Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Selama Ngabuburit, Salah Satunya Menyimak Umma Ramadhan Channel



Apa yang kamu lakukan selama puasa? Tidur? Oke, tidur memang ibadah, tapi jangan tidur dari Subuh sampai Isya. Sebab ibadah bukan hanya tidur.
Momen menunggu waktu berbuka alias ngabuburit bisa diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Asalkan tidak membatalkan puasa, seperti ngemil kuaci.
Dengan semangat berbagi di bulan yang suci, saya ingin membagikan tips ngabuburit asyik.

Baca Buku
Sebagai nerdfighter, saya memilih jalan membaca buku untuk menghabiskan waktu. Begitu beduk Magrib bertalu-talu, setidaknya ide dari buku yang bisa kita petik.
Kelebihan buku adalah tidak perlu pakai baterai dan nggak usah di-charge. Sampai kapan pun ebook tidak bisa menggantikan buku fisik. Apalagi ketika mati listrik dan kehabisan kuota internet.
Kalau semua buku sudah habis dibaca, kita bisa baca buku tabungan. Supaya semangat mencari nafkah.

Masak Takjil
Selama pandemi, orang-orang jadi rajin masak di rumah. Nah, selama puasa, kita bisa masak takjil sendiri. Bahan-bahannya bisa order via ojek online, tetapi tetap jaga jarak ya.
Mentang-mentang social distancing, nggak perlu beternak dan menanam sendiri. Soalnya sampai lebaran belum tentu panen.

Video Call
Dikarenakan tidak dianjurkan bersua secara ragawi, kita bisa siasati dengan teknologi: video call dengan teman demi menjalin silaturahmi.
Usahakan menelepon teman yang sudah punya smartphone. Bukan peger atau mesin fax, nggak bakalan nyambung.
Mau pakai walkie talkie? Boleh saja kalau kamu adalah anak-anak di Stranger Things.

Menyimak Umma Ramadhan Channel
Umma adalah aplikasi muslim terbaik di Indonesia. Platform ini bisa membantu muslim untuk mengaji kitab suci Al-Quran dan kajian Islam lainnya.
Selama bulan suci, Umma menyajikan 1 channel content khusus Ramadhan. Dengan Umma Ramadhan, kamu bisa menyimak postingan dan video yang (dengan seizin Allah) bisa menambah ketakwaan. Salah satunya adalah video tausyiah Ustaz Hanan Attaki yang bisa ditonton menjelang berbuka puasa.
Dengan Umma, kamu bisa absen ibadah seperti salat dan puasa. Selesai salat, kamu absen. Selesai buka puasa, kamu absen. Jadi, kamu bisa merasakan nostalgia punya buku Ramadhan semasa kecil.


Komentar

  1. Mentang-mentang social distancing, nggak perlu beternak dan menanam sendiri. Soalnya sampai lebaran belum tentu panen., oke noted, ngakak baca ini.

    Eh bener sih, rasanya pas masa masa pandemi selain sering keluar juga ngurangin dosa sama orang, hmm

    BalasHapus

Posting Komentar