan dengan dosen pembimbing yang killer. Dosbim yang hobinya teriak-teriak ketika revisi skripsi. Kalau saya dapat dosbim begitu, setiap bimbingan skripsi, saya bakal pakai ear plug kayak pegawai pabrik.

Yang lebih parah, ada kontributor yang bertutur pernah digoda dosbim genit agar skripsinya lancar jaya menuju jalan yang lulus. Tapi dia bisa memenangkan hati dosbim keganjenan itu dengan cara yang nggak ketebak. Cerdik banget. Patut diacungi jempol, telunjuk dan kelingking. Salam metal!

Kisah heroik anak muda mencari pekerjaan juga menarik untuk disimak. Misalnya cerita Evy Yulianty yang sempat gonta-ganti pekerjaan. Sampai akhirnya, dia mendapat tawaran untuk menjadi SPG dari produk yang bikin dia kabur dari ruang HRD. Kocak banget. Lucunya mengingatkan kita dengan komedi kantoran ala My Stupid Boss. Hadi Kurniawan juga suka dengan cerita ini. Seperti yang telah dibahas di blognya.

Di buku ini, saya menyumbangkan dua cerita pribadi saya. Cerita pertama termasuk dark comedy. Saya mengangkat slice of life paling kelam yang pernah terjadi di hari-hari ceria saya. Kisah nyata paling baper yang membentuk saya menjadi seperti ini. Tapi dari kejadian itu juga, saya jadi waspada dengan masa depan. Terima kasih, masa lalu.

Cerita kedua mengulas petualangan saya dalam mencari pekerjaan pertama. Cari kerja tapi nggak dapet-dapet emang bikin baper. Tapi apabila  baper itu diolah menjadi kekuatan super, job seeker bisa melesat cepat mendobrak pintu HRD. Luar biasa.

Tentunya, masih banyak cerita lainnya yang bikin kita tahu bahwa baper adalah sumber energi untuk menjadi manusia super.

Oh, ya, jangan lupa nonton vlog Teh Unik bareng buku Unforgettable Baper Moments. Teh Unik juga berbagi kisah cintanya di sini. Kalau kamu baca, pasti bakal mengerti apa itu cinta yang sesungguhnya. Cinta dari sudut pandang orang dewasa.

N.B.: Bukunya sudah tersedia di toko buku seluruh Indonesia. Pesan online bisa ke bawah ini:

Bukalapak

Tokopedia

Buka Buku

Komentar

  1. Kasihan Ima. 4 tahun digantung. Kalau kuliah, dari semester satu sampai wisuda tuh cowok. Untung masa putih abu-abu.
    Btw, selamat ya KaRis atas terbit buku terbarunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya Tar. Kalau sempet, jangan lupa baca bukunya. :D

      Hapus
  2. Kalau jadi Kak Risma, aku nggak sanggup. Digantungin selama itu. Huaaaaaaaa :(

    Iya, Bang Har. Cari kerja tapi nggak dapet-dapet memang bikin baper. Sekarang lagi baper-bapernya. Mudahan aku segera punya kekuatan super dari kebaperan itu. Hohohoho.

    Bukunya nggak cuma membahas baper karena cinta ya, Bang. Tapi pekerjaan dan perkuliahan juga. Buku baper yang super. Semoga bisa beli! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya semoga cepet dapet kerja lagi ya, Cha. Biar bisa beli buku Baper. :)

      Hapus
  3. emang bangku kuliah kejam ya? setau saya bangku kuliah itu baik loh, kita bisa duduk di bangkunya, trus engga marah lagi bangkunya pas didudukin
    .
    wah nyari gawe engga dapet-dapet bikin baper, kayaknya mewakili apa yang saya rasa saat ini nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih bangkunya nggak kejem. Tapi ini saya lagi pake majas metafora, woy. Hahahaha.

      Semoga cepet dapet kerja ya, Nik. Biar bisa beli buku Baper. :p

      Hapus
  4. digantung empat tahun ? kenapa ngak wisuda aja ? Sarjana Gantung.
    dosbim genit kalau kejadian di gue bakalan gue tendang tepat diselangkangan biar masa depannya kelar. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa depannya kelar, masa depan skripsi juga kelar. :(

      Hapus
  5. bukunya keren... kok gak di kasih liat link belinya dimana?

    digantung empat tahun itu mengerikan! terus kocak kayaknya liat dosen pembimbing yang genit itu, gimana caranya? pengen tau nih bang. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atas saran kamu, saya kasih link hidup buat beli bukunya. Ayo, dibeli! :D

      Nanti dibeberin caranya di bab 9. :D

      Hapus
  6. Cari kerja gak dapet-dapet. Muahaha. Ini kok gue banget, ya. Ah tapi ya udahlah. Prilens juga enak.

    Hmm... dark komedi ya. Menertawakan ngenesnya diri sendiri. Gue juga pernah nih. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah! Kalau gitu, kamu udah bisa bikin buku, Yog. :D

      Hapus
  7. "Musuh jadi cinta, sahabat jadi cinta, pembantu jadi cinta, copet jadi cinta, mas-mas Alfamart jadi cinta, semuanya jadi cinta. Lama-lama populasi cinta bakalan nyaingin populasi negara Cina."
    (Halaman 30)

    Udah kayak judul FTV ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cerita FTV emang tipikal ya, Wahab. :D

      Hapus
  8. Itu, Risma yang digantung lama banget ._. kuat amat dia ya ._.

    Kereeen nih buku, banyak cerita dari beberapa orang :D recommended ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, recommended banget buat kamu, Feb. :)

      Hapus
  9. Keren kerennnn! GUe bakalan beli nih buku pas ke gramed.
    BTW, yg gratis ada gak biar gue review? #CintaGratis #NamanyaJugaUsaha
    benca bro, tapi kalau emang mau ngasih gak papa kok :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk. Jatah gratis udah abis, Bro. Moga diberi rezeki lebih buat beli bukunya ya. Sekalian review. :D

      Hapus
  10. Wohoooo produktifa amat sih ni anak. Iri gue. :))

    BalasHapus

Posting Komentar