Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka.

Yang Perlu Anda Ketahui Saat Membeli Kasur Busa

Baca ini dulu sebelum Anda membeli kasur busa. Jangan sampai salah pilih kasur busa, pastikan Anda membeli kasur busa yang tepat untuk Anda.


Jika Anda sedang mencari kasur busa untuk rumah baru, atau akan mengganti kasur busa lama Anda, simak dulu tips dari kami agar kasur busa yang Anda beli memang tepat untuk Anda.

Kasur busa yang baik tentunya dapat memberikan tidur yang terbaik bagi Anda, dan dapat menyangga leher, bahu, dan pinggul Anda dengan baik. Jika Anda sering terbangun dengan sakit leher atau bahu, bisa jadi masalahnya adalah pada kasur busa yang Anda pakai. Mari simak tips berikut sebelum Anda membeli kasur busa.

 

  1. Pilih kepadatan yang tepat

Kasur busa memiliki tingkat kepadatan yang bermacam-macam. Salah memilih kepadatan kasur dapat membuat tidur Anda tidak nyaman, atau bahkan sakit leher, bahu, atau pinggang. Bila Anda membeli kasur busa di toko langsung, cek dulu kepadatan kasurnya. Jika Anda membeli secara online, pastikan angka ketebalan kasur sesuai dengan yang Anda harapkan. Umumnya, kasur busa yang tahan lama memiliki angka ketebalan 23.

Kebiasaan posisi tidur juga mempengaruhi ketebalan kasur yang tepat untuk Anda. Untuk yang terbiasa tidur telentang, kasur busa dengan kepadatan medium tepat untuk Anda. Bagi Anda yang terbiasa tidur telungkup, Anda memerlukan kasur busa dengan kepadatan lebih tinggi. Dan bagi Anda yang terbiasa tidur dengan posisi miring, kasur dengan kepadatan rendah atau lebih empuk adalah pilihan yang tepat.

  1. Tentukan ketebalan kasur yang Anda inginkan

Ketebalan kasur busa bervariasi mulai dari 15 hingga 40 cm. Tentunya ketebalan kasur akan mempengaruhi daya tahannya. Dengan kepadatan yang sama, kasur yang lebih tebal akan lebih tahan lama daripada kasur yang lebih tipis. Namun, jangan buru-buru memilih kasur yang paling tebal, karena daya tahan kasur busa juga akan dipengaruhi berat tubuh pemakai kasur. Jika Anda ingin membeli kasur untuk anak-anak dengan berat di bawah 50 kg, kasur dengan ketebalan biasa (15 - 20 cm) mungkin sudah cukup. Namun jika Anda ingin membeli kasur untuk dipakai Anda dan pasangan, pertimbangkan untuk memilih kasur yang lebih tebal.

Umumnya, ketebalan kasur yang nyaman dan tahan lama adalah antara 20 hingga 30 cm. Jika Anda menginginkan kasur yang lebih tipis namun tahan lama, pilihlah kasur dengan tingkat kepadatan yang lebih tinggi.

  1. Pilih ukuran kasur dengan cermat

Sebelum memilih ukuran kasur, cermati dahulu kondisi kamar dan kebutuhan Anda. Kasur busa umumnya memiliki panjang 200 cm dan ukuran lebar yang bervariasi. Jika Anda ingin membeli kasur untuk 1 orang, pilihlah kasur dengan lebar 100 atau 120 cm. Kasur busa untuk dipakai 2 orang memiliki lebar antara 160 hingga 200 cm. Perhatikan ukuran kamar atau ruang untuk menaruh kasur. Pastikan kasur busa yang akan Anda memiliki ukuran yang pas dan masih terdapat ruang yang cukup di kamar Anda untuk bergerak dengan leluasa.

  1. Sesuaikan dengan budget

Hal yang penting yang perlu dipertimbangkan saat membeli kasur busa adalah budget Anda. Berapa budget yang Anda siapkan untuk membeli kasur busa? Tentu kita ingin membeli kasur busa yang berkualitas dan awet, yang dapat memberikan tidur yang berkualitas pula. Namun, sesuaikan kualitas yang ingin Anda dapatkan dengan budget yang dapat disiapkan.

Harga kasur busa tergantung pada tingkat kepadatan, ketebalan, ukuran kasur, dan bahannya. Semakin tinggi tingkat kepadatan, ketebalan, dan semakin luas ukuran kasur, harganya juga akan semakin mahal. Kasur busa dengan bahan yang lebih nyaman dan awet pun memiliki harga yang lebih tinggi.

Kasur busa hadir dengan pilihan harga yang cukup variatif, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Anda tinggal menentukan mana yang terjangkau bagi Anda, dan memiliki kualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pilih yang mudah dibersihkan

Kasur busa adalah barang yang akan Anda pakai dalam jangka waktu yang lama, hingga 5 bahkan 10 tahun. Pastinya dengan pemakaian setiap hari kasur busa Anda akan terpapar keringat, debu, tumpahan makanan atau minuman, atau kotoran lainnya. Jadi penting untuk mengetahui apakah kasur busa yang Anda beli akan mudah dibersihkan. Pilihlah kasur busa yang dilengkapi dengan sarung yang dapat dilepas dan diganti, sehingga Anda dapat mencuci sarungnya secara teratur. Pertimbangkan untuk memiliki sarung cadangan untuk dipakai saat Anda mencuci sarung kasur busa.

Komentar