Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

Barang yang Disiapkan untuk Kondisi Kepepet

Setelah anime Tokyo Revengers season pertama menayangkan episode terakhir di Youtube, penonton seperti kekurangan asupan cerita tawuran. Sampai-sampai yang belakangan viral di TikTok adalah cuplikan podcast dari Youtube tentang cerita tawuran anak STM.



Konflik yang terjadi di film adaptasi komik Tokyo Revengers tercetus karena seorang anggota geng yang ingin membalaskan dendam untuk temannya jadi korban pengeroyokan. Dendam pribadi itu difasilitasi oleh kelompoknya sampai pecah perseteruan antara dua kubu.

Tawuran di film Tokyo Revengers tidak sampai memakan korban jiwa. Sebab sang jagoan, yaitu Takemichi, bisa kembali ke masa lalu dan mencegah temannya terbunuh. Dengan Takemichi berhasil menyelamatkan tokoh kunci yang seharusnya tewas karena aksi tawuran, masa depan pun bisa lebih baik.

Dari semua momen hidup Takemichi, mengapa masa muda yang dipilih untuk diperbaiki? Sebab masa remaja itulah yang menentukan seperti apa seseorang ketika dewasa kelak. Pilihan penting dalam jalan hidup manusia menuju masa depannya.

Misalnya, karakter Mikey yang tak terkalahkan. Sewaktu remaja, Mikey adalah pemimpin geng yang punya prinsip untuk tidak pernah menyakiti perempuan. Ditampar cewek pun ia tak melawan. Berbeda dengan Anhar di film Dilan yang tega-teganya menampar Milea. Sampai Dilan harus ribut dengan Anhar yang merupakan teman baiknya.

Namun, beranjak dewasa, Mikey menjadi pemimpin kelompok kriminal yang menjalankan bisnis berbahaya, salah satunya prostitusi. Bahkan sepak-terjang geng Tokyo Manji yang dipimpinnya menyebabkan kematian seorang perempuan.

Perubahan karakter Mikey itu terjadi karena sewaktu remaja ia kehilangan sosok sahabat, yakni Draken. Bagi Mikey, Draken adalah hati. Draken senantiasa mengingatkan Mikey, walaupun menjadi anak nakal tapi masih batas wajar. Tanpa Draken, Mikey berubah menjadi pemimpin geng tanpa hati.

Untuk mencegah Mikey bertumbuh menjadi penjahat masa depan, Takemichi berusaha memperbaiki masa lalu. Dengan memastikan Draken selalu di sisi Mikey, efek domino itu tak terjadi.

Namun, itu kan film, kalau di dunia nyata, jalan hidup seseorang tidak bisa di-reset. Yang gugur dalam tawuran akan tetap gugur.

Mantan pelaku tawuran pun mengaku bahwa ia bercerita bukan karena berniat membanggakan kejayaan masa lalu, apalagi kesaksiannya tersebut untuk dijadikan barang bukti ke polisi. Tujuannya adalah memberikan pelajaran kepada generasi muda untuk tidak mengulangi kesalahannya di masa lalu.

Baik Tokyo Revengers maupun mantan pelaku tawuran yang sama-sama menyuguhkan cerita perkelahian pelajar, justru mengimbau semua orang, khususnya para pelajar, untuk tidak pernah terlibat dalam aksi kekerasan. Sebab kekerasan bisa seperti api yang membakar segalanya. Kalah jadi abu, menang jadi arang.

Selain itu, tangan yang kotor karena dipakai untuk menyakiti orang lain, tidak bisa dibersihkan pakai hand sanitizer spray. Walaupun tampak bersih, secara historis tetap bernoda. Jadilah harus diperlakukan secara khsusus, yaitu dibersihkan dengan cara bertaubat. Tak lupa meminta maaf kepada korban.

Sebab hand sanitizer spray punya manfaat lain, tak termasuk membersihkan dosa-dosa masa lalu. Salah satu manfaat hand sanitizer spray adalah mencegah berbagai penyakit menular. Tidak hanya Covid-19 lho. Penyakit seperti diare, flu, infeksi saluran pernapasan, bisa dicegah dengan rajin membersihkan tangan pakai hand sanitizer spray.

Dalam kondisi tidak ketemu air bersih dan sabun cuci tangan, hand sanitizer dapat diandalkan. Bahkan anggota geng motor seperti Tokyo Revengers pun perlu sedia hand sanitizer di kantung jaket. Supaya kalau kepepet harus membetulkan rantai kendor atau mengecek ban motor, bisa langsung membersihkan tangan yang kotor pakai hand sanitizer.

Komentar