Langsung ke konten utama

5 Tips Bermanfaat dan Harus Dibaca dalam Perdagangan Bitcoin

Tidak semua orang cocok dengan pedagangan Bitcoin. Terutama karena volatilitasnya yang tinggi, dengan fluktuasi tidak hanya karena sentimen pasar, namun juga secara fundamental nilai dari Bitcoin sendiri.
Jika kita bandingkan dengan saham atau mata uang, dimana jelas, ukuran fundamental yang bisa dihitung berdasarkan beberapa variabel yang jelas seperti aset perusahaan sampai kondisi sosial ekonomi politik suatu negara.
Untuk itu, kita akan membahas 5 tips yang harus Anda baca sebelum melakukan perdagangan Bitcoin, agar Anda bisa menghindari resiko dan mempraktekkannya secara nyata dalam trading secara langsung.


Punya Rencana Yang Jelas

Dalam setiap transaksi, Anda harus menetapkan target dimana Anda mengambil keuntungan, dan yang lebih penting, batasan stop loss untuk membatasi kerugian. Beberapa faktor harus dipertimbangkan untuk secara tepat memilih tingkat stop loss.
Kebanyakan trader gagal saat mereka terobsesi dengan posisi yang berjalan atau bahkan Bitcoin sendiri. Dimana banyak harapan agar harga Bitcoin bounce back, namun hal ini tidak terjadi. Psikologi trading menjadi penting. Anda harus bisa mengontrol ego, emosi dan bandingkan dengan pasar saham dimana 2% sampai 3% nya memiliki tingkat volatilitas yang sangat tinggi, dan bahkan trading dalam mata uang digital bisa lebih beresiko.
Tidak jarang, dalam trading mata uang digital, 80% pemegang koin akan melikuidasi aset mereka, bahkan dalam hitungan jam. Dan Anda tidak akan mau menjadi seorang diri pemegang koin yang sudah jauh menurun nilainya tersebut.

Hati-Hati Saat Tren Bullish

Apa yang harus Anda lakukan saat ini terjadi? Sangat mudah. Terus fokus pada yang sedang Anda kerjakan. Benar bahwa sangat mungkin ada banyak investor yang ikut mencicipi keuntungan tersebut apalagi aset tersebut terus naik secara konsisten. Namun Anda harus waspada bahwa ada investor lain yang sudah bersiap untuk profit taking dengan menjual koin ini dimana akan berpengaruh pada penurunan harga pasar secara signifikan.

Manajemen Resiko

Untuk bisa untung dalam trading Bitcoin, Anda targetkan keuntungan kecil dalam durasi trading yang pendek. Kemudian Anda bisa akumulasikan semuanya menjadi keuntungan yang besar.
Kontrol resiko secara bijaksana untuk setiap transaksi Anda. Contohnya, Anda tidak seharusnya investasi lebih dari sekian kecil persentase modal keseluruhan yang tersedia. Terutama dalam pasar beresiko tinggi seperti valuta asing dan Bitcoin. Dalam setiap transaksi, Anda harus menempatkan toleransi resiko yang lebih disiplin, dengan stop loss dan profit taking yang terencana.

Altcoin Bergerak Kebalikan Dari Bitcoin

Aset turunan seperti altcoin, biasanya pergerakannya kebalikan dari Bitcoin sendiri, alih-alih sejalan. Walaupun sebenarnya Bitcoin dan turunannya sangat dipengaruhi kepercayaan masyarakat, dan dampak positif dari kondisi politik dan sosial ini berpengaruh baik bagi kedua aset tersebut.
Bitcoin merupakan aset yang memiliki fluktuasi pasar yang tinggi jika dibandingkan dengan hampir semua mata uang fiat yang dicetak tidak berdasarkan basis aset seperti emas. Dan fakta ini harus dipertimbangkan investor, terutama saat pergerakan Bitcoin bergerak secara tajam.
Dalam beberapa tahun terakhir, sangat umum halnya bagi Bitcoin dan altcoins untuk memiliki pergerakan harga yang bertolak belakang. Akan tetapi sejak 2018, korelasi ini tidak begitu jelas lagi terlihat.
Bagaimanapun, saat Bitcoin fluktuatif, kondisi trading menjadi lebih kabur. Anda akan sulit melihat tren masa depan, jadi alangkah baiknya untuk memiliki target keuntungan dan batasan stop loss dengan jelas.

Tips Penting Perdagangan Altcoins

Kebanyakan altcoins akan kehilangan nilainya seiring waktu berjalan. Ini terbukti dari daftar 20 besar altcoin berdasarkan pangsa pasar terus berubah dalam beberapa tahun terakhir. Anda harus mengambil data ini sebelum bersiap berinvestasi dalam jumlah besar ke dalam altcoins dalam jangka waktu tahunan, dan pilihlah secara bijak.
Kemudian, Anda juga harus tahu bahwa proyek altcoins yang memiliki volume trading harian yang tinggi dengan komunitas yang signifikan, bisa menjadi pilihan Anda.
Jangan lupa untuk memantau grafik koin dan identifikasi masa harga rendah dan stabil. Kedua periode ini bisa menjadi ladang uang Anda, dan jika waktu tepat muncul, diikuti dengan pengumuman proyek secara positif, pasar seringkali akan ikut berinvestasi dan Anda bisa menjual altcoins tersebut saat nilainya melonjak naik ke puncaknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

22 Peran di Game Werewolf Telegram

Ada Apa dengan Mamet?

25 Komik Doraemon Petualangan

7 Peran Baru di Game Werewolf Telegram

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Wenda Koiman: "Tips Agar Novel Diadaptasi Menjadi Film"