Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

Tips Mengatur Keuangan untuk Bisnis UKM

Ketika Anda pertama kali memulai Usaha Kecil Menengah (UKM), Anda akan mendengar istilah pembukuan dan akuntansi UKM yang digunakan hampir secara bergantian. Pembukuan adalah praktik mencatat transaksi bisnis Anda dalam buku besar atau program perangkat lunak yang berisi semua transaksi keuangan untuk UKM Anda sejak awal.

Akuntansi adalah praktik menganalisis informasi dalam buku besar dan mengembangkan informasi ke dalam keputusan keuangan bisnis Anda. Akuntansi telah disebut sebagai bahasa bisnis. Akuntansi merupakan proses mengukur, memproses, dan mengomunikasikan informasi keuangan. Akuntansi memberi pemilik bisnis informasi tentang sumber daya perusahaan, keuangan, dan hasil yang dicapai bisnis melalui penggunaannya.

Tips Mengatur Akuntansi Bisnis UKM
Fungsi akuntansi adalah untuk menyiapkan catatan urusan keuangan perusahaan. Akuntansi mencakup penafsiran angka-angka yang disiapkan oleh pemegang buku untuk menentukan kesehatan keuangan bisnis.

Akuntansi juga mencakup penyajian kesehatan keuangan UKM yang melibatkan penyusunan laporan keuangan, dan indikator yang dapat diturunkan darinya. Selanjutnya, fungsi akuntansi adalah persiapan pajak dan bahan keuangan lain yang diperlukan.

Ada dua metode akuntansi yang berbeda. Satu didasarkan pada uang tunai yang Anda miliki, dan uang tunai yang Anda terima. Semetara yang lainnya adalah akuntansi berbasis akrual. Jika Anda memiliki inventaris atau kemungkinan diaudit, Anda harus menggunakan akuntansi berbasis akrual. 

Akuntansi berbasis kas jauh lebih sederhana daripada akuntansi berbasis akrual. Dalam akuntansi berbasis uang tunai, Anda mencatat pendapatan saat Anda menerimanya, dan mencatat pembayaran ketika mereka dibuat. Metode ini biasanya terbatas pada usaha kecil di industri jasa yang tidak memiliki persediaan.
Berikut adalah cara untuk mengatur akuntansi UKM yang tepat:

Tinjau biaya Anda
Pantau semua pengeluaran bisnis kecil Anda. Dengan rutin meninjaunya maka akan memungkinkan Anda menyempurnakan kemana uang Anda pergi.

Buat proyeksi keuangan
 Memiliki proyeksi keuangan yang jelas adalah penting. Rencana bisnis utama Anda akan membantu Anda mengantisipasi dan mengatasi kemungkinan hambatan di masa depan.

Jangan malas membuat faktur
Kirim faktur sesegera mungkin setelah menyediakan barang atau jasa. Tetapkan ketentuan pembayaran tujuh hari untuk memastikan bahwa pembayaran tidak dilupakan atau hilang dalam proses. Anda dapat mempermudah ini dengan membuat template yang diatur untuk tindak lanjut email atau SMS.

Simpan rekening bank bisnis terpisah
Memadukan uang bisnis dengan keuangan pribadi Anda akan berdampak pada kerugian yang tidak dapat dijelaskan oleh UKM Anda. Memisahkan uang bisnis Anda akan membuat pengukuran profitabilitas lebih mudah dan membantu Anda melacak pengeluaran Anda dengan benar.

Pantau pinjaman pribadi untuk bisnis Anda
 Menyimpan catatan akurat tentang apa yang Anda pinjamkan ke bisnis Anda sangat disarankan. Ketika bisnis Anda mulai menghasilkan uang, Anda dapat dengan mudah membayar kembali pinjaman direktur terlebih dahulu sebelum membayar pajak atas laba yang tersisa.

Gunakan kartu kredit bisnis
Kartu kredit bisnis membantu menjaga pembelian pribadi Anda sepenuhnya terpisah dari pembelian bisnis. Plus, beberapa kartu bisnis dapat menawarkan hadiah untuk pengeluaran terkait bisnis.

Kelola akuntansi Anda dengan benar. Anda dapat menginstall aplikasi akuntansi bernama  BukuKas. Aplikasi ini sangat penting bagi Anda untuk melacak dengan akurat pendapatan dan biaya Anda.


Komentar

  1. Bitcoin memang menjanjikan, selain sebagai mata uang juga sebagai tabungan investasi

    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget nih buat UKM emang. karena biasanya pengelolaan keuangan jadi masalah ketika bisnis terus berkembang. thanks.

    BalasHapus

Posting Komentar