Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

Cara Menghemat Daya Listrik untuk AC di Rumah

Pemakaian AC (air conditioner) di rumah adalah sumber pemborosan daya listrik. Menyalakan AC terus-menerus bisa bikin kita bolak-balik masukin token listrik, atau bikin tagihannya membengkak di akhir bulan.

Di sini saya mau membagikan cara menghemat daya listrik untuk AC di rumah. Supaya kamar tetap adem, tapi hati juga adem karena nggak harus sampai kebakaran dompet.


Sumber: Pixabay


Service AC

Di rumah, AC jarang di-service. Terakhir service adalah setahun lalu. Akibatnya, performa AC jadi menurun. Suhu paling rendah saja masih kerasa gerah.

Begitu di-service, eh, buset, kamar rasanya jadi dingin banget. Suhu 27 derajat celcius saja sudah bikin menggigil. Bahkan kadang saya atur suhunya jadi 31 derajat celcius dan saya masih fine-fine saja.

Memang sih, kita harus mengeluarkan biaya untuk jasa perawatan AC, tapi efek snowball dari transaksi itu bakalan jadi terasa baik. Selain bikin hemat listrik AC, juga melariskan usaha teknisi AC.

Jadi, jangan lupa service AC tiga bulan sekali! Atau empat bulan sekali. Ya, satu semester sekali juga nggak apa-apa. Setahun sekali? Boleh lah.

 

Atur Suhu

Simpel saja. Semakin rendah suhu AC, maka semakin banyak daya listrik yang diperlukan. Jadi, usahakan suhu AC tidak melewati 20 derajat celcius.

Tenang, kalau sudah pakai cara pertama, suhu standar saja, kinerja AC bakalan baik dan ruangan tetap adem.


Pakai Fitur Timer di Remote AC

Nah, ini penting. Biar nggak lupa matiin AC, kita atur saja pakai timer. Apalagi kalau ditinggal tidur, fitur timer ini membantu biar AC otomatis mati. Kalau AC mati, biasanya suhu ruangan jadi berubah, nah, kadang kita jadi kebangun deh.

Kebangun karena alarm hape (x)

Kebangun karena timer AC (v)

 

Hybird dengan Kipas Angin atau Air Cooler

Salah satu cara hemat AC ya tidak pakai AC itu sendiri. Namun, fungsinya masih bisa diganti pakai kipas angin atau air cooler yang lebih hemat energi. Kekurangannya kipas angin bikin masuk angin. Kalau air cooler kadang pakai kuah.

 

Beli Token PLN Pakai Voucher Diskon

Biar makin hemat, kita kolaborasikan empat cara di atas dengan cara beli token listrik secara efisien. Sudah hemat pemakaian listriknya, kita pangkas juga biaya pembelian token dan pembayaran tagihan pakai voucher diskon.

Biasanya saya beli token/bayar tagihan PLN nunggu akun Twitter Racun Belanja lewat di timeline dengan membagikan kode promo di Tokopedia. Selain Tokopedia, saya juga memanfaatkan promo-promo menarik yang ditawarkan oleh Neobank.

Oh ya, kalau belum punya rekening Neobank, kamu bisa unduh aplikasinya di Play Store. Kamu juga bisa dapatkan hadiah tunai 21,9 ribu rupiah dengan pakai kode refferal saya XPDWR2.

Komentar