Langsung ke konten utama

Anak yang Dihasilkan Saya Bersama Tangan Saya

Kalau buku saya diibaratkan anak, beginilah wujud mereka. Si sulung yang polos dan apa-adanya. Lucu sekaligus bikin kasihan, tapi pantang menyerah.

Inikah Rasanya Nyawer Gift untuk Idola di Live TikTok?

Reza Arap pernah mendapat saweran 1 miliar dari Sultan Soreang, Doni Salmanan. Reza mendapatkannya saat dirinya live streaming main game di YouTube. Tentu saja, kita tahu akhir ceritanya, Doni Salmanan ditetapkan sebagai tersangka investasi ilegal berlabel binary option. Akhirnya, Reza harus mengembalikan donasi 1 miliar itu ke Bareskrim.

Jika tak ada kasus Doni Salmanan, Reza Arap telah menunjukkan kepada dunia cara dapat uang dengan mudah. Modal internet dan bermain game saja, Reza bisa kantongi miliaran rupiah. Siapa yang tidak mau?

Di dunia internet, tak terhitung banyaknya influencer yang memanfaatkan fitur live streaming untuk meraup pundi-pundi rupiah. Sebut saja Caesar yang sempat trending sebagai DJ Penyok yang live di TikTok. Sayangnya, Caesar diterpa isu tidak sedap dengan santernya berita mengenai dirinya mampu live 24 jam nonstop karena bantuan barang haram.

Untungnya, Caesar bisa menepis tuduhan tersebut. Kini, Caesar bisa kembali berkarya di fitur live TikTok. Dengan goyangannya yang sudah legend sejak zaman YKS, Caesar girang bukan main dihujani gift (hadiah) dari pengikutnya. Dari mulai 'mawar' sampai 'singa', sudah Caesar kantongi. Caesar menyebutnya sebagai sumbangsih dari orang-orang baik.

Setiap gift yang didapatkan oleh Caesar dapat ditukarkan dengan rupiah. Inilah ‘mata uang’ baru di jagat live streaming. Gara-gara fitur live streaming yang menampilkan opsi gift inilah muncul sosok-sosok ajaib di TikTok.

Saya sempat menemukan TikToker yang rela mandi malam-malam demi menghibur pengikutnya lewat fitur live TikTok. Setiap ada penonton yang memberikannya gift berbentuk mawar, TikToker ini bakalan mengguyur badannya dengan segayung air. Nah, kalau penonton kasih gift yang lebih mahal lagi, bukan segayung air yang diguyur, tapi sebesar bak mandi. 

Masih satu tema dengan TikToker di atas, ada TikToker yang nekat mandi di lumpur untuk kebutuhan live. Perbuatan tak lazim itu nyatanya mengundang banyak penonton. Semakin banyak penonton, semakin besar peluang bagi sang TikToker mendapatkan gift.

Selain itu, ada juga TikToker yang rela tidur di kamar mandi. Apakah kamar tidurnya sedang direnovasi? Ya seharusnya tidak tidur di kamar mandi juga dong. Nah, semua hal di luar batas wajar itu rela dilakukan oleh para TikTokers demi disawer gift oleh penonton.

Tak jarang penonton live TikTok menganggap aksi luar biasa para TikTokers sebagai mengamen dengan bantuan kemajuan teknologi. Bahkan ada yang menyebutnya dengan perbuatan mengemis online. Mengingat perbuatan yang dilakukan para TikTokers tersebut menjurus ke aktivitas yang mengundang belas kasihan penonton.

Namun, fitur live TikTok tak sebatas dengan aksi mengemis gift. Ada juga seleb TikTok seperti Melati (mantan member idol group JKT48) yang melakukan live setiap dirinya sedang berjualan nasi bakar. Melati berhasil membuat usaha kulinernya tersebut semakin terkenal berkat bantuan live TikTok. Bahkan kreativitas Melati dalam mempromosikan jualannya via live TikTok itu mendapatkan respons positif dari Menteri PAREKRAF Sandiaga Uno.

Nah, sosok seperti Melati inilah yang perlu ditiru. Live tidak perlu sampai melakukan aksi berbahaya. Cukup menunjukkan kerja keras dan kesederhanaan. Selain dapat profit dari usahanya, Melati juga tentunya dapat banyak gift dari para penggemarnya. Ditambah namanya kembali melambung sampai diajak main sinetron. Sekali live TikTok, dua tiga untung dikantongi.

Melihat Melati yang gigih berwirausaha, saya sampai top up koin TikTok untuk memberikannya gift. Sambil nyawer gift, tak lupa saya memberikan komentar. Jujur, menyenangkan sekali ketika komentar penggemar ditanggapi oleh idola. Inikah rasanya nyawer gift untuk idola di fitur live TikTok?

Komentar